Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Website Wordwall dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik

Authors

  • Annisa Salsabina Rahmadhani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung, Indonesia
  • Irmanda Frahani Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung, Indonesia
  • Farida Julia Saputri Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung, Indonesia
  • Supriyadi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung, Indonesia
  • Jody Setya Hermawan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/nusra.v5i4.3533

Keywords:

Learning Media, Wordwall, Learning Interest

Abstract

This is a literature review study that examines the utilization of we-based learning media in increasing students’ interest in learning. Technological developments make educators have to be active and innovations that have emerged is web-based learning media such as wordwall. This learning media offers an interactive and interesting way to convey learning material so that it can increase students’ interest in learing. That date obtained not by direct experience, but only from the results of previous research. The secondary date in question are scientific journals that have been published. There are 10 articles related to the research variables.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Herta, N., Nupus, B. C., Sanggarwati, R., & Setiawan, T. Y. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Game Wordwall dalam Pembelajaran untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Paedagoria 3(2), 527-532

Hidayat, Puput Wahyu dan Djamilah Bondan Widjajanti. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Minat Belajar Siswa dalam Mengerjakan Soal Open Ended dengan Pendekatan CTL. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. 13(1). 63-75.

Jannah, M., & Masnawati, E. (2024). Penerapan Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial (Jupendis), 2(4), 173-183.

Julita, P. . P. (2022). Pemanfataan teknologi sebagai media pembelajarann dalam pendidikan era digital. Jurnal of Education Learning and Innovation, 2(2), 227–239.

Kamswara, C. V., Chasanatun, F., & Sumeni, M. (2024). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Wordwall pada Pelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas II SDN 02 Tawangrejo Madiun Tahun Ajaran 2023/2024. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(3), 1495-1502.

Karesina, D. M., Pulung, R., & Alfons, A. (2022). Pemanfataan Media Pembelajaran Berbasis IT dalam meningkatkan Kemandirian Belajar siswa di era digital. DIDAXEI, 3(2), 377-393.

Khoiriyah, R., & Muhid, A. (2022) Inovasi Teknologi Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Wordwall Website pada Mata Pelajaran PAI di Masa Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh: Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 9 (3), 192-205.

Komariyah, Siti dkk. (2018). Analisis Pemahaman Konsep dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Sosiohumaniora. 4(1).34-42

Maghfirah, S., & Sulaiman, S. (2022). Pengaruh Platform Wordwall Berbasis Website dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI. AS-SABIQUN, 4(5), 1481-1498.

Maghfiroh, K. (2018). Penggunaan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV MI Roudlotul Huda. Jurnal Profesi Keguruan, 4(1), 65.

Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2854-2860.

Pradani, T. G. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(11), 806-811.

Pratama, Y. A. (2019). Relevansi Teori Belajar Behaviorisme Terhadap Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam AlThariqah, 4(1), 38–49.

Rizki, D., Rahmawati, N., Widodo, S. T., Wahyuni, N. I., & Rifqi, A. (2023). PEMANFAATAN WORDWALL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV SD NEGERI GISIKDRONO 02. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 1812-1825.

Setyorini, D., Suneki, S., Prayitno, M., & Prasetiawati, C. (2023). Meningkatkan Minat Belajar Dengan Menggunakan Media Wordwall Kelas 4 di Sekolah Dasar. Jurnal Sinektik, 6(1), 25-31.

Sintawati, M., & Indriani, F. (2019). Pentingnya Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) Guru Di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (Ppdn), 417–422.

Sukada dkk. (2013). Kontribusi Minat Belajar, Motivasi Berprestasi dan Kecerdasan Logis Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Kintamani. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 4(2), 213-220.

Witniasi. (2017). Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi. Jurnal Pendidikan, 01(03), 1–4.

Zahro, N. A. Q. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(2), 6596-6604.

Zulfah, N. (2023). Pemanfaatan Media Game Edukasi Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(1), 11-11.

Downloads

Published

2024-11-20

How to Cite

Rahmadhani, A. S., Frahani, I., Saputri, F. J., Supriyadi, S., & Hermawan, J. S. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Website Wordwall dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. NUSRA : Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(4), 1867–1874. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i4.3533