Pengaruh Kreativitas Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di SD Katolik ST. Nicolaus Talawaan

Authors

  • Cicilia Anastasia Salindeho Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik De La Salle Manado, Indonesia
  • Fabyana Imelda Tamboto Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik De La Salle Manado, Indonesia
  • Jelvi Monica Mangundap Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik De La Salle Manado, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/nusra.v5i2.2723

Keywords:

Teacher Creativity, Learning Motivation, Learning Outcomes

Abstract

The low quality of education is one of the problems that continues to be sought for solutions. This is caused by a lack of student motivation to learn and results in low learning outcomes. The learning outcomes of these students are an indicator of the high and low quality of education in a region. Improving the quality of education in elementary schools must pay attention to character education, ethics, morals and manners. Many factors influence educational success and one of the most determining factors is the teacher. Teachers must be creative in creating a learning environment that supports the success of the learning process at school. Teachers must be able to motivate students to actively learn and be able to create innovations so that the learning process becomes more enjoyable by applying various different media, models and methods. This research aims to determine the influence of teacher creativity and learning motivation at SD St. Nikolaus Talawaan, North Minahasa Regency.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arianti, A. (2019). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134.

Difany, S. (2021). Aku Bangga Menjadi Guru; Peran Guru dalam Penguatan Nilai Karakter Peserta Didik (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Agama Islam). Uad Press.

Hamalik, O. (2006). Proses belajar mengajar.

Irsyadiyah, A. (2021). Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Vii Pada Mata Pelajaran Pai & Bp Di Smp Plus Daarul Jannah Kabupaten Tangerang. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 17(2).

Lidia Susanti, S. P. (2020). Strategi pembelajaran berbasis motivasi. Elex Media Komputindo.

Nasional, I. D. P. (2003). Undang-undang republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(01), 9-16.

No, U. U. (14). tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Novalinda, E., Kantun, S., & Widodo, J. (2018). Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran akuntansi siswa kelas x jurusan akuntansi semester ganjil smk pgri 5 jember tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 115-119.

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi pengaruh daring learning terhadap hasil belajar matematika kelas iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265-276.

Pratama, F., Firman, F., & Neviyarni, N. (2019). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar ipa di sekolah dasar. Edukatif: jurnal ilmu pendidikan, 1(3), 280-286.

Pardosi, A. E., Sihombing, L. N., & Sitio, H. (2022). Pengaruh Kreativitas Guru terhadap Prestasi Siswa Tema 1 Subtema 2 di Kelas V SD N 091522 Marubun. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 2249-2259.

Sardiman, A. M. (2019). Interaksi dan motivasi belajar mengajar.

Suci, A. E. (2021). Pengaruh kreativitas guru dalam pembelajaran terhadap motivasi dan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI SMP Negeri 2 Metro (Doctoral dissertation, IAIN Metro).

Umar, M., & Gintulangi, S. O. (2018). Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 1 Moutong Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 5(2), 68-77.

Yani, J. A. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Ferrari, JR, Jhonson, JL, & McCown, WG (1995). Procrastination And Task Avoidance: Theory, Research & Treatment. New York: Plenum Press. Yudistira P, Chandra. Diktat Kuliah Psikometri. Fakultas Psikologi Universitas.

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Salindeho, C. A., Tamboto, F. I., & Mangundap, J. M. (2024). Pengaruh Kreativitas Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di SD Katolik ST. Nicolaus Talawaan. NUSRA : Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(2), 786–792. https://doi.org/10.55681/nusra.v5i2.2723