PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2017/2018 SMP NEGERI 16 BATAM

Authors

  • Yessy Wasti SMP NEGERI 16 BATAM

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i5.902

Keywords:

Model Pembelajaran Inquiry, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian tindakan kelas yang dilakukan SMP Negeri 16 Batampada siswa kelas VII.4 semester genap tahun pelajaran 2017/2018  bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS  menggunakan model pembelajaran Inquiry. Data hasil penelitian ini dikumpulkan dengan pemberian tes prestasi belajar. Dalam menganalisis data yang diperoleh digunakan metode analisis deskriptif. Data yang dihasilkan dari penelitian ini terdiri dari data siklus I dan data Siklus II. Dari data awal diperoleh rata-rata kelas baru mencapai nilai 68,18 dan ketuntasan belajarnya baru mencapai 29,55%. Data ini jauh di bawah harapan mengingat KKM mata pelajaran IPSdi sekolah ini adalah 76. Pada siklus I sudah terjadi peningkatan yaitu rata-rata kelasnya mencapai 72,91 dan prosentase ketuntasan belajar mencapai 52,27%. Pada siklus II perolehan rata-rata kelas sudah mencapai 83,11 dan persentase ketuntasan belajarnya sudah mencapai 88,64%. Data pada Siklus II ini sudah sesuai harapan akibat penggunaan model pembelajaran yang sifatnya konstruktivis. Simpulan yang diperoleh adalah penggunaan model pembelajaran Inquirydalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. PenelitianTindakan Kelas. Jakarta: PT BumiAksara.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007. Jakarta: BSNP.

Dahar, Ratna Wilis. 1989. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Djiwandono, Sri EstiWuryani. 1989. Psikologi Pendidikan (Rev-2). Penerbit: Grasindo. Jakarta.

Hakim, Thursan. 2005. BelajarsecaraEfektif. Jakarta: Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara.

http://saipuleffendiipunk.blogspot

Kemdiknas. 2010. Membimbing Guru dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

Maksum, Ahmad, 2006. Pengaruh Metode Pembelajaran Inquiri terhadap Hasil Belajar Sejarah dan Sikap Nasionalisme Siswa Kelas XI SMA Negeri1 Sukamulia, Lombok Timur, NTB. Tesis. Singaraja. Universitas Pendidikan Ganesha. Program Pascasarjana.

Muzakki. 2012. Thesis. Hubungan Antara Penggunaan Media Pembelajaran Dan KreativitasMengajar Guru DenganPrestasiBelajarMenggunakanPeralatan Kantor Siswa Kelas X SMK N 1 JogonalanTahunAjaran 2011/2012. Universitas Negeri Yogyakarta. eprints.uny.ac.id/8915/

Pasaribu dan B. Simandjuntak. 1983. MetodeBelajar dan KesulitanBelajar. Bandung: Tarsito.

Putrayasa, Ida Bagus. 2005. Pembelajaran Bahasa Indonesia BerbasisInquiridalamUpayaMeningkatkanAktivitas, Kreativitas, dan Logikalitas. (Tesis). Singaraja. InstitutKeguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja.

Sanjaya, Wina. Dr. 2008. StrategiPembelajaranBerorientasiStandar Proses Pendidikan. Jakarta: KencanaPrenada Media Group.

Sukidin, Basrowi, Suranto. 2002. Menajemen Penelitian Tindakan Kelas. Insan Cendekia ISBN: 979 9048 33 4.

Tim Prima Pena. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gramedia Press.

Tirtonegoro, Sutratinah. 1983. Penelitianhasilbelajarmengajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Uno, B. Hamzah, et. al. 2011. PengembanganInstrumenUntukPenelitian. Jakarta: Delima Press.

Winkel, W.S. 1987. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.

Wojowasito. 1982. Kamus Umum Lengkap Inggris Indonesia – Indonesia Inggris. Malang: Delta Citra Grafindo.

Yamin dan Maisah. 2010. Standart Kinerja Guru. Jakarta:Gaung Persada.

Lampiran 01. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk Pembelajaran Prasiklus

Downloads

Published

2023-05-22

How to Cite

Wasti, Y. (2023). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VII TAHUN PELAJARAN 2017/2018 SMP NEGERI 16 BATAM. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(5), 1762–1774. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i5.902