IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KESEHATAN PADA KELUARGA DENGAN KETIDAKMAMPUAN MENGENAL MASALAH DIARE DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MEDAN DELI

Authors

  • rinda keliat rinda Akademi Keperawatan Kesdam I/ Bukit Barisan Medan
  • Ade Irma khairani Akademi Keperawatan Kesdam I/ BB Medan
  • Nina Olivia Akademi Keperawatan Kesdam I/ BB Medan

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i7.3153

Keywords:

Implementasi Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan Keluarga, Diare

Abstract

Diare merupakan kondisi yang sering dialami oleh balita yang berakibat pada dehidrasi. Pendidikan kesehatan tentang diare merupakan upaya dalam meningkatkan pengetahuan bagi keluarga untuk mengenal serta mengimplementasikan asuhan pada kondisi diare. Metode penelitian ini adalah deskriptif  dengan pendekatan studi kasus asuhan keperawatan keluarga di mulai dari pengkajian, diagnosa, intervensi, implementasi, dan evaluasi. Menggunakan 2 respoden keluarga yang memiliki balita dengan masalah diare dan  ketidakmampuan mengenal masalah diare pada anak. kriteria inklusi pada responden adalah anak usia 1 sampai 5 tahun. Penelitian di lakukan di wilayah kerja Puskesmas Medan Deli, selama 1 minggu dengan 3 kali pertemuan,  menggunakan instrumen penelitian berupa format pengkajian keluarga, kuesioner tingkat pengetahuan menurut Fitri (2017), intervensi pendidikan kesehatan menurut SIKI (2018). Hasil sebelum dilakukan Implementasi didapatkan hasil tingkat pengetahuan keluarga keduanya dalam rentang yaitu 54% (kurang) dan 60% (cukup)  dan setelah permberian pendididkan kesehatan didapatkan hasil tingkat pengetahuan keluarga  80% (baik) dan 90% (baik). Analisis Implementasi pendidikan kesehatan pada keluarga dengan ketidakmampuan mengenal masalah diare pada balita efektif di berikan selama tiga kali pertemuan dalam satu minggu dapat meningkatkan pengetahuan keluarga. Kesimpulan pendidikan kesehatan cukup efektif dalam meningkatkan pengetahuan keluarga mengenai ketidakmampuan mengenal masalah diare.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Asda, P. (2020). Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (Ctps) Dan Kejadian Penyakit Infeksi Dalam Keluarga Di Wilayah Desa Donoharjo Kabupaten Sleman. Jurnal Media Keperawatan: Politeknik Kesehatan Makassar.

Notoatmojo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Notoatmojo. (2016). Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan. jakarta: PT Rineka Cipta.

Patria, A. (2020). Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (Ctps) Dan Kejadian Penyakit Infeksi Dalam Keluarga Di Wilayah Desa Donoharjo Kabupaten Sleman. Media Keperawatan: Politeknik Kesehatan Makassar.

PPNI, Tim Pokja SDKI DPD. (2018). Standar Diagnois keperawatan indonesia. DPD PPNI. Jakarta Selatan.

PPNI, Tim Pokja SIKI DPD. (2018).Standar Intervensi Keperawatan Indonesia. DPD PPNI. Jakarta Selatan

PPNI, Tim Pokja SLKI DPD. (2018). Standar Luaran Keperawatan Indonesia. DPD PPNI. Jakarta Selatan

Ramadhina, F. (2023). Penerapan Pendidikan Kesehatan Penatalaksanaan Diare Pada Anak Prasekolah (3-6 Tahun) Di Wilayah Kerja Uptd Puskesmas Rawat Inap Banjarsari Metro Utara. Jurnal Cendikia Muda, 3.

UNICEF (2022) Diarrhoea, Unicef Data. Available at: https://data.unicef.org/topic/child-he alth/diarrhoeal-disease/

World Health Organization, (2019). WHO, 2019. https://outrightinternational.org/content/world-health-organizations-says bein

Downloads

Published

2024-07-18

How to Cite

rinda, rinda keliat, khairani, A. I., & Olivia, N. (2024). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KESEHATAN PADA KELUARGA DENGAN KETIDAKMAMPUAN MENGENAL MASALAH DIARE DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MEDAN DELI. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(7), 3616–3624. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i7.3153