PENGARUH PENGGUNAAN TEKHNOLOGI PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK JAYA NEGARA MAKASSAR.

Authors

  • Nur Ayu Puspitasari Universitas Patompo
  • Muh. Yahya Universitas patompo Makassar
  • Husain. As Universitas patompo Makassar

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i10.3446

Keywords:

remaja, Skala Kecemasan, Terapi Kognitif Perilaku

Abstract

Masa remaja merupakan masa transisi yaitu masa dimana terjadi banyak perubahan baik secara aspek fisik, emosional, dan kognitif. Perubahan yang dialami dapat menimbulkan kecemasan di dalam diri remaja. Kecemasan yang tidak tertangani dapat menjadi salah satu penyebab munculnya gangguan psikologi lainnya. Tujuan review ini yaitu untuk mengetahui efektivitas Cognitive Behavioral Therapy dalam menurunkan kecemasan pada remaja. Metode yang digunakan yaitu narrative review dengan pencarian data menggunakan Ebsco CINAHL, Pubmed, Sciencedirect, Academic Search Complete, Sage Journals, dan Google Scholar pada kurun waktu publikasi dari tahun 2011 sampai 2021 dan mendapatkan 10 artikel yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil dari dari narrative review ini meliputi 5 artikel menggunakan metode penelitian eksperimen, tiga artikel menggunakan randomized controlled trial, dan dua artikel menggunakan case study. Didapatkan hasil bahwa dari 10 artikel menunjukkan bahwa Cognitive Behavioral Therapy efektif dalam menurunkan kecemasan pada remaja secara signifikan. Cognitive behavior therapy dapat menurunkan kecemasan pada remaja namun perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai waktu pemberian intervensi dan waktu tindak lanjutnya serta penelitian lebih lanjut dengan berbagai penyebab kecemasan lainnya pada remaja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ashshidieqy, H. (2018). Hubungan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 7(2).

Cuban, L. (2001). Oversold and Underused: Computers in the Classroom. Harvard University Press

Davis, F. (1989). Perceived Usefullness. Perceived Ease Of Use And User Acceptamce Of Information Technology. Mis Quarterly, 3(3), 319–340.

Fahlevi, P., & Dewi, A. O. P. (2019). Analisis Aplikasi Ijateng Dengan Menggunakan Teori Technology Acceptance Model (Tam). Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(2).

Gaho, A. (2023). Analisis Penggunaan Teknologi Dalam Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Di Smk Negeri 2 Toma. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2). Https://Doi.Org/2715-2022

Hanafi, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Litera Pendidikan, 17(1).

Harahap, N. (2015). Pengaruh Perkembangan Teknologi Pendidikan Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 5 Padangsidimpuan. Skripsi Ilmu Pendidikan Agama Islam, 3(1).

Imam Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss. Universitas Diponegoro, Semarang, 3(1).

Jones, T. & Shao, B. (2011). The Net Generation and Digital Natives: Implications for Higher Education. Higher Education Academy.

Kulik, J. A. (2003). Effects of using instructional technology in elementary and secondary schools: What controlled evaluation studies say. SRI International

Khusnaeni, A. (2024). Penerapan Teknologi Inovatif Dalam Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Di Smk Pembangunan. Jurnal Ilmu Pendidikan (Jip), 2(6).

Lei, J. & Zhao, Y. (2007). Technology uses and student achievement: A longitudinal study. Computers & Education, 49(2), 284-296

Muhamad, H., Efendi, A., & Basori. (2019). Pengaruh Fasilitas Belajar Berbasis Teknologi Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan (Jiptek), 12(1). Https://Doi.Org/I: Http://Dx.Doi.Org/10.20961/Jiptek.V12i1.19118

Nathaniela, H., & Esfandiari, N. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Teknologi Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Merdeka Belajar, 1(1).

Pane, A., & Dassopong, M. D. (2017). “Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2).

Rusydiyah, E. F. (2019). Teknologi Pembelajaran (Implementasi Pembelajaran Di Era 4.0) (Astari Yasmuning Dyah (Ed.)). Uin Sunan Ampel Press.

Salsabila, A., & Puspitasari. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(2), 278–288.

Syah, M. (2010). Psikologi Pendekatan Dengan Pendekatan Baru. Remaja Rosdakarya, 3(1).

Tamim, R. M., et al. (2011). What forty years of research says about the impact of technology on learning: A second-order meta-analysis and validation study. Review of Educational Research, 81(1), 4-28

Wahyudi, M., Purnama, R. A., Atrinawati, L. H., & Gunawan, D. (2024). Mengeksplorasi Dampak Teknologi Pembelajaran Aktif Di Institusi Pendidikan Kejuruan Menengah. Jurnal Mentari: Manajemen Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(2).

Downloads

Published

2024-10-06

How to Cite

Puspitasari, N. A., Yahya, M., & As, H. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN TEKHNOLOGI PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK JAYA NEGARA MAKASSAR. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(10), 4678–4694. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i10.3446