PENGEMBANGAN STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMASARAN KAWASAN WISATA POETOEK SOEKO KECAMATAN TRAWAS KABUPATEN MOJOKERTO

Authors

  • Riska Nur Aida Universitas Islam Majapahit
  • Moch. Ichdah A.H. Lailin Universitas Islam Majapahit
  • Masnia Ningsih Universitas Islam Majapahit

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i8.3318

Keywords:

Komunikasi, Pemasaran, Kawasan Wisata

Abstract

Potensi wisata alam maupun kekayaan sumber daya alam yang melimpah ada di Indonesia. Saat ini banyak bermunculan tempat wisata baru yang mempunyai ciri khas tersendiri. Banyak jenis wisata alam yang sering kita jumpai. Wisata Poetoek Soeko yang terletak di Desa Sukosari, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, menjadi salah satu destinasi wisata populer yang masih memukau di kawasan pedesaan. Untuk melakukan penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan telaah dokumen. Penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk mengkarakterisasi kejadian dan objek yang diteliti dikenal dengan penelitian deskriptif. Dalam pelaksanaannya, objek wisata Poetoek Soeko melakukan berbagai tahapan strategi komunikasi Dari tahapan-tahapan tersebut, Poetoek Soeko melakukan 4 tahapan dalam strategi komunikasi yaitu Mengetahui Audiens, Mengembangkan Pesan, Menentukan Metode, dan juga Memilih Media Komunikasi. Sehingga menghasilkan bentuk dan cara komunikasi yang baik dan terstruktur, dengan bukti bahwa daya tarik wisata kini semakin ramai dan berkembang dengan menggunakan berbagai metode dan tahapan komunikasi itu sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atthariq, M., & Budiantoro, H. (2019). Komunitas Dakwah Jalanan dalam Penyutradaraan Film Dokumenter ..

Fajar, Marhaeni.2009. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Yogyakarta : Graha Ilmu

Izzaty, RE, Astuti, B., & Cholimah, N. (1967). Ciri-ciri Perkembangan Remaja. Kimia Edisi

Peter L.Berger. (2011). Konstruksi Sosial Atas Realitas .

Purwasito, A. (2002). Dialog Antarbudaya . Pers Universitas Muhammadiyah.

Richard dan Lynn H (2008). Pengantar Teori Komunikasi, Analisis dan aplikasi. Jakarta : Salemba Humanika.

Sugiono, PD (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif (DI Sutopo (ed.); dua). Alfabet.

Uchjiyana, O. (2006). Pengantar Teori dan Praktek Ilmu Komunikasi (kedua). Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2024-08-19

How to Cite

Aida, R. N., Lailin, M. I. A., & Ningsih, M. (2024). PENGEMBANGAN STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMASARAN KAWASAN WISATA POETOEK SOEKO KECAMATAN TRAWAS KABUPATEN MOJOKERTO. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(8), 4176–4183. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i8.3318