EFEKTIVITAS COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN PADA REMAJA : A NARRATIVE REVIEW

Authors

  • Dinda Ayu Apriliani Universitas Padjadjaran
  • Putri Noor Kholisoh Universitas Padjadjaran
  • Nabilah Al Adawiyah Universitas Padjadjaran
  • Novianti Maharani Universitas Padjadjaran
  • Desy Adityani Universitas Padjadjaran
  • Sukma Senjaya Universitas Padjadjaran

Keywords:

Remaja, Skala Kecemasan, Terapi Kognitif Perilaku

Abstract

Masa remaja merupakan masa transisi yaitu masa dimana terjadi banyak perubahan baik secara aspek fisik, emosional, dan kognitif. Perubahan yang dialami dapat menimbulkan kecemasan di dalam diri remaja. Kecemasan yang tidak tertangani dapat menjadi salah satu penyebab munculnya gangguan psikologi lainnya. Tujuan review ini yaitu untuk mengetahui efektivitas Cognitive Behavioral Therapy dalam menurunkan kecemasan pada remaja. Metode yang digunakan yaitu narrative review dengan pencarian data menggunakan Ebsco CINAHL, Pubmed, Sciencedirect, Academic Search Complete, Sage Journals, dan Google Scholar pada kurun waktu publikasi dari tahun 2011 sampai 2021 dan mendapatkan 10 artikel yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil dari dari narrative review ini meliputi 5 artikel menggunakan metode penelitian eksperimen, tiga artikel menggunakan randomized controlled trial, dan dua artikel menggunakan case study. Didapatkan hasil bahwa dari 10 artikel menunjukkan bahwa Cognitive Behavioral Therapy efektif dalam menurunkan kecemasan pada remaja secara signifikan. Cognitive behavior therapy dapat menurunkan kecemasan pada remaja namun perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai waktu pemberian intervensi dan waktu tindak lanjutnya serta penelitian lebih lanjut dengan berbagai penyebab kecemasan lainnya pada remaja

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriyanti, F. N., Mustikasari, & Susanti, H. (2018). PENGARUH COGNITIVE BEHAVIOUR THERAPY (CBT) TERHADAP ANSIETAS REMAJA DI WILAYAH RAWAN BANJIR.

JOurnal of Islamic Nursing, 3(2), 1–6. http://103.55.216.56/index.php/join/article/viewFile/6470/5733

Wicaksono, E., Permana, V. F. Y., Putri, P. A., & Situmorang, D. D. B. (2020). Memahami gangguan kecemasan dalam diri remaja.

Santrock (2003) John W. Adolescence. Perkembangan Remaja. Edisi Keenam. Jakarta: Erlangga.

Borza L. (2017). Cognitive-behavioral therapy for generalized anxiety. Dialogues in clinical neuroscience, 19(2), 203–208. https://doi.org/10.31887/DCNS.2017.19.2/lborza

Dekawaty, A. (2021). PENGARUH TERAPI HIPNOTIS 5 JARI TERHADAP KECEMASAN MAHASISWA MENGHADAPI SKRIPSI DI STIKES MUHAMMADIYAH PALEMBANG. MEDIA BINA ILMIAH, 15(11), 5613-5624.

Egenti, N.T., Ede, M.O.M., Nwokenna, E.N., Oforka, T., Nwokeoma, B.N., Mezieobi, D.I.,

Onah, S.O., Ede, K.R., Amoke, C.,Offordile, E.E., Ezeh, N.E., Eze, C.O., Eluu, P.E.,

Amadi, K.C., Ugwuanyi, B.E., Uzoagba, N.C., Ugwonna, G.O., Nweke, M,L., Victor-Aigbodion, V. (2019). Randomized Controlled Evaluation of The Effect of Music Therapy with Cognitive-Behavioral Therapy on Social Anxiety Symptoms: Retracted. Medicine, 98(32) : p e16495. doi: 10.1097/MD.0000000000016495

Febriana., B. (2017). Penurunan Kecemasan Remaja Korban Bullying Melalui Terapi Kognitif. Indonesian Journal of Nursing Practice, 1(2) : 1-8. https://doi.org/10.18196/ijnp.v1i2.3432

Haugland, B. S. M., Raknes, S., Haaland, A. T., Wergeland, G. J., Bjaastad, J. F., Baste, V., … Hoffart, A. (2017). School-based cognitive behavioral interventions for anxious youth: Study protocol for a randomized controlled trial. Trials, 18(1), 1–12. https://doi.org/10.1186/s13063-017-1831-9

Internasional, N. (2018). Nanda-I Diagnosis Keperawatan: Definisi dan Klasifikasi 2018-2020 (11 ed.). Jakarta: EGC.

Mariyati, Daulima, N. H. C., & Mustikasari. (2017). Intervensi Cognitive Behavior Therapy Dan Self Help Group Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Remaja Yang Kecanduan Pornografi: Case Series. Jurnal Ners Widya Husada, 4(3), 77–84.

Mariyati, Daulima, N. H., & Mustikasari. (2018). Terapi Kognitif Perilaku Dan Terapi Kelompok Swabantu Untuk Menangani Ansietas Remaja Dengan Kecanduan Pornografi. Unissula Press, (12), 122–132.

Mulia, M., Keliat, B. A., & Wardani, I. Y. (2017). Cognitive Behavioral and Family Psychoeducational Therapies for Adolescent Inmates Experiencing Anxiety in a Narcotics Correctional Facility. COMPREHENSIVE CHILD AND ADOLESCENT NURSING, 40(S1), 152–160.

Radiani, W. A. (2017). Cognitive Behavior Therapy Untuk Penurunan Depresi Pada Orang Dengan Kehilangan Penglihatan. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 18(1), 66. https://doi.org/10.26486/psikologi.v18i1.349

Richter, P., & Ramos, R. T. (2018). Obsessive-Compulsive Disorder. Continuum (Minneapolis, Minn.), 24(3, BEHAVIORAL NEUROLOGY AND PSYCHIATRY), 828–844.

https://doi.org/10.1212/CON.0000000000000603

Stuart, G.W., 2013. Principles and practice of Psychiatric Nursing. (7th ed). Philadelphia. Mosby. Videbeck, S. L. (2008). Psychiatric mental health nursing. Philadelphia: Lippincott Wilkinson.

Townsend, M. C. (2009). Psychiatric mental health nursing (6th Ed). Philadelphia: Davis Company.

Utami, Yunita. (2019). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Tingkat Kecemasan Remaja Dalam Menghadapi Menarche Pada Siswi Kelas V Dan VI di SD Negeri 1 Ceper Klaten Tahun 2019

Downloads

Published

2024-08-15

How to Cite

Apriliani, D. A., Kholisoh, P. N., Adawiyah, N. A., Maharani, N., Adityani, D., & Senjaya, S. (2024). EFEKTIVITAS COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN PADA REMAJA : A NARRATIVE REVIEW. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(8), 4084–4096. Retrieved from https://ejournal.nusantaraglobal.or.id/index.php/sentri/article/view/3306