PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA KELAS V SDI PERUMNAS 1 KUPANGN DALAM MEMBACA CERITA DONGENG

Authors

  • Selviani Nahak Universitas Nusa cendana
  • Labu Djuli Universitas Nusa Cendana
  • Markus Sampe Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i8.3270

Abstract

Tujuan dalam Penelitian ini untuk mendeskripsikan dan mengetahui penerapan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas v sdi perumnas 1 kupang  dalam membaca cerita dongeng. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahap pelaksanaan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus. Lokasi penelitian di SDI Perumnas 1kupang, dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V dengan jumlah 19 siswa ,yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki .Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi.Untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dapat diketahui dengan membandingkan jumlah siswa yang tuntas dan dikalikan 100 dan dibagi  jumlah semua siswa.Berdasarkan hasil penelitian diambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya Model discovery learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi membaca cerita dongeng .Hal ini dapat dilihat pada hasil belajar siswa siklus I diperoleh ketuntasan belajar siswa dengan presentase 46,15% dengan jumlah siswa yang tuntas 1 6 orang dari 19 siswa mencapai  tingkat ketuntasan yang sangat baik .sedangkan 3 siswa belum mencapai ketuntasan . Sedangkan pada siklus II diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa dengan presentase 92,30%  dengan jumlah  yang tuntas 12 orang.  Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar  46,15%. Dengan demikian penelitian tindakan kelas ini berhasil, sehingga peneliti menyatakan bahwa penerapan model discoveri learning dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas v sdi perumnas 1 dalam membaca cerita dongeng.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-08-06

How to Cite

Nahak, S., Djuli, L., & Sampe, M. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA KELAS V SDI PERUMNAS 1 KUPANGN DALAM MEMBACA CERITA DONGENG . SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(8), 3881–3886. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i8.3270