PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA KELAS V SDI PERUMNAS 1 KUPANGN DALAM MEMBACA CERITA DONGENG
Abstract
Tujuan dalam Penelitian ini untuk mendeskripsikan dan mengetahui penerapan model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas v sdi perumnas 1 kupang dalam membaca cerita dongeng. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahap pelaksanaan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus. Lokasi penelitian di SDI Perumnas 1kupang, dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V dengan jumlah 19 siswa ,yang terdiri dari 12 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki .Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi.Untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dapat diketahui dengan membandingkan jumlah siswa yang tuntas dan dikalikan 100 dan dibagi jumlah semua siswa.Berdasarkan hasil penelitian diambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya Model discovery learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi membaca cerita dongeng .Hal ini dapat dilihat pada hasil belajar siswa siklus I diperoleh ketuntasan belajar siswa dengan presentase 46,15% dengan jumlah siswa yang tuntas 1 6 orang dari 19 siswa mencapai tingkat ketuntasan yang sangat baik .sedangkan 3 siswa belum mencapai ketuntasan . Sedangkan pada siklus II diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa dengan presentase 92,30% dengan jumlah yang tuntas 12 orang. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 46,15%. Dengan demikian penelitian tindakan kelas ini berhasil, sehingga peneliti menyatakan bahwa penerapan model discoveri learning dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas v sdi perumnas 1 dalam membaca cerita dongeng.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Selviani Nahak, Labu Djuli, Markus Sampe
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.