FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PARTISIPASI ORANG TUA DALAM PROGRAM MAGHRIB MENGAJI AL-QUR’AN DI TPQ KHAIRUDDIN KELURAHAN PANGKALAN KERINCI TIMUR KECAMATAN PANGKALAN KERINCI KABUPATEN PELALAWAN
Keywords:
Faktor-faktor, Partisipasi dan Maghrib MengajiAbstract
Partisipasi orangtua adalah sikap yang berkenaan dengan orangtua dalam memegang posisi tertentu dalam lembaga keluarga yang didalamnya berfungsi sebagai pengasuh, pembimbing dan pendidik bagi anak. Maghrib mengaji merupakan kegiatan keagamaan yang dirancang untuk membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan Program MaghribMengaji Al-Qur’an dan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi Partisipasi Orangtua Dalam Program Maghrib Mengaji Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif serta menggunakan teori Crow dan Crow dan Abraham Maslow. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil bahwa partisipasi orang tua dalam program maghrib mengaji termasuk dalam kategori baik. Sedangkan Faktor–faktor yang mempengaruhi partisipasi orangtua dalam kegiatan maghrib mengaji, dengan dilakukannya analisis jalur didapati bahwa terdapat 2 pengaruh yaitu pengaruh langsung dan tidak langsung. Pada penelitian ini melalui hasil olah data ditemukan bahwa pengaruh tidak langsung lebih besar dibandingkan dengan pengaruh langsung. Pengaruh langsung yang diberikan variabel faktor–faktor melalui variabel partisipasi orangtua terhadap program maghrib mengaji hanya sebesar 0,081. Sedangkan pengaruh tidak langsung yang diberikan variabel faktor–faktor melalui variabel partisipasi orangtua terhadap program maghrib mengaji sebesar 0,256. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada penelitian faktor–faktor yang mempengaruhi partisipasi orangtua dalam program maghrib mengaji di TPQ Khairuddin, memiliki faktor lebih besar secara tidak langsung yang dapat mempengaruhi partisipasi orang tua dalam program maghrib mengaji
Downloads
References
Adi, I. R. (2007). Perencanaan Partisipatoris berbasis aset komunitas (dari pemikiran menuju penerapan) / Isbandi Rukminto Adi. No Title (Ed 1). [Depok] : FISIP UI Press, 2007
Amalia N. 2021. Pembelajaran Al-Qur’an Pada Usia Dewasa Berdasarkan Psikologi Perkembangan dan Neurosains. Tesis. Program Pasca Sarjana Institut Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an. Jakarta.
Arifin M. 2007. Hubungan Timbal Balik Pendididkan Agama Lingkungan Sekolah dan Keluarga. Jakarta: Bulan Bintang.
Kusumawardani, E. 2023. Urgensi Pelibatan Orangtua Untuk Anak Remaja. Cetakan Pertama. CV. Bayfa Cendikia Indonesia. Madiun.
Noer K. Umam. 2022. Partisipasi Publik: Model, Pendekatan, dan Praksis. Cetakan Pertama. Public Spirit. Jakarta.
Mardiyah. (2015). Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Agama Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak. Jurnal Kependidikan. 3 (2) halaman: 109-122
Mikkelsen, B. (2003). Metode Penelitian Partisipatoris dan Upaya Pemberdayaan: Panduan bagi Praktisi Lapangan / Britha Mikkelsen. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Rika Kartika, Nurman, Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji di Nagari Lubuk Basung Kabupaten Agam, Journal Of Civic Education, Vol. 1 No.2, 2018, hal. 142-143.
Sastropoetro, S. (1988). Partisipasi, komunikasi, persuasi dan disiplin dalam pembangunan nasional. Bandung : Alumni, 1988.
10. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
11. Suryawan. (2004). Tingkat Pekerjaan Masyarakat Berhubugan Dengan Tingkat Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah.
12. Yasir, M. A, Jamaruddin. 2016. Studi Al-Qur’an. Cetakan: Juni 2016. Asa Riau (CV. Asa Riau). Riau.
13. Wahyu, F. 2018. Pengembangan Masyarakat Islam: Program Magrib Mengaji Kecamatan Koto Tangah Padang, Sumatra Barat. Jurnal Al-Fuad 1(2): 120
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hanifah Rahmah, Nurhamlin, Resdati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.