PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR ANIMASI PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SISTEM TATA SURYA KELAS VI SD GMIT KUANINO 3 KOTA KUPANG
Keywords:
Hasil Belajar, Media Gambar AnimasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem tata surya menggunakan media gambar animasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan tahapan sebagai berikut: Perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI, berjumlah 20 orang derngan rincian siswa laki-laki 11 dan siswa perrermpuran 9. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 70,00 dengan persentase ketuntasan sebanyak 50%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 89,75 dengan persentase ketuntasan sebanyak 95%, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar animasi dalam pembelajaran sistem tata surya dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VI SD GMIT Kuanino 3 Kota Kupang.
Downloads
References
Andiyanto, T. (2017). Peran Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013: Studi Pada Tk Mentari Kec. Abung Selatan Kab. Lampung Utara. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 73-78.
Arumsari, R., Rohmat, C. L., Herdiana, R., & Hayati, U. (2021). Media Gambar Animasi Pada Game Edukasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar. KOPERTIP: Scientific Journal of Informatics Management and Computer, 5(2), 42-46.
Cahyo, N. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ipa Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup Melalui Pembuatan Cerita Bergambar Dengan Pembelajaran Ipa Berbasis Inkuiri Di Kelas Ix D Smp N 1 Karanggeneng Tahun Pelajaran 2019/2020. EDU-KATA, 8(2), 186-203.
Fransisca, I., & Mintohari. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Pelajaran IPA Dalam Materi Tata Surya Kelas VI SD. J-Pgsd, 06(11), 1916–1927.
Halawati, F. (2020). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Perilaku Siswa. Education and Human Development Journal, 5(2), 51-60..
Margarita, L., & Wahyuno, E. (2014). Penggunaan Media Animasi Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA Siswa Tunarungu Kelas II SDLB. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 1(2), 137-139.
Mulyasa, E. (2011). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ningsih, S., Ermiana, I., Husniati, H., & Witono, A. H. (2023). Analisis Keterampilan Mengajar Guru Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV di SDN 1 Gerung Selatan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 496-506.
Patonah, S., & Hidayah, M. L. (2023). Pengembangan Asesment Awal IPA Berbasis Stem Materi Sistem Tata Surya Untuk Siswa Fase C Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2).
Ramdani, P. (2021). Media Pembelajaran Animasi (Vol. 1). Rinda Fauzian.
Syafriana, D. (2017). Penerapan model problem based learning (PBL) dalam pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar ipa kelas v sdn 63 surabayo. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1)..
UNDANG UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. (2003). “Analisis struktur No kovarian terhadap indikator terkait kesehatan pada lansia yang tinggal dirumah dengan fokus pada rasa kesehatan subjektif judul.”Penelitian demografi 49 (0) : 1-33 :29 halaman teks + catatan akhir, lampiran, referensi. Demographic Research, 49(0), 1-33 : 29 pag texts + end notes, appendix, referen.
Wahyuni, F. (2015). Kurikulum dari masa ke masa (telaah atas pentahapan kurikulum pendidikan di Indonesia). Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan dan Keagamaan, 10(2), 231-242..
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lovanny Imelda Ledoh, Antonius Suban Hali, Netty E.A Nawa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.