ANALISIS POTENSI, EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PENERIMAAN RETRIBUSI TERMINAL SERTA DAMPAKNYA TERHADAP PENDAPATAN DAERAH

Authors

  • Nilna Nura Millah Universitas Islam Raden Rahmat
  • Itfihul Laniyetul J Universitas Islam Raden Rahmat
  • Salsabila Qatrunnada Arifin Universitas Islam Raden Rahmat
  • R.M Mahrus Alie Universitas Islam Raden Rahmat

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i8.3173

Keywords:

Potensi, Efektivitas, Efisiensi, Biaya Terminal Dan Pendapatan Daerah

Abstract

Abstract: Retribusi daerah merupakan salah satu penyumbang pendapatan daerah, khususnya retribusi terminal. Pemerintah daerah hendaknya mampu mengelola retribusi terminal secara bijaksana dan efisien sehingga dana retribusi dapat tersalurkan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerimaan retribusi terminal. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan solusi permasalahan yang ada saat ini berdasarkan data yang ada. Pendekatan deskriptif kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah menganalisis dan mendapatkan gambaran mengenai potensi, efektivitas, dan efisiensi retribusi terminal pada Dinas Perhubungan Kecamatan Kepanjen. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti adalah data primer dan sekunder. Berdasarkan analisis potensi menunjukkan bahwa potensi retribusi terminal pada Dinas Perhubungan Kabupaten Kepanjen termasuk dalam kategori prima dan menjadi sektor andalan pemerintah Kabupaten Malang. Berdasarkan hasil analisis, efektivitas penerimaan retribusi terminal pada Dinas Perhubungan Desa Talangagung Kecamatan Panpanjen belum efektif. Sedangkan berdasarkan analisis proyeksi tren, proyeksi penerimaan retribusi terminal di Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang tiga tahun ke depan mempunyai tren positif atau tren cenderung meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Korengkeng, R. R., Karamoy, H., & Pontoh, W. (2017). Analisis Potensi, Efektifitas, Efisiensi, dan Kontribusi Pajak Reklame Terhadap Penerimaan Pajak Daerah Di Kabupaten Minahasa Utara. Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi, 12(01).

Samosir, M. S. (2019). Analisis potensi, efektivitas dan efisiensi retribusi terminal pada Dinas Perhubungan Kabupaten Sikka. Jurnal Projemen UNIPA Maumere, 6(1), 65-81.

Yunanto, L. (2010). Analisis potensi, upaya pajak, efisiensi, efektivitas dan elastisitas pajak hotel di kabupaten klaten (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Manopo, N., Rotinsulu, D. C., & Murni, S. (2019). Analisis efisiensi dan efektivitas pengelolaan keuangan daerah Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 17(2).

Pamungkas, A. (2011). Analisis Potensi, Efisiensi Dan Efektivitas Retribusi Parkir Daerah Kota Yogyakarta.

Awan, Y. R. (2016). Efektivitas dan efisiensi penerimaan pajak bumi dan bangunan sebagai potensi pendapatan asli daerah Kabupaten Kediri (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Zain, R. M. Analisis Efektivitas, Efisiensi Dan Strategi Penetapan Potensi Penerimaan Pajak Hotel Dan Pajak Restoran.

Abdul, Halim. 2008. Auditing : Dasar-dasar Audit Laporan Keuangan. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan STIM YKPN.

Haning, Dedy dan Wirawan Endro Dwi Radianto, 2005, “Analisis Potensi Pajak Daerah di Kota Yogyakarta”, Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, Vol. 1, No. 1, Februari, Hal: 66-77.

Putra, B. F., Atmanto, D., & Nuzula, N. F. (2014). Analisis Efektivitas Penerimaan Dan Kontribusi Retribusi Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, Malang, 10(1).

Halim, Abdul. 2004. Manajemen Keuangan Daerah. Edisi Revisi. UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Ignasius, S. (2019). Pengaruh Pengelolaan Penerimaan Retribusi Parkir Dan Pajak Parkir Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Bandung (Studi Kasus Pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Asset, Dinas Pendapatan dan Dinas Perhubungan Kota Bandung) (Doctoral dissertation, Program Studi Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi-Bisnis Universitas Widyatama).

Permata, S. (2018). Efektivitas Penerimaan Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah (Pad) Pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Barru. Jurnal Adz-Dzahab: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 3(1), 51-78.

Ainun, N. (2018). Pengaruh pajak daerah dan retribusi daerah terhadap pendapatan asli daerah pada beberapa kabupaten di Provinsi Sumatera Utara Tahun 2014-2016 (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).

Septian, D. T., Chamora, D., Arifin, M. Z., & Wicaksono, A. (2016). Kajian Kinerja Terminal Talangagung di Kepanjen Kabupaten Malang (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Amaliyah, A. R. (2020). Analisis Laju Pertumbuhan Dan Efektifitas Penerimaan Retrisubi Pengujian Kendaraan Bermotor Pada Dinas Perhubungan Kabupaten Malang. INVENTORY: Jurnal Akuntansi, 4(2), 1-10.

Downloads

Published

2024-08-06

How to Cite

Millah, N. N., J, I. L., Arifin, S. Q., & Alie, R. M. (2024). ANALISIS POTENSI, EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI PENERIMAAN RETRIBUSI TERMINAL SERTA DAMPAKNYA TERHADAP PENDAPATAN DAERAH. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(8), 3799–3811. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i8.3173