KERJA SAMA INDONESIA-JERMAN MELALUI PROGRAM AUSBILDUNG DALAM BIDANG PENDIDIKAN VOKASI

Authors

  • Zenon Cedd Nicanor Alnoth Universitas Paramadina

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i6.2993

Keywords:

Kerja Sama Internasional, Program Ausbildung, Pendidikan Vokasi, Tenaga Kerja Indonesia

Abstract

Agar tetap mampu bersaing dalam skala global, Indonesia menyadari perlunya peningkatan kualitas sumber daya manusianya. Pasar internasional kini menuntut keterampilan teknis dan kompetensi tingkat tinggi di bidang kejuruan. Untuk mengatasi hal ini, Indonesia memberikan penekanan besar pada pengembangan pelatihan dan pendidikan kejuruan. Namun, saat ini terdapat kekurangan dalam memenuhi permintaan tersebut, karena lulusan sekolah kejuruan di Indonesia tidak memiliki keterampilan yang diperlukan. Dengan banyaknya sumber daya yang tidak dimanfaatkan secara efektif, Indonesia dapat mengambil pelajaran berharga dari negara lain, seperti Jerman. Salah satu hasil kerja sama internasional ini adalah program Ausbildung. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak kemitraan Indonesia-Jerman dalam pendidikan vokasi melalui metode kualitatif, termasuk tinjauan dokumen relevan dan penelitian sebelumnya. Upaya kolaboratif yang dibahas dalam artikel ini menghadirkan prospek menarik bagi kerja sama internasional antara Indonesia dan Jerman, khususnya dalam bidang pengiriman pelajar Indonesia untuk mengikuti pelatihan kejuruan (VET) guna memperoleh keterampilan dan sertifikasi yang diakui dunia. Inisiatif ini akan memberikan banyak peluang bagi para siswa untuk memasuki pasar kerja internasional sebagai pekerja profesional di Jerman. Temuan dari kerja sama ini membuka peluang untuk Indonesia dan Jerman menjalin kemitraan yang aktif, yang diwakili pemerintah Jerman dalam merevitalisasi kerja sama dengan Indonesia, khususnya di bidang pendidikan vokasi, yang dikenal sebagai program Ausbildung Jerman

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atthareq, R. H., & Affandi, R. M. T. N. "Indonesia-Germany cooperation in efforts to improve vocational education levels: Analysis of the Ausbildung program.", Jurnal Pendidikan Vokasi Vol. 13, (2023): 1. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/49341

Bakrun, B., Pantjastuti, S. R., Hendarman, H., & Sutanto, S. "Kilasan dua tahun revitalisasi sekolah menengfah kejuruan September 2016-2018" (A. W. Khurniawan, N. Widyani, S. Saryadi, M. Widiyanto, & H. Haryono, Eds.). Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, 2018. https://repositori.kemdikbud.go.id/10849/

Bukit, M. Strategi dan Inovasi Pendidikan dan Kejuruan dari Kompetensi Ke Kompetisi.", 2014. https://cvalfabeta.com/product/strategi-dan-inovasi-pendidikan-dan-kejuruan-dari-kompetensi-ke-kompetisi/

Cherkes, B., Linda, S., & Kolomyeytsev, A. "Theory and practice of academic education in architecture and urban design: From bilateral cooperation to international projects." ARCHITECTURAL STUDIES Bohdan, 2(1), (2016): 1–8.

Deissinger, T. "The German dual vocational education and training system as “good practice”?" Local Economy, 30, (2015): 557–567. https://doi.org/10.1177/0269094215589311

Deutschland, S. D. H. M., Stiftung Haus der Geschichte der Bundesrepublik. "Gerade auf LeMO gesehen: LeMO Biografie: Angela Merkel." hdg.de. (2022, March 10). https://www.hdg.de/lemo/biografie/angela-merkel.html

Dittrich, J. "Can Indonesia Learn Something from the German Model of TVET Teacher Education?" V(2), (2010): 67–77.

Goethe Institut Indonesia. "Ausbildung Sistem Ganda di Jerman." Jakarta, 2024. https://www.goethe.de/ins/id/id/spr/eng/dua.html

Graf, L. "The hybridization of vocational training and higher education in Austria, Germany, and Switzerland." 302 pages. 2013. https://doi.org/10.25656/01:8290

Grieco, J., Powell, R., & Snidal, D. "The Relative-Gains Problem for International Cooperation." American Political Science Review, 87(3), (1993): 729–743. https://doi.org/10.2307/2938747

Hari, P. "Kementerian Pertahanan Republik Indonesia." Kemhan.Go.Id. (2012, July 16). https://www.kemhan.go.id/2012/07/16/menengok-masa-depan-kerja-sama-indonesia-jerman.html

Haryanto, I. "PROSES KERJASAMA INTERNASIONAL ANTARA PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR DENGAN PEMERINTAH PERANCIS UTARA DALAM MENERAPKAN KONSEP “BLUE ECONOMY” DI KAWASAN MADURA KABUPATEN SAPEKE.", 2015.

Holsti, K. J. "Politik intenasional :kerangka untuk analisis.", 1988. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=504999

Hummelsheim, S., & Baur, M. "The German Dual System of Initial Vocational Education and Training and Its Potential for Transfer to Asia." Prospects: Quarterly Review of Comparative Education, 44(2), (2014): 279–296. https://doi.org/10.1007/s11125-014-9311-4

Ivanova, I., Arcelus, F. J., & Srinivasan, G. An Assessment of the Measurement Properties of the Human Development Index. Social Indicators Research, 46(2), (1999): 157–179. https://doi.org/10.1023/A:1006839208067

Kadir, S., Nirwansyah, & Backrul, B. A. "Technical and vocational education and training in Indonesia: Challenges and opportunities for the future." Lee Kuan Yew School of Public Policy, National University of Singapore, 2016. https://lkyspp.nus.edu.sg/docs/default-source/case-studies/lkysppms_case_study__technical_and_vocational_education_and_training_in_indonesia.pdf?sfvrsn=e5c5960b_2

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Berlin, R. F. J. "Sekilas Hubungan Bilateral Indonesia dan Jerman." kemlu.go.id. 2018. https://www.kemlu.go.id/berlin/id

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. Kerja Sama Bilateral. 2018. https://kemlu.go.id/portal/id/page/22/kerja_sama_bilateral

Kementerian PPN/Bappenas. "Babak Baru Kerja Sama Indonesia-Jerman dalam Pendidikan dan Pelatihan Teknik dan Vokasi." Bappenas.Go.Id. (2017, May 12). https://www.bappenas.go.id/id/berita/babak-baru-kerja-sama-indonesia-jerman-dalam-pendidikan-dan-pelatihan-teknik-dan-vokasi-qf5fe

Kementerian Sekretariat Negara. "Presiden Joko Widodo • Presiden RI." presidenri.go.id. (2016, July 6). https://www.presidenri.go.id/presiden-joko-widodo/

Linten, M., Prustel, S., Woll, C., Roth, U., & Wurdak, A. "Attractiveness of Vocational Education and Training: Permeability Successful School-to-Work Transitions and International Mobility." Selected Bibliography. In UNESCO-UNEVOC International Centre for Technical and Vocational Education and Training. UNESCO-UNEVOC International Centre for Technical and Vocational Education and Training, 2014. https://eric.ed.gov/?id=ED560494

McGrath, S. "Skills for development: A new approach to international cooperation in skills development?" Journal of Vocational Education & Training, 54(3), (2002): 413–430. https://doi.org/10.1080/13636820200200207

Milner, H. "International Theories of Cooperation Among Nations: Strengths and Weaknesses." World Politics, 44(3), (1992): 466–496. https://doi.org/10.2307/2010546

Munn-Giddings, C. "Links between kropotkin’ theory of ‘mutual aid’ and the values and practices of action research." Educational Action Research, 9(1), (2001): 149–158. https://doi.org/10.1080/09650790100200144

Nagels, K. "Successful partnerships Indonesian technical and vocational education institutes working hand in hand with enterprises a word of welcome." Deutsche Gesellschaft Für Internationale Zusammenarbeit. 2012. https://www.giz.de/en/downloads/giz2012-en-vocational-training-indonesia.pdf

Nations, U. Data Center. "In Human Development Reports." United Nations, 2018. https://hdr.undp.org/data-center

Prasetyo, E. "Merkel Praises Indonesia’s Development in Meeting Focused on Education." Jakartaglobe.Id. (2016, April 19). https://jakartaglobe.id/news/merkel-%20praises-indonesias-development-meeting-focused-education

Raggatt, P. "Quality Control in the Dual System of West Germany." Oxford Review of Education, 14(2), (1988): 163–186.

Reuteer, T. "German Cultural Diplomacy in Indonesia: Building Cooperation in a Changing World.", ifa (Institut für Auslandsbeziehungen), 2019.

Shields, R., & Menashy, F. The network of bilateral aid to education 2005–2015. International Journal of Educational Development, 64, (2019): 74–80. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2017.07.003

Snidal, D. "Relative Gains and the Pattern of International Cooperation." American Political Science Review, 85(3), (1991): 701–726. https://doi.org/10.2307/1963847

Subroto, L. H., & Indriawati, T. "Biografi Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden Ke-6 Indonesia Halaman all." KOMPAS.com. (2022, August 23). https://www.kompas.com/stori/read/2022/08/23/140000079/biografi-susilo-bambang-yudhoyono-presiden-ke-6-indonesia

Sudira, P. "Filosofi dan teori pendidikan vokasi dan kejuruan." Yogyakarta: UNY, 2012. https://scholar.google.com/scholar?cluster=12949786963977710572&hl=en&oi=scholarr

Sukoco, J. B., Kurniawati, N. I., Werdani, R. E., & Windriya, A. "PEMAHAMAN PENDIDIKAN VOKASI DI JENJANG PENDIDIKAN TINGGI BAGI MASYARAKAT." Jurnal Pengabdian Vokasi, 1(1), (2019): 23–26. https://doi.org/10.14710/jpv.2019.4796

Verawardina, U., & Jama, J. "PHILOSOPHY TVET DI ERA DERUPSI REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI INDONESIA." Jurnal Filsafat Indonesia, 1(3), (2018): Article 3. https://doi.org/10.23887/jfi.v1i3.17156

Waltz, K. N. "Theory of International Politics.", 2010.

Wiriadidjaja, A., Andriasanti, L., & Jane, A. "Indonesia-Germany Cooperation in Vocational Education and Training." Journal of Local Government Issues (LOGOS), 2(2), (2019): Article 2. https://doi.org/10.22219/logos.Vol2.No2.178-192

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Alnoth, Z. C. N. (2024). KERJA SAMA INDONESIA-JERMAN MELALUI PROGRAM AUSBILDUNG DALAM BIDANG PENDIDIKAN VOKASI. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(6), 2997–3012. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i6.2993