MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BIG BOOK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS II SD INPRES TENAU KOTA KUPANG
Keywords:
Membaca Permulaan, Media Big Book, Bahasa IndonesiaAbstract
Fokus Penelitian ini disesuaikan dengan Masalah yaitu Bagaimana peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan menerapkan media Big Book pada siswa kelas II C di SD Inpres Tenau. Media Big Book digunakan oleh peneliti untuk memunculkan peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa menjadi lebih baik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas II-C SD Inpres Tenau Kota Kupang yang berjumlah sebanyak 22 peserta didik terdiri dari 12 peserta didik laki-laki dan 10 peserta didik perempuan. pengumpulan data dilakukan dengan Teknik tes membaca, observasi, dan dokumentasi. Data ini dianalisis dengan menggunakan Teknik analisis data secara kuantitatif. Hasil penelitian tes siklus I terdapat 15 Peserta didik yang tuntas (68,1%) sedangkan 7 peserta didik lainnya (31,9%) belum tuntas. Pada siklus II sebanyak 19 peserta didik (86,3%) yang tuntas sedangkan 3 peserta didik lainnya (13,7%) belum tuntas. Peningkatan kemampuan membaca permulaan dapat dilihat dari peningkatan rata-rata skor aspek lafal, intonasi, kelancaran, dan kejelasan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap upaya peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media Big Book.
Downloads
References
Karumpa, A., & Halimah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pop Up Book dan Big Book terhadap Kemampuan Siswa Memahami Isi Bacaan. In Bahasa dan Sastra (Vol. 8, Issue 2). Pendidikan. https://e-journal.my.id/onoma
Mahsun, M., & Koiriyah, M. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca Melalui Media Big Book Pada Siswa Kelas IA MI Nurul Islam Kalibendo Pasirian.
Partijem. (2017). meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui flannel pintar pada kelompok A TK Negeri Pembina Bantul. Jurnal Pendidikan Anak, 6, 83–91.
Ritonga, S., & Rambe, R. N. (2022). Penggunaan Media Big Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1266–1272. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3129
Hilaliyah, T., & Wahid, F. I. (2020). Pengembangan Media Big Book Berbasis Budaya Banten Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Sastra Siswa Kelas Awal, 3(1), 84–96.
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (BASASTRA) Di Sekolah Dasar (Vol. 3, Issue 1).
Aulia, M., Adnan, Yamin, M., & Kurniawati, R. (2019). Penggunaan Big Book Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 963–969. https://jbasic.org/index.php/basicedu
Herlina, E. S. (2019). Membaca Permulaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Era Pendidikan 4.0. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 5, 332–342.
Indah, B. P., & Safaruddin. (2022). Pengembangan Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Terapan, 3(1), 1–8.
Karumpa, A., & Halimah, A. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pop Up Book dan Big Book terhadap Kemampuan Siswa Memahami Isi Bacaan. In Bahasa dan Sastra (Vol. 8, Issue 2). Pendidikan. https://e-journal.my.id/onoma
Mahsun, M., & Koiriyah, M. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca Melalui Media Big Book Pada Siswa Kelas IA MI Nurul Islam Kalibendo Pasirian.
Pahleviannur, R. S. M. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. In Pradina Pustaka.
Partijem. (2017). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui flannel pintar pada kelompok A TK Negeri Pembina Bantul. Jurnal Pendidikan Anak, 6, 83–91.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Astri Purwati Ningsih, Margaret P. E. Djokaho, Vera Rosalina Bulu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.