PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA TENTANG KPK DAN FPB MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA DAKON ANGKA DI SD NEGERI KOKO
Keywords:
Discovery Learning Dakon, FPB dan KPKAbstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkaan hasil belajar pada kelas IV SD Negeri Koko dengan mengunakan model discovery learning berbantuan dengan media dakon pada materi FPB dan KPK. Jenis penelitian ini adalah peneltian tindakan kelas dengan tahapan sebagai berikut perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini berjumlah 24 orang siswa dengan rincian 13 laki-laki dan 11 perempuan. Pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik observasi tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis lebih lanjut dengan mengunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. penelitian ini dilakukan di SD Negeri Koko. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengunaan media dakon dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu pada siswa pada siklus I nilai rata-rata 64,58, dengan ketuntasan klasikal 33,33 dengan kategori kurang,pada siklus I, pada siklus II nilai rata-rata sebesar 78,33 dengan ketuntasan klasikal sebesar 79,16 yaitu berada dikategori baik.
Downloads
References
Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi ke-3. Jakarta: PT Bumi Aksara. 334 hlm.
Effendi, L.A. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan. 13(2),P 2.
FAJRI, (2019). Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SD. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 7(2),P. 64-73.
Fitri, A., Fkip, P., & Karawang, U. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sponges Dakon Pada Materi FPB dan KPK Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD The Effect of Dakon Sponges Media on Highest Common Factor (HCF) and Lowest Common Multiple (LCM) Materialson Grade IV Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(2), P. 171-178.
Fitri Amellya, A., & Aryanto, H. (2021). Perancangan Buku Ilustrasi Pengenalan Permainan Dakon Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas 1 SDN Medaeng 2 Sidoarjo. Jurnal Barik, 2(3), 60–72.
Hidayatullah, D. W. (2016). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi KPK Dan FPB Melalui Model Students Teams Achievement Division (STAD) Berbantuan Media Kartu Bilangan Berindeks Di SD Negeri 04 Asemdoyong Pemalang Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), P. 20-24
Marzuki. (2018). Peningkatan Prestasi Belajar KPK Dan FPB Dengan Menggunakan Media Dakon Pada Siswa Kelas IV SD negeri 2 Jangka Kabupaten Bireuen. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), P. 21-25
Rahmat P.S,dkk.(2019). STRATEGI BELAJAR MENGAJAR. Scopindo Media Pustaka.Surabaya
Shadiq, F. (2014). Pembelajaran Matematika Cara Meingkatkan Kemampuan Bepikir Siswa. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Sugiyono . (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Supriyanto, Bambang. (2014).“Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling Dan Luas Lingkarandi SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember”.jurnal Pancaran Pendidikan. 3(2), P. 33-35.
Syah, M. (2017). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. (A. S. Wardan, Ed.; 12th ed.). PT. Remaja Rosdakarya.
Usman, R. (2015). Penggunaan metode parafrase untuk meningkatkan kemampuan menulis parafrase puisi ke prosa terhadap hasil belajar siswa kelas II SMP Al-Ittihat Pekanbaru. Sorot, 10(2), 169-178
Yuliana, N. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. PPs Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13851
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Gregorius Sekundus Baitanu, Damianus Dao Samo, Vera R. Bulu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.