PENERAPAN BUSINESS INTELLIGENCE DENGAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA E-COMMERCE

Authors

  • Indah Cahyati Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Achmad Fauzi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Hasanuddin Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Imam Zuhri Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Hazza Hibatullah Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Niken Dwi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Novia Handayani Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Risma Felisyana Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i6.2904

Keywords:

Business Intelligence, Artificial Intelligence, E-commerce

Abstract

Pada era industri saat ini peningkatan teknologi dan akses internet banyak mengubah pandangan bisnis secara luas dan menciptakan perubahan yang signifikan dalam berbagai aspek, perkembangan teknologi dimanfaatkan untuk memberikan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan manusia dan mempermudah pekerjaan sehari-hari. Kemajuan teknologi yang berkelanjutan yaitu dengan munculnya kecerdasan buatan (AI). Dalam konteks bisnis saat ini telah terjadi digitalisasi industri e-commerce, hal ini menjadi kekuatan utama yang mendorong pertumbuhan ekonomi digital. Teknologi AI dapat memberikan pengalaman yang lebih terarah kepada pelanggan, namun juga dapat menimbulkan dampak negatif jika tidak digunakan dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan literatur review jurnal, yaitu dengan cara mengumpulkan data dan informasi yang bersumber dari jurnal-jurnal nasional dan internasional yang terbit 5 tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan seputar pengambilan keputusan yang dilakukan BI dan AI, peran AI, Data Warehouse dan OLAP dalam menentukan strategi bisnis, pentingnya penggunaan artificial intelligence, dan hubungan BI dengan strategi pemasaran di e-commerce. Penerapan Business Inteligence dengan Artificial Intelligence pada E-Commerce dapat membantu e-commerce dalam menganalisis data yang lebih cepat dan akurat serta BI juga dapat membantu dalam pengembangan strategi bisnis dengan memprediksi tren pasar yang sedang terjadi pada industri e-commerce.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bakhri, Syamsul, Yamin Nuryamin, Pondok Labu, and Jakarta Selatan. 2018. “Rancangan Data Warehouse Untuk Penunjang Sistem Informasi Eksekutif Pada Yayasan’L Quro Di.” Jurnal Teknik Informatika 4(1): 149–55.

Business, Msme et al. 2022. “Strategi Bisnis UMKM Berbasis E-Commerce Pada Online Shop Adiva Shakila.” Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen 8(3): 962–72.

Cay, Sam, and Jeni Irnawati. 2020. “Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus UMKM Di Tangerang Selatan).” Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi 4(2): 160–70.

Chen, Donghua, José Paulo Esperança, and Shaofeng Wang. 2022. “The Impact of Artificial Intelligence on Firm Performance: An Application of the Resource-Based View to e-Commerce Firms.” Frontiers in Psychology 13(April).

Darudiato, Suparto, Sigit Wisnu Santoso, and Setiady Wiguna. 2020. “Business Intelligence: Konsep Dan Metode Keunikan Business Intelligence Kategori Business Intelligence Manfaat Business Intelligence.” (9): 63–67.

Didi Riswan, Heri Eko Rahmadi Putra, and Risfan Nazar Saputra. 2024. “Pengembangan Sistem Rekomendasi Berbasis Kecerdasan Buatan Untuk Meningkatkan Pengalaman Pengguna Di Platform E-Commerce.” Jurnal Komputer Teknologi Informasi dan Sistem Informasi (JUKTISI) 2(3): 572–80.

Faradillah, Safna et al. 2023. “Analisis Perkembangan Artificial Intelligence Dalam Bidang Bisnis : Systematic Literature Review.” Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi 4(2): 298–309.

Fauzi, Achmad, Aditya Aji Nugroho, et al. 2023. “Pemanfaatan Business Intelligence Dalam Pembuatan Strategi Dan Pengambilan Keputusan Bisnis.” Jurnal Portofolio: Jurnal Manajemen dan Bisnis 2(3): 212–18.

Fauzi, Achmad, Dwi Nanda Oktaviani, et al. 2023. “Penerapan Arsitektur Bisnis Intelijen Dalam Sistem Informasi E-Commerce.” Jurnal Manajemen dan Bisnis 2(3): 219–29.

Fauzi, Achmad, Salsabila Putri Setiawan, Nanda Hamidah, and Muhammad Adityn. 2023. “Transformasi Intelijen Bisnis Pasca-Pandemi Covid-19 : Pengaruh Influencer Terhadap Minat Pembeli Di E-Commerce.” JIMT : Jurnal Ilmu Manajemen Terapan 4(5): 708–20.

Fidiyanti, Febby, Asep Rifky Subagja, Rakean Pridharma Wachyu, and Harries Madiistriyatno. 2023. “Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Menggunakan Teknologi Artificial Intelegence.” Journal of Comprehensive Science (JCS) 2(7): 1994–2001.

Hasan Faesal, Muhammad, I Gede Putu Krisna Juliharta, and I Nyoman Yudi Anggara Wijaya. 2023. “Penerapan Business Intelligence Pada Transaksi Penjualan Di E-Commerce.” JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah 8(4): 4415–23. http://jim.unsyiah.ac.id/sejarah/mm.

Kusuma, Pradana Jati, Nanda Adhi Purusa, Diana Aqmala, and Amalia Nur Chasanah. 2023. “Penerapan Articial Intelligence Sebagai Stimulus Niat Beli Konsumen Dalam Pemasaran Media Sosial.” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis 5(4): 521–28.

Lutfiana, Dina;, Amri; Yanuar, and Febriani; Sulistiyaningsih. 2023. “Analisis Kualitas Pelayanan Shopee Dan Tokopedia Menggunakan Metode Gap Analysis Dan Importance Performance Analysis (IPA).” Jurnal Cahaya Mandalika 4(2): 919–29.

Marsella, Marsella et al. 2023. “Analisis Implementasi Artificial Intelligence Untuk Bisnis: Systematic Literature Review.” Device : Journal of Information System, Computer Science and Information Technology 4(2): 133–45.

Meyana, Vilia Eka, and Ika Tresnawati. 2016. “Aplikasi Pengolahan Data Penjualan.” Jurnal Informatika dan Bisnis (1): 20–29. https://jurnal.kwikkiangie.ac.id/index.php/JIB/issue/download/26/54.

Nugraha, Muhamad Fahmi, and Muhamad Furqon. 2021. “Perancangan Data Warehouse Sistem Pendaftaran Mahasiswa Menggunakan Online Analytical Procesing (OLAP) Di Universitas Ma’soem.” INTERNAL (Information System Journal) 4(1): 35–40.

Pakpahan, Roida. 2021. “Analisa Pengaruh Implementasi Artificial.” Journal of Information System, Informatics and Computing 5(2): 506–13.

Pan, Chung Lien et al. 2021. “How Business Intelligence Enables E-Commerce: Breaking the Traditional E-Commerce Mode and Driving the Transformation of Digital Economy.” Proceedings - 2nd International Conference on E-Commerce and Internet Technology, ECIT 2021: 26–30.

Rachmawati, Lathifah Dini, and Firman Noor Hasan. 2023. “Implementasi Business Intelligence Untuk Analisa Dan Visualisasi Data Penyebab Kematian Di Indonesia Menggunakan Platform Tableau.” Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak 5(1): 45.

Ramadhana, Royhan Zaki. 2024. “Analisis Dampak Penerapan Teknologi AI Pada Pengambilan Keputusan Strategis Dalam Sistem Informasi Manajemen.” 2(1): 161–68.

Rashidin, Md.Salamun, Dong Gang, Sara Javed, and Morshadul Hasan. 2022. “The Role of Artificial Intelligence in Sustaining the E-Commerce Ecosystem.” Journal of Global Information Management 30(8): 1–25.

Singgih, R P, and M P Sari. 2023. “Pemanfaatan Artificial Intelligence Dalam Pengembangan E-Commerce.” Prosiding Seminar STIAMI: 35–46. https://ojs.stiami.ac.id/index.php/PS/article/view/3447.

Siregar, Herbert, Wawan Setiawan, and Puspo Dewi Dirgantari. 2020. “Isu Proses Bisnis Berbasis Artificial Intelligence Untuk Menyosong Era Industri 4.0.” Jurnal Bisnis Strategi 29(2): 89–100.

Subroto, Vivi Kumalasari, and Eni Endaryati. 2021. “BUSINESS INTELLIGENCE DAN KESUKSESAN BISNIS Di ERA DIGITAL.” Dinamika: Jurnal Manajemen Sosial Ekonomi 1(2): 41–47.

Suryani, Swastika, and Komsi Koranti. 2022. “Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Keamanan Serta Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Sikap Pengguna E-Commerce.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis 27(2): 183–98.

Susiyanto, Dian, and Naningsih. 2024. “Pengaruh Artifical Intelligence Terhadap Business Dan E-Commerce.” Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi 2(1): 482–86. http://jurnal.kolibi.org/index.php/neraca.

Terenggana, Candra Astra. 2024a. “The Influence of Artificial Intelligence on Customer Experience (Study of Maxim Users in Surabaya, East Java).” Economics Studies and Banking Journal (DEMAND) 1(1): 37–45.

———. 2024b. “The Influence of Artificial Intelligence on Customer Experience (Study of Maxim Users in Surabaya, East Java).” Economics Studies and Banking Journal (DEMAND) 1(1): 37–45.

Wahono, Sri, and Hapzi Ali. 2021. “Peranan Data Warehouse, Software Dan Brainware Terhadap Pengambilan Keputusan (Literature Review Executive Support Sistem for Business).” Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi 3(2): 225–39.

Zhao, Ziyan. 2022. “The Application of AI Marketing in Enterprise Management Analysis.” BCP Business & Management 34: 548–53.

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Cahyati, I., Fauzi, A., Hasanuddin, H., Zuhri, I., Hibatullah, H., Dwi, N., Handayani, N., & Felisyana, R. (2024). PENERAPAN BUSINESS INTELLIGENCE DENGAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA E-COMMERCE. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(6), 2741–2756. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i6.2904