FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS HASIL AUDIT DI LINGKUNGAN PEMERINTAH MAUPUN SWASTA

Authors

  • Fikry arif fadilla Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i6.2887

Keywords:

Independensi, objektivitas, pengalaman kerja, Pengetahuan Ibu, kualitas hasil audit.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi kualitas hasil audit di lingkungan pemerintahan. Kualitas hasil kerja berhubungan dengan seberapa baik sebuah pekerjaan mampu diselesaikan dan kemudian dibandingkan dengan kriteria yang telah ditetapkan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei pada auditor internal pemerintan regional yang telah mengikuti pendidikan dan pelatihan kedudukan fungsional auditor, dengan jenis penelitian kausalitas (sebab akibat). Hasil pengujian mengungkapkan bahwa obyektivitas, pengalaman kerja, pengetahuan dan integritas mempengaruhi kualitas hasil audit secara bersama-sama. Obyektivitas, pengalaman kerja, pengetahuan dan integritas memiliki pengaruh yang signifikan secara `parsial (sendiri-sendiri) terhadap hasil audit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basuki dan Krisna. 2006. Pengaruh Tekanan Anggaran Waktu Terhadap Perilaku Disfungsional Auditor dan Kualitas Audit pada Kantor Akuntan Publik Surabaya. Jurnal MAKSI. Vol. 6, No. 2.

Brown. Clifford D. & K. Raghunandan, 1997. Audit Quality in Audits of Federal Programs by Non-Federal Auditors: A Reply. Accounting Horizon Vol.11 No.1. American Accounting Association.

Christiawan, Yulius Jogi. 2002. Kompetensi dan Independensi Akuntan Publik: Refleksi Hasil Penelitian Empiris. Jurnal Akuntansi & Keuangan Vol.4, No. 2, November, 79 - 92.

DeAngelo,L.E, 1981, Auditor Size and audit quality. Journal of Accounting & Economics

Deis, Donald R. Jr & Gary A.Giroux, 1992. Determinants of Audit Quality in the Public Sector, The Accounting Review, Vol 67, No.3.

Ikatan Akuntan Indonesia. 2001. Standar Profesional Akuntan Publik. Jakarta: Salemba Empat

Jaka Winarna, Havidz Mabruri. 2010. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS HASIL AUDIT DI LINGKUNGAN PEMERINTAH DAERAH. Journal of Rural and Development Volume VI No. 1

Pasal 1 ayat (2) Kode Etik Akuntan Indonesia mengamanatkan: bahwa setiap anggota harus mempertahankan integritas dan objektifitas dalam melaksanakan tugasnya.

Downloads

Published

2024-06-04

How to Cite

fadilla, F. arif. (2024). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS HASIL AUDIT DI LINGKUNGAN PEMERINTAH MAUPUN SWASTA. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(6), 2670–2676. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i6.2887