PENGARUH MATERI PELATIHAN, ETIKA PELAYANAN, DAN KOMPETENSI RELAWAN TERHADAP KINERJA RELAWAN PAJAK TAX CENTER UNIVERSITAS BHAYANGKARA JAKARTA RAYA TAHUN 2022-2023

Authors

  • Oktavilia Kristanti Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Uswatun Khasanah Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Rachmat Pramukty Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i4.2610

Keywords:

Kinerja Relawan Pajak, Materi Pelatihan, Etika Pelayanan, Kompetensi Relawan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara variabel independen Materi Pelatihan, Etika Pelayanan, dan Kompetensi Relawan terhadap variabel dependen Kinerja Relawan Pajak Tax Center Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Tahun 2022-2023. Sampel yang digunakan oleh peneliti dilakukan di Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, dengan membagikan kuesioner kepada relawan pajak yang diukur dengan skala likert dan menghasilkan sebanyak 100 sampel data diolah yang telah memenuhi kriteria. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan software SmartPLS version 3.2.9. Pengujian dilakukan dengan dua tahap, yaitu pengujian outer model dan inner model. Uji outer model dilakukan untuk membuktikan validitas dan reliabilitas seluruh indikator pada masingmasing variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja relawan pajak, etika pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja relawan pajak, dan kompetensi relawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja relawan pajak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi. (2018 : 83). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Yogyakarta: Nusa Media.

Ayu Aprilia, &. P. (2020). Pengaruh Metode Pelatihan, Instruktur Pelatihan, Materi Pelatihan dan Kompetensi Kerja Terhadap Prestasi Kerja Relawan Pajak (Studi Empiris pada Relawan Pajak 2019 Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jakarta Selatan ll). Jurnal Akuntansi dan Keuangan.

Diamond, A. (2019). Professional Ethics for Accountants. California.

Eko Wiji Pamungkas, A. E. (2022). Analisis Pengaruh Profitabilitas, Sales Growth, Firm Size, Leverage dan Capital Intensity Terhadap Penghindaran Pajak. Jurnal Techno-Socio Ekonomika, 15 (1), 61

Hamdan, M. N. (2021). Kajian Kinerja Relawan Pajak Dalam Perspektif Islam Untuk Meningkatkan Kepatuhan Pajak (Studi pada Relawan pajak di kantor pelayanan, penyuluhan dan konsultasi perpajakan (KP2KP) Sungguminasa).

Hasibuan, M. S. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kasmir. (2016 : 182). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori dan Praktik). Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Laraswati, F. (2021). Peranan Etika Relawan Pajak Dalam Melayani kepentingan Wjib Pajak di Tax Center STIE Mahardhika. repository.stiemahardhika.ac.id.

Mangkunegara, A. P. (2013 : 67). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mangkunegara. (2017 : 9). Evaluasi Kinerja. Bandung: PT Refika Aditama.

Meylan Mersilina, B. T. (2019). Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Kompetensi, Penghargaan Terhadap Prestasi kerja Karyawan Pada PT. Bussan Auto Finance Cabang Manado. Jurnal EMBA.

Ni Made Ayu Sri Artini, &. I. (2021). Pengaruh Program Relawan Pajak, Pelatihan Pajak dan Pemahaman Terhadap Minat Mahasiswa Berkarir di Bidang Perpajakan. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi).

Okky Sandy Pranata, E. S. (2018). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kompetensi Dan Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Tetap di PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Malang Divisi Mobile Marketing Syariah). Jurnal Administrasi Bisnis, 61 (3) : 39-47.

Putri, N. A. (2022). Pengaruh Penerapan E-System Perpajakan, Kualitas Pelayanan Pajak, Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pelaku Pekerjaan Bebas. repository uin jakarta.

Reni Widyasari, M. D. (2015). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kemampuan Dan Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT Bank Negara Indonesia Cabang Utama Malang). Jurnal Administrasi Bisnis.

Sedarmayanti. (2013 : 67). Manajemen Sumber Daya Manusia : Reformasi Birokrasi Dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Bandung: PT Refika Aditama.

Wicaksono, G. (2020). Pengaruh Kompetensi dan Pelatihan Terhadap Prestasi Kerja Relawan Pajak Tax Center Universitas Jember. Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen.

Wulandari, A. (2020). Pengaruh Instruktur Pelatihan, Peserta Pelatihan, Materi Pelatihan, metode Pelatihan dan Tujuan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan. https://e-journal.umc.ac.id/index.php/VL/article/view/1010/695.

Zahir, A. M. (2023). Pengaruh Self Assesment System, Metode Pelatihan dan Materi Pelatihan Terhadap Kinerja Relawan Pajak (Studi Empiris Pada Relawan Pajak Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur lll). Etheses of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University.

Downloads

Published

2024-04-05

How to Cite

Kristanti, O., Khasanah, U., & Pramukty, R. (2024). PENGARUH MATERI PELATIHAN, ETIKA PELAYANAN, DAN KOMPETENSI RELAWAN TERHADAP KINERJA RELAWAN PAJAK TAX CENTER UNIVERSITAS BHAYANGKARA JAKARTA RAYA TAHUN 2022-2023. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(4), 2155–2169. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i4.2610