UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SISWA KELAS 11 IPS PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)SMA NEGERI 1 LUBUKLINGGAU TAHUN 2021/2022

Authors

  • Parimin SMA Negeri 1 Lubuklinggau

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v1i2.250

Keywords:

Pembelajaran, Kooperatif, Model STAD, Barisan dan Deret Aritmatika.

Abstract

Pendidikan merupakan proses pembentukan kepribadian manusia yang bertujuan untuk membantu peserta didik agar dapat menumbuhkembangkan potensi–potensi kemanusiaannya. Dalam pendidikan guru berusaha memberikan pembelajaran kepada para siswa untuk lebih aktif mengembangkan potensi yang ada di dalam dirinya.Untuk mencapai tujuan pendidikan guru sebagai motivator dan fasilitator dalam proses belajar mengajar sangat besar peranannya terutama dalam usaha pembelajaran siswa. Berhasil atau tidaknya suatu pembelajaran tidak terlepas dari cara atau metode pengajaran yang diterapkan guru di sekolah. Oleh karena itu, guru dituntut untuk dapat memilih model mengajar yang tepat dan inovatif dalam menyajikan pelajaran. Mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali mereka dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif serta kemampuan bekerja sama. Dalam membelajarkan ilmu pengetahuan sosial kepada siswa, apabila guru masih menggunakan paradigma pembelajaran lama dalam arti komunikasi dalam pembelajaran ilmu pengetahuan social Pembelajaran kooperatif adalah strategi belajar dimana siswa belajar dalam kelompok kecil yang memiliki tingkat kemampuan yang berbeda. Pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses dalam seting pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat mengubah pembelajaran dari teacher center menjadi student centered.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Berbasis Proyek Literatur, dan Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 37– 52.http://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.10736

Arifa, Fierka Nurul (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat, 7(1), 13-18.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revivi. Rineka Cipta.

Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus ( COVID-19 ) Pandemi in Georgia.Modestum,5(4),1–9

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Djohar. (2006). Guru, Pendidikan dan Pembinaannya (Penerapannya dalam Pendidikan dan Undang-Undang Guru). Sinar Grafika.

Zulhartati, Sri. Pembelajaran Kooperatif Model STAD Pada mata pelajaran IPS.

https://www.zenius.net/blog/materi-soal-barisan-deret-aritmatika

https://akupintar.id/info-pintar/-/blogs/barisan-deret-aritmetika-dan-geometri-pengertian-rumus-dan-contoh-soal

Esminarto, E., Sukowati, S., Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi Model Stad dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siwa. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 1(1), 16-23.

Rakhmawan,dedi, Julianto, (2014). Penerapan model kooperatif tipe stad untuk meningkatkan hasil pada sekolah dasar. Vol. 02, no.03.. Hal 3-5.

https://educhannel.id/blog/artikel/model-pembelajaran-kooperatif-tipe-stad.html

https://inspirasibelajar.wordpress.com/2011/03/19/pengertian-proses-belajar-mengajar/

https://id.wikipedia.org/wiki/Matematika

https://www.trigonalmedia.com/2014/11/pengertian-matematika-menurut-para-ahli.html

Downloads

Published

2022-10-17

How to Cite

Parimin, P. (2022). UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SISWA KELAS 11 IPS PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMATIKA DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)SMA NEGERI 1 LUBUKLINGGAU TAHUN 2021/2022. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(2), 470–480. https://doi.org/10.55681/sentri.v1i2.250