MANAJEMEN PENGKAJIAN KECEMASAN PADA PASIEN PRA OPERASI DI BEDAH UMUM

Authors

  • Furri Fuzie Lestari Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran
  • Kosim Fakultas Keperawatan, Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i3.2421

Keywords:

Kecemasan, Manajemen, Pembedahan, Pra Operasi

Abstract

Tindakan operasi dapat menimbulkan kecemasan yang mempengaruhi fisiologis maupun psikologis seseorang. Kecemasan berhubungan dengan prosedur asing yang dijalani pasien dan ancaman terhadap keselamatan jiwa. Kecemasan pasien pra operasi disebabkan oleh berbagai faktor yaitu pengetahuan, dukungan keluarga, jenis operasi dan sikap perawat dalam menerapkan pencegahan kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kecemasan pada pasien pra operasi di Ruang Bedah Umum. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif melibatkan 12 responden di Ruang Bedah Umum dengan pasien pra operasi bersedia menjadi responden. Kriteria eksklusi yaitu pasien pra operasi yang mengalami penurunan kesadaran. Penelitian ini menunjukan hampir seluruhnya mengalami kecemasan pra operasi (83.3%) serta hampir seluruhnya membutuhkan informasi mengenai proses pembedahan (91.7%). Berdasarkan hasil penelitian, masalah manajemen yang ditemukan yaitu belum optimalnya penatalaksanaan intervensi kecemasan pra operasi berhubungan dengan tidak terlaksananya pengkajian dan menurunkan kecemasan pra operasi oleh perawat ruangan di ruang bedah umum. Hal ini memberikan gambaran dan informasi kepada perawat tentang tindakan yang akan dilakukan serta menjadi dasar pemberian terapi pada pasien pra operasi untuk menurunkan kecemasan, pentingnya pemberian informasi untuk pasien yang akan menjalani operasi sehingga diharapkan perawat di ruangan dapat memberikan informasi secara lengkap terkait prosedur operasi sesuai kewenangannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aroododo, A. &. (2017). Peran Manajer dalam Evaluasi POAC Unit Rekam Medis dan Informasi Kesehatan di RSUD Tarakan Jakarta. Inohim, 5(1), 1-5.

Black, J. M. (2014). Keperawatan Medikal Bedah.

Brien. (2014). Keperawatan Kesehatan Jiwa Psikiatrik Teori dan Praktik. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran: EGC.

Dakhi, Y. (2016). Implementasi POAC Terhadap Kegiatan Organisasi dalam Mencapai Tujuan Tertentu. Jurnal Warta.

Elsayed, E. B.-G. (2019). The Effect of Benson's Relaxation Technique on Anxiety, Depression and Sleep Quality of Elderly. International Journal of Nursing Didactics, 9(2), 23-31.

Kurniawan, A. K. (2018). Pengetahuan pasien pre operasi dalam persiapan pembedahan. Jurnal Penelitian Keperawatan, 4(2).

Nainggolon, T. (2011). Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Kecemasan Sosial pada Pengguna Napza: Penelitian di Balai Kasih Sayang Parmadi Siwi. Jurnal Sosiokonsepsi, 16(2), 161-174.

Oktarini, S. &. (2021). FaktorFaktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kecemasan Pasien Fraktur Pre Operasi. Journal of Nursing Sciences, 54-62.

Perdana, A. F. (2016). Uji Validitas Konstruksi Instrumen The Amsterdam Preoperatie Anxiety and Information Scale (APAIS). Maj Anest Dan Crit Care, 279-286.

Rismawan, W. R. (2019). Tingkat Kecemasan Pasien Pre-Operasi Di Rsud Dr.Soekardjo Kota Tasikmalaya. STIKes BTH Tasikmalaya. Retrieved from https://ejurnal.stikesbth.ac.id/inde x.php/P3M_JKBTH/article/viewF ile/451/401

Rizky, P. (2017). Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Leaflet Menurunkan Kecemasan Pada Pasien Pre Anestesi Dengan Teknik Spinal Anestesi Di Rsud Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto. Jurnal Teknologi Kesehatan, 1, 38-44.

Smeltzer, S. B. (2013). MedicalSurgical Nursing Eleventh Edition. Philadelphia: Lippincott Williams & Wilkins.

Sriningsih, N. &. (2022). Pengaruh Terapi Relaksasi Benson terhadap Kecemasan Pasien Pre Operasi di RSUD Kab. Tangerang. Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, 2(3), 50-61.

Stuart, G. W. (2007). Buku Saku Keperawatan Jiwa. Jakarta: EGC.

Usnadi, U. R. (2019). Kecemasan preoperasi pada pasien di unit One Day Surgery (ODS). Jurnal Keperawatan Aisyiyah, 6(1), 75-87.

Downloads

Published

2024-03-03

How to Cite

Lestari, F. F., & Kosim, K. (2024). MANAJEMEN PENGKAJIAN KECEMASAN PADA PASIEN PRA OPERASI DI BEDAH UMUM. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(3), 1409–1418. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i3.2421