PENERAPAN PELAYANAN PRIMA PADA MAL PELAYANAN PUBLIK KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
Keywords:
Pelayanan Prima, MPPAbstract
Penelitian ini terkait tentang Penerapan Pelayanan Prima Pada Mal Pelayanan Publik Kabupaten Hulu Sungai Utara. Penelitian pada Mal Pelayanan Publik atau yang sering disebut dengan MPP ini adalah merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan suatu pelayanan untuk kualitas dan merupakan layanan terpadu yang diberikan kepada masyarakat khususnya kabupaten Hulu Sungai Utara serta tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisa kualitas Penerapan Pelayanan Prima Pada Mal Pelayanan Publik Kabupaten Hulu Sungai Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang mana menjelaskan terkait bagaimana penerapan pelayanan prima pada mal pelayanan publik. Dari hasil pembahasan didapatkan melihat dari hasil analisis yang didapatkan terkait penerapan pelayanan prima pada mal pelayanan publik Kabupaten Hulu Sungai Utara sudah cukup baik, hal ini berdasarkan teori yang digunakan oleh peneliti menggunakan (Sinambela dkk, 2006:6): Transparan, Akuntabilitas, Kondisional, Partisipatif, Kesamaan hak, Keseimbangan hak dan kewajiban dari semua sub variabel tersebut hampir semua sudah baik dalam penerapan pelayanan yang diberikan. Salah satu kendala atau masalah terhadap fungsi yang dijalankan Mal Pelayanan Publik Kabupaten Hulu Sungai Utara yaitu faktor masyarakat masih kurang disosialisasikan tentang pelayanan publik di mal pelayanan publik, Fasilitas yang Kurang Lengkap, Sumber Daya Masyarakat (SDM)
Downloads
References
Lembaga Administrasi Negara, 2014
Mahmudi, (2005). Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta : UPP AMP YKPN.
Manurung, Hendarso. 2005.Metode Penelitian. Jakarta; Dikta
Fitriyani,Aan.2015.Makalah Pelayanan Prima. (online).Tersedia:http://aannfitriyani.blogspot.co.id/2015/01/makalah-pelayanan-prima.html
Harbani Pasolong.2011. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta CV
Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator Serta Implementasinya, Yogyakarta: Gava Media
Hutasoit, CS. 2000. Pelayanan Publik Teori Dan Aplikasi, Jakarta: Magnascript
Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya, Bandung: Cv Mandar Maju
Ibrahim, Amin. 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya.
Bandung: Mandar Maju.
Sedarmayanti.2009. Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan Kepemimpinan Masa Depan, Bandung: PT. Refika Aditama
Moloeng, lexy J.2004. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D, Bandung: Alfabeta CV
Syafiie, Inu Kencana.2003. Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia (SANRI), Jakarta: PT Bumi Aksara
Kumano, Y. 2001. Authentic Assessment and Portofolio Assessment-Its Theory and Practice. Japan: Shizuoka University.
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 38 Tahun 2012 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Pelayanan Publik Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 35 Tahun 2012 Tentang Pedoman Penyusunan SOP Administrasi Pemerintahan
Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 63 Tahun 2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik
Undang-Undang Republik Indonesia Nomer 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Gusti Muhammad Hidayatullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.