PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS TEKS BERITA
Keywords:
Metode “ Demonstrasi”, Menulis Berita, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini untuk mengetahui cara menerapkan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar menulis teks berita. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Di SMPK Santa Maria Maumere pada kelas VIII dengan subjek penelitian sebanyak 19 siswa. Tes kinerja, observasi, dan dokumentasi digunakan untuk menyimpulkan data. PTK ini dilaksanakan dua siklus dimana setiap seklis terdiri atas empat tahap yaitu : (1) perencanaan tindakan, (2) observasi, (3) refleksi, dan (4) tindak lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatanprestasi hasil belajar siswa meningkat dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu meliputi (1) kesesuaian judul, (2) kelengkapan unsur-unsur pembentuk teks berita, (3) struktur penulisan teks berita, (4) keefektifan kalimat, (5) penggunaan ejaan tanda baca. Siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM ≥75) sebanyak 4 siswa dengan presentase 21,05% dan siswa yang mencapai nilai di bawa KKM sebanyak 15 siswa dengan presentase 78,95%. Pada siklus kedua terjadi peningkatan menjadi sebanyak 16 siswa atau 84,21% sedangkan siswa yang mencapai nilai di bawa KKM sebanyak 3 engan presentase 15,78 %. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar menulis berita pada siswa kelas VIII SMPK Santa Maria Maumere.
Downloads
References
Andani, S. T., & Anggraini, D. (2023). Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas Viii SMP. PUSTAKA: Jurnal Bahasa dan Pendidikan, 3(2), 48-58.
Hidayat, A. (2011). Pembelajaran Menulis Teks Berita. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 16(3), 282-293.
Iis, M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Berbasis Etnosains Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Melatih Literasi Sains Siswa Smp (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).
Kundharu, S., & St Y, S. (2014). pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Saputri, D. A., & Febriani, S. (2017). Pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada mata pelajaran biologi materi pencemaran lingkungan kelas X MIA SMA N 6 Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 8 (1), 40-52.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.