PENGARUH SALES GROWTH, PROFITABILITAS, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR CONSUMER NON-CYCLICALS

Authors

  • Brigita Maharani Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • David Pangaribuan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Triana Yuniati Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i2.2331

Keywords:

Nilai Perusahaan, Sales Growth, Profitabilitas, Kebijakan Dividen

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh sales growth, profitabilitas dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan jenis dan sumber data yaitu data sekunder yang berupa laporan keuangan tahunan (financial statement) perusahaan. Populasi dan sampel penelitian ini adalah perusahaan sektor consumer non cyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling sehingga didapatkan sebanyak 330 sampel data penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sales growth berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan dan kebijakan dividen berpengaruh negatif terhadap nilai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Artofkh, R. A., Nurbaiti, B., & Sari, P. N. (2023). Pengaruh Struktur Modal Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Sektor Food and Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(8), 892–905. https://doi.org/10.55681/armada.v1i8.774

Brigham, E., & Houston. (2017). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Salemba Empa

Dolontelide, C. M., & Wangkar, A. (2019). Pengaruh Sales Growth dan Firm Size terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3), 3039–3048.

Fajriah, A. L., Idris, A., & Nadhiroh, U. (2022). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Pertumbuhan Perusahaan, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.38043/jimb.v7i1.3218

Hidayat, W. W., Yuniati, T., Prasetyo, E. T., & Husadha, C. (2021). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Leverage dan CSR terhadap Nilai Perusahaan, Studi Kasus Perusahaan Jasa di Indonesia. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 3(1), 214. https://doi.org/10.31599/jmu.v3i1.893

Intan, K. (2021). Sektor Consumer Non-Cyclicals Tertekan Sejak Awal Tahun Ini Pemberatnya. www.kontan.co.id

Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Cetakan ke-7. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.

Kusmiyati, & Machdar, N. M. (2023). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kualitas Audit, Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Manajemen Laba Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Manajemen Dan Ekonomi (Jrime), 1(1), 01–16. https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v1i1.77

Ovami, D. C., & Nasution, A. A. (2020). Pengaruh Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan yang Terdaftar dalam Indeks LQ 45. Owner (Riset Dan Jurnal Akuntansi), 4(2), 331. https://doi.org/10.33395/owner.v4i2.247

Paat, S. K., Pelleng, F. A. O., & Walangitan, O. (2021). Pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan yang Terdaftar di Sub Sektor Makanan dan Minuman pada Bursa Efek Indonesia 2016-2018. E-Jurnal UNSRAT, 2(3), 234–239.

Prasetyandari, C. (2021). Hubungan Sales Growth dan Nilai Perusahaan. 7(1), 1–11.

Prasetyo, E., & Triana Yuniati. (2020). Analisis Rasio Profitabilitas Untuk Menentukan Investasi Saham Pada Pt Unilever, Tbk Pada Tahun Periode 2010-2018. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Manajemen, 16(2), 67–75. https://doi.org/10.31599/jiam.v16i2.404

Rahma, A. I. El, & yahya. (2021). Pengaruh Leverage Pertumbuhan Penjualan Dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Food and Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 10(4), 1–20.

Raihan. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. In Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Vol. 59, Issue April).

Ramadanti, A. D., & Rahayu, Y. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal dan Persistensi Laba terhadap Earnings Response Coefficient (Studi Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 8(3), 1–17.

Rosalia, J., Utami, W. B., & Pratiwi, D. N. (2022). Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Kebijakan Deviden, Sales Growth, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 22(2), 988–995.

Savitri, D. A. M., Kurniasari, D., & Mbiliyora, A. (2021). Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2019). Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 21(02), 500–507. https://doi.org/10.29040/jap.v21i02.1825

Septrina, T., Kuntadi, C., & Pramukty, R. (2023). Strategi Industri Hijau, Pengungkapan Laporan Keberlanjutan dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Nilai Perusahaan Sektor Pertambangan. Jurnal Sosial Dan Sains, 3(4), 425–431. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains.v3i4.736

Sihombing, R. S., & Indriaty, L. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI 2013-2019. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 1(8.5.2017), 2003–2005.

Suzan, L., & Shafira, N. R. (2022). Pengaruh Board Diversity, Kinerja Keuangan, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan. Journal of Management & Business, 5(1), 461–468. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.2110

Syahputra, D. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage Resiko Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen, Ekonomi, Keuangan Dan Akuntansi, 1(2), 99–102. http://ejurnal.poltekkutaraja.ac.id/index.php/meka

Utami, D.N. (2020, April), Kinerja IHSG Kuartal I/2020 : Sektor Barang Konsumsi Pimpin Kinerja Sektoral. Bisnis.com

Wijaya, I. G. N. S. (2019). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan Terhadap Nilai Perusahan dengan Struktur Modal Sebagai Variabel Intervening. Proceedings of the Institution of Mechanical Engineers, Part J: Journal of Engineering Tribology, 224(11), 122–130.

Yasin, M., Rimawan, M., & Huda, N. (2022). Pengaruh Sales Growth Dan Firm Size Terhadap Nilai Perusahaan Pada Pt Mayora Indah Tbk. Journal Transformation of Mandalika, 3(2), 5–18.

Zidane, R., & Suwarti, T. (2022). Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunity, Capital Structure dan Size Terhadap Nilai Perusahaan Real Estate dan Property yang Terdaftar di BEI Tahun 2018-2021. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa) Akuntansi), 13(03), 1013–1023.

Downloads

Published

2024-02-05

How to Cite

Maharani, B., Pangaribuan, D., & Yuniati, T. (2024). PENGARUH SALES GROWTH, PROFITABILITAS, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SEKTOR CONSUMER NON-CYCLICALS. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(2), 828–842. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i2.2331