PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Maya Puspita Timur Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Para Mitta Purbosari Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Dwi Anggraeni Siswi Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i2.2299

Keywords:

Media Audio Visual, Pendidikan Karakter, Metode Pembelajaran Sekolah Dasar

Abstract

MAYA PUSPITA TIMUR. NIM 1952000022 Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Pembimbing: Para Mitta Purbosari, M.Pd, dan Dwi Anggraeni Siwi, M.Pd. Skripsi. Sukoharjo: Progam Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo. 2024.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh atau peran media audio visual sebagai media pembelajaran dalam terbentuknya karakter serta sebagai diskripsi efektifitas media ajar tersebut sebagai media pembelajaran.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dimana penelitian bersifat teratur, terorganisir serta hasil dari penelitian metode kuantitatif diungkapkan dalam bentuk bilangan yang dapat diamati dari pengumpulan informasi hingga hasil akhir dari informasi yang telah didapatkan. SD Negeri Pandean 02 dan MIM Karangwuni sebagai subjek penelitian dan metode ajar dengan media audio visual apakah berpengaruh terhadap pembentukan karakter siswa Sekolah Dasar, hal ini yang menjadi pokok persoalan yang akan diamati dan diteliti. Penelitian ini menggunakan teknik eksperimen. Dimana variabel satu dan variabel lainya dijelaskan penyebab secara rinci dengan melakukan pengendalian dan pengukuran dengan cermat terhadap variabel – variabel tersebut. Intrumen pengumpulan data pada penelitian ini meliputi kuisioner, observasi, wawancara dan dokumentasi, serta dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis untuk pengambilan keputusan

Hasil penelitian ini, metode pebelajaran media audio visual berpengaruh terhadap pembentukan karakter. Uji hipotesis sebagai metode pengambilan keputusan secara matematis menunjukan nilai t-hitung 6,721 nilai ini lebih besar dari t-tabel 1,685954, dan hasil nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai signifikansi table 0,05. Dapat diambil keputusn dari hasil perhitungan Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu penggunaan metode pembelajaran dengan media audio visual efektif berpengaruh pada pembentukan karakter siswa Sekolah Dasar.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anam, R. S. (2017). Instrumen Penelitian yang Valid dan Reliabel. Edukasi Sebelas April, 1.

Baginda, F. A., & Hidayat, M. (2021). Pengembangan Media Audio Visual. PENDAS: Pendidikan Dasar, 3, 31.

Bana, M., Bahtiar, R. S., & Nuryasana, E. (2023). Media Dongeng Berbasis Audio Visual Dalam Peningkatan Karakter Disiplin Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Inovasi Penelitian, 3, 7516. Retrieved Juni 2, 2023, from https://stp-mataram.ejournal.id/JIP/article/download/2438/1922

Damayanti. (2021). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 33 Lebong. CV. Tatakara Grafika. Retrieved Mei 26, 2023, from https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0,5&q=Damayanti.+2021.+Penggunaan+Media+Audio+Visual+Untuk+Meningkatkan+Hasil+Belajar+Akidah+Akhlak+Pada+Peserta+Didik+Kelas+IV+DN+33+Lebong.+Sumatra+Utara:+CV.+Tatakata+Grafika

Dimyanti, J. (2013). Metedologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasi Pada pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kencana, 53.

Fadillah, M. (2014). Desain Pembelajaran PAUD. ARRuzz Media, 212.

Furqon, H. M. (2010). Pendidikan Karakter Membangun Peradapan Bangsa. Yuma Perkasa. Retrieved Juni 6, 2023, from https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=hidayatullah+m+furqon+2010+me

hasan, H. (2016). Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Ketuntasan Belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi, Produksi, Komunikasi, dan Transportasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 20 Banda Aceh. Pesona Dasar, 26. Retrieved Juni 5, 2023

Hasanudin, C. (2017). Media Pembelajaran: Kajian Teoritis dan kemanfaatan. Deepublish. Retrieved Mei 25, 2023, from https://scholar.google.co.id/scholar?cluster=301905478400551173&hl=id&as_sdt=2005&sciodt=0,5#d=gs_qabs&t=1693916891993&u=%23p%3DBSnP226VMAQJ

Hidayah, A. N., & Nurhadijah. (2018). Aktivitas Mendongeng Menggunakan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Moral. Smart PAUD, 79.

Khaatimah, H., & Wibawa, R. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Hasil Belajar. Teknologi Pendidikan. Retrieved from https://www.neliti.com/id/publications/274210/efektivitas-model pembelajarancooperative-integrated-reading-and-composition-te

Khasana, A. M., Utami, I., & Devianti, E. (2020). Analisis Pembentukan Karakter Siswa Di SDN Tangerang 15. Foundation:Jurnal Pendidikan Dasar, 158-190. doi:https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia/article/download/466/448

Komariah, M. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Nilai Kejujuran Anak Usia 5-6 Tahun di Ra Muttaqin Delitua Kabupaten Serdang. Sumatra Utara: repository.uinsu.ac.id. Retrieved Mei 21, 2023, from http://repository.uinsu.ac.id/11481/1/1619507523729_SKRIPSI%20MONCOT%20KOMARIAH-dikonversi-dikonversi.pdf

Kusuma, D. (2011). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik Di Sekolah. Rosda Karya.

Lestari, I. S. (2018). Pengaruh Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran PKN Terhadap Perilaku Siswa Kelas XI Akuntansi SMK PGRI 1 Banyuwangi Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 18-23. Retrieved Mei 28, 2023, from https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/jppkn/article/download/662/426

Magdalena, I., Shodikoh, A. F., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., & Susilawati, I. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. Edukasi dan Sains Volume 3, Nomer 2, 314-317. Retrieved Mei 20, 2023, from https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0,5&q=ina+magdalena+2021#d=gs_qabs&t=1693900983626&u=%23p%3DMPmzalnQNAUJ

Mahendra, Y. (2019). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. STKIP Muhammadiyah Kotabumi, 257-259. Retrieved Mei 27, 2023, from http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/ppdn/article/viewFile/1440/671

Mahtor, I. (2017). Problem Pembinaan Pendidikan Agama Islam Pada Masyarakat. Uwais Inspirasi Indonesia, 5.

Maknunah, L. U., & Nurlaili, K. r. (2019). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Geti Kuda Terbang (Studi Kasus di UD> Bu Sulasmi, Kademangan. Translitera , 38.

Megawati, R. (2010). Pengembangan Program Pendidikan Karakter Di Sekolah: Pengalaman Sekolah Karakter. Indonesia Heritage Foundation. Retrieved Juni 5, 2023, from http://repository.ut.ac.id/2486/1/fkip201002.pdf

Mukhtar latif, d. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Aplikasi. Kencana, 152-154. Retrieved Juni 2, 2023, from http://senayan.iainpalangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=9470&keywords=

Munadi, Y. (2008). Media Pembelajaran. Gaung Persada, 113-114. Retrieved Juni 2, 2023

Musfiqan. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Prestasi Pustaka Karya, 32.

Mutmainnah. (2013). Pemanfaatan Video Clip Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Pendidikan Anak, 378-379.

Najmi Hayati, M. Y. (2017). Hubugan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Al-Hikmah. Retrieved Juni 2, 2023, from https://doi.org/10.25299/al hikmah:jaip.2017.vol14(2).1027

Nawawi, A. (2010). Pentingnya Pendidikan Nilai Bagi Generasi Penerus. Universitas Indonesia Bandung, 2-4.

Nurani, F, N., & Sidik. (2018). Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Menyimak Dongeng Di Era Digital. EduHarmoni, 10, 78. Retrieved Juni 2, 2023

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajara untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, Volum 03, Nomor 01, 172-174. Retrieved Mei 21, 2023, from https://pdfs.semanticscholar.org/9642/924d69e47d2aaaa01c9884a402c34a7bf13f.pdf

Pratama, S. A. (2021). Pengaruh Penerapan...,. 44.

Purnomo, J. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri. Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 27-44.

Rahayu, S. L. (2018). Educational Games as A Learning Media of Character Education by Using Multimedia Developmen Life Cycle (MDLC). IEEE Conference Publishing, 1-2. Retrieved Mei 26, 2023, from https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Educational+Games+as+A+learning+media+of+Character++Education+by+Using+Multimedia+Development+Life++Cycle+%28MDLC%29&btnG=#d=gs_qabs&t=1693918953598&u=%23p%3DjwHhO5slvJUJ

Rezeki, A. (2017). Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Gerak Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange (RTE) Pada Siswa kelas XI SMAN $ Bantimurung. Dinamika, 14. Retrieved Juli 10, 2023, from https://journal.uncp.ac.id/index.php/dinamika/article/view/650/558

Samani, & Heriyanto. (2012). Pendidikan Karakter Pada Anak. Pustaka Pelajar, 14.

Setyawan, H. (2020). Pemanfaatan Media Audio Visual dan Media Gambar Pada Siswa Kelas V. Prakasa paedagogia, 201-202. Retrieved Mei 27, 2023, from https://jurnal.umk.ac.id/index.php/JKP/article/download/5874/2505

Sinta, L., Malaikosa, Y. M., & Supriyanto, D. H. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan karakter Pada Siswa Kelas Rendah Di Sekolah Dasar. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Siyoto, S. A. (2015). Dasar Metodelogi Penelitian. Literasi Media Publishing. Retrieved Juli 8, 2023, from https://www.google.com/books?hl=id&lr=&id=QPhFDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR3&dq=Siyoto,+S

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, 118.

Sugiyono. (2018). Metode Peneitian Kuantitatif Kualitatif. Alfabeta.

Sundayana. (2015). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Alfabete. Retrieved Mei 26, 2023, from https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Sundayana%2C+Rotina.+2015.+Media+dan+Alat+peraga+dalam+Pembelajaran++Matematika.+Bandung%3A+Alfabeta.&btnG=#d=gs_qabs&t=1693917277973&u=%23p%3DdCb8ajtNLzgJ

Sutinah. (2018). Apakah Media Audio Visual dapat Meningkatkan Kemampuan Menyimak? Riset dan Konseptual, 287.

Wardani, S., & Permatasari, R. I. (2022). Pengaruh Pengembangan Karir dan Disiplin kerja Terhadap prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil (PNS)Staf Umum Bagian Perundangan Penerbangan Darat (Penerbad) di Tanggerang. Ilmiah M-Progress, 23.

Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Kota Pena. Retrieved Mei 26, 2023

Yusuf, Y., & Nugroho, N. B. (2020). Pengunaan E-Modul Sebagai Bahan Ajar pada Proses Pembelajaran Dalam Kondisi Covid 19. Media Pembelajaran, 1-2. Retrieved Mei 25, 2023, from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=rB4FEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=info:sC2uZS-kkJkJ:scholar.google.com/&ots=pmvxB2eyG_&sig=SDi2tS1YKfHFuaqUpI30Q1jbh0c&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Zahro, A., & Hasanudin, C. (2022). Strategi Membuat Media Pembelajaran Inovatif Pada Era Society 5.0. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia, 196.

Downloads

Published

2024-02-03

How to Cite

Timur, M. P., Purbosari, P. M., & Siswi, D. A. (2024). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(2), 586–610. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i2.2299