PERAN LEMBAR CATATAN PERKEMBANGAN PASIEN TERINTEGRASI (CPPT) DALAM MENINGKATKAN KOMUNIKASI EFEKTIF PADA PELAKSANAAN KOLABORASI INTERPROFESIONAL DI RUMAH SAKIT

Authors

  • Dina Laura Korwa IIK Strada Indonesia
  • Bergitha Ita Rumere Poltekkes Kemenkes Jayapura

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i2.2209

Keywords:

Komunikasi Efektif Rekam Medis, Kolaborasi Interprofesional

Abstract

Dalam memudahkan proses komunikasi untuk memantau riwayat kesehatan pasien, tiap tenaga profesional pemberi asuhan diharuskan agar membuat rekam medis. Riset ini memakai desain Literature Review dengan Framework PICO. Komunikasi yang efektif diantara para tenaga profesional kesehatan ialah kunci utama dalam penerapan kerja sama interprofesional sehingga rumah sakit harus mempunyai pemecahan masalah supaya komunikasi tidak terputus di salah satu pihakPencarian postingan memakai database Google scholar, dengan memakai kata kunci semacam rekam medis, kerja sama interprofesi, komunikasi efeketif dan kata kunci dengan persamaan kata(sinonim) dari kata kunci utama. Kriteria inklusi ialah postingan yang berkaitan dengan kedudukan rekam medis pada penerapan kerja sama interprofesional, tata cara yang digunakan dalam tingkatkan komunikasi yang efektif dan efisien pada penerapan kerja sama interprofesional, aspek yang pengaruhi komunikasi pada penerapan kerja sama interprofesional, postingan berbahasa indonesia serta bahasa inggris yang terpublikasi pada tahun 2018- 2022. Ada pula kriteria eksklusi ialah kriteria yang tidak mau dinaikan antara lain tinjauan komunikasi verbal langsung antar profesi, tinjauan kesiapan interprofessional dalam bekerjasama. Hasil riset ditemui Rekam medis selaku media komunikasi efisien yang bisa mengintegrasikan ataupun menyatukan informasi pelayanan kesehatan penderita secara komprehensif selaku sumber data untuk profesional pemberi asuhan sehingga bisa mempermudah dalam pengambilan keputusan serta aksi yang dicoba selanjutnya terhadap setiap pasien. Simpulan dari  riset ini merupakan lembar  dari rekam medis yang menggambarkan kerja sama antara para profesional kesehatan ialah pada lembar catatan perkembangan pasien terintegrasi ataupun CPPT.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Depkes RI. Permenkes No. 1691/Menkes/Per/VIII/2011 Tentang Keselamatan Pasien Rumah Sakit.

Depkes RI. Permenkes No. 269/Menkes/Per/III/2008 Tentang Rekam Medis. 2008.

Gunarti R. Manajemen Rekam Medis di Layanan Kesehatan. 1st ed. Yogyakarta: Thema Publishing; 2019.

Instrumen SNARS edisi 1 2017.

Kamil H, Rachmah R, Wardani E, Björvell C. How to optimize integrated patient progress notes: A multidisciplinary focus group study in Indonesia. J Multidiscip Healthc 2020;13:1–8.

Kusumaningrum PR, Dharmana E, Sulisno M. The Implementation Of Integrated Patient Progress Notes In Interprofessional Collaborative Practice. J Ners dan Kebidanan Indones 2019;6(1):32.

Lestari Y, Saleh A, Syahrir AP. Hubungan Interprofesional Kolaborasi Dengan Pelaksanaan Catatan Perkembangan Terintegrasi Di Rsud Prof.Dr.H.M.Anwar Makkatutu Kabupaten Bantaeng. Jst Kesehat 2017;7(No.1):85–90.

Menkes RI. Kepmenkes RI No. 129/Menkes/SK/II/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal. 2008.

Nurmalasari Y, Aryanti W. Analisis Faktor Ketenagaan Yang Berhubungan Dengan Kelengkapan Pengisian Rekam Medis Pada Pasien Rawat Inap Di RS Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung Tahun 2018. J Ilmu Kedokt dan Kesehat 2017;4:271–7.

R.Hatta G. Pedoman Manajemen Informasi Kesehatan di Sarana Pelayanan Kesehatan. 3rd ed. Jakarta: UI Press; 2008.

Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit ed.1. 2017;

Swari SJ, Alfiansyah G, Wijayanti RA, Kurniawati RD. Analisis Kelengkapan Pengisian Berkas Rekam Medis Pasien Rawat Inap RSUP Dr. Kariadi Semarang. Arter J Ilmu Kesehat 2019;1(1):50–6.

World Health Organization. Better knowledge for safer care: human factors in patient safety. 2009.

Downloads

Published

2024-02-03

How to Cite

Korwa, D. L., & Rumere, B. I. (2024). PERAN LEMBAR CATATAN PERKEMBANGAN PASIEN TERINTEGRASI (CPPT) DALAM MENINGKATKAN KOMUNIKASI EFEKTIF PADA PELAKSANAAN KOLABORASI INTERPROFESIONAL DI RUMAH SAKIT . SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(2), 544–553. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i2.2209