PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENDUKUNG STUDENTS GEOMETRIC THINKING SKILLS
Keywords:
Media Pembelajaran Interaktif, Geogebra, Students Geometric Thinking SkillsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk media pembelajaran interaktif berbantuan Geogebra pada materi bangun ruang sisi datar dan untuk mengetahui respon siswa untuk mendukung students geometric thinking skills. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD) dengan model ADDIE. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kramatwatu dengan uji coba skala terbatas sebanyak 5 siswa, sedangkan uji coba lapangan sebanyak 26 siswa. Berdasarkan hasil data penelitian diperoleh, dapat disimpulkan media pembelajaran interaktif berbantuan Geogebra dengan tingkat kelayakan 95,83% dari ahli media dengan kategori “Sangat Layak”, tingkat kelayakan 86,54% dari ahli matematika dengan kategori “Sangat Layak” dan tingkat kelayakan 77,08% dari ahli pendidikan matematika dengan kategori “Layak”. Respon siswa pada uji skala terbatas sebesar 84% dengan kategori “Sangat Baik” dan pada uji lapangan sebesar 79% dengan kategori “Baik”.
Downloads
References
Abdussakir. (2009). Pembelajaran Geometri Sesuai Teori Van Hiel. Madrasah, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Vol. 11.
Asdarina, Orin, & Ridha Masriyah. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Setara Pisa Konten Geometri. Jurnal Numeracy, Vol. 7(2).
Asryana, dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Spasial Siswa. Jurnal Media Pendidikan Matematika, Vol. 5(2), pp. 107-114.
Fajri, Elies Dwi Rahmaniah. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Online Menggunakan Google Classroom Berbantuan Software GeoGebra Pada Materi Fungsi Kuadrat. Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jember.
Hasan, Muhammad., dkk. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Group.
Jabar, Abdul, & Noor, Fahriza. (2015). Identifikasi Tingkat Berpikir Geometri Siswa SMP Berdasarkan Teori Van Hiele. Jurnal JPM IAIN Antasari.
Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: UMSIDA Press.
Nurhidayah, Viva Lili. (2017). Perkembangan Kemampuan Berpikir Geometri Peserta Didik Berdasarkan Teori Van Hiele Pada Materi Segiempat Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Priatna, Nanang. & Arsani, Muhammad. (2019). Media Pembelajaran Matematika Dengan Geogebra. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sofyana, Aisia Ulfa, dkk. (2020). Profil Keterampilan Geometri Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Level Perkembangan Berfikir Van Hiel. MATHEdunesa, Vol. 2(1).
Supriadi, Rosyid. (2012). Media Pembelajaran Interaktif Perangkat Lunak Pengolah Angka Untuk Kelas XI SMA Negeri 2 Wates. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Syamsul, Hadi & Novaliyosi. (2019). TIMSS Indonesia (Trends In International Mathematics and Science Study). Jurnal Universsitas Siliwangi Proding Seminar Nasional & Call For Papers, pp. 562-569.
Tohir, Mohammad. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Disertasi Situbondo : Universitas Ibrahimy, Situbondo.
Walid, M. Ismail. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif erbasis Geogebra dengan Model Pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) pada Materi Geometri Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 3 Takalar. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Wulandari, Eka. (2018). P Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis E-Book Pada Materi Sistem Pencernaan Untuk SMP Kelas VIII. Doctoral dissertation. UIN Raden Intan Lampung.