PERUBAHAN PENGETAHUAN DAN SIKAP SETELAH EDUKASI DENGAN MEDIA FLIPCHART SERTA DEMONSTRASI DAN TINDAKAN PENCEGAHANKARIES EMAIL DENGAN FISSURE SEALANT

Authors

  • Nike Haryani Poltekkes Kemenkes Pontianak
  • Damhuji Poltekkes Kemenkes Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i1.2051

Keywords:

Pengetahuan, Sikap, demonstrasi, fissure sealant

Abstract

Pemberian edukasi merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi kebutuhan manusia agar tujuan dari proses belajar atau pendidikan dapat tercapai secara maksimal. fissure sealant adalah suatu tindakan pencegahan karies pada gigi yang secara anatomis mempunyai pit dan fisur yang dalam sehingga lebih mudah terserang karies. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perubahan pengetahuan dan sikap setelah edukasi dengan media Flipchart serta demonstrasi dan tindakan pencegahan karies email dengan fissure sealant. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini siswa sekolah dasar negeri 05 pontianak. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat diambil beberapa kesimpulan yaitu pengetahuan dan sikap siswa sebelum edukasi dan demonstrasi dan tindakan pecegahan karies email dengan fissure sealant berada pada kategori kurang dan pengetahuan dan sikap siswa setelah edukasi dan demonstrasi dan tindakan pecegahan karies email dengan fissure sealant berada pada kategori baik

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Haryani. “‘Hubungan Antara Konsumsi Karbohidrat Dengan Tingkat Keparahan Karies Gigi Pada Anak Usia Prasekolah Di Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta.” Berita Kedokteran Masyarakat. Yogyakarta, 2002

Fankari. “Pengaruh Penyuluhan Dengan Metode Stimulasi Dan Demonstrasi Terhadap Perubahan Perilaku Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut Anak Sekolah Dasar.” Universitas Gadjah Mada, 2004.

Kawuryan, Uji. “Hubungan Pengetahuan Tentang Kesehatan Gigi Dan Mulut Dengan Kejadian Karies Gigi Anak SDN Kleco II Kelas V Dan VI Kecamatan Laweyan Surakarta.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2008.

Lalela, Dewi Sodja, Sri Mulyanti, and Hera Nuraningsih. “Efektivitas Sari Buah Mulberry (Morus Alba L) Pada Plak Gigi Sebagai Bahan Alternatif Pengganti Disclosing Solution.” Poltekkes Depkes Bandung 13, no. 1 (2021).

Notoadmojo, Soekidjo. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta, 2010

Gede, Y.l. “Hubungan Pengetahuan Kebersihan Gigi Dan Mulut Dengan Status Kebersihan Gigi Dan Mulut Pada Siswa SMA Negeri 9 Manado.” Jurnal e-Gigi (Eg) 1 (2013).

Putri, Megananda Hiranya. Ilmu Pencegahan Penyakit Jaringan Keras Dan Jaringan Pendukung Gigi. Jakarta: EGC, 2011.

Senjaya, Asep Arifin, Ni Made Sirat, Ni Ketut Ratmini, and Ida Ayu Novita Pranata Sari. “Hubungan Rasa Takut Anak Terhadap Perawatan Gigi Dengan Umur Dan Jenis Kelamin Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 3 Padang Sambian Kelod.” Jurnal Kesehatan Gigi 8 (2021).

Sadiman, Arief S, R. Raharjo, Anung Haryono, and Harjito. Media Pendidikan, Pengertian,Pengembangan, Dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press, 2009.

Nuraini, Nita. “Perlekatan Streptoccus Mutans Pada applikasiFissure Sealant Berbahan Redi Dibandingkan Denggan Ionomer Kaca Fuji.” Jurnal Terapan Abdimas 4, no. 1 (2019).

Notoadmojo, Soekidjo. Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.

Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 1995.

Downloads

Published

2024-01-10

How to Cite

Haryani, N., & Damhuji, D. (2024). PERUBAHAN PENGETAHUAN DAN SIKAP SETELAH EDUKASI DENGAN MEDIA FLIPCHART SERTA DEMONSTRASI DAN TINDAKAN PENCEGAHANKARIES EMAIL DENGAN FISSURE SEALANT. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(1), 195–204. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i1.2051