PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN ANGKATAN KERJA TERHADAP PENGANGGURAN JAWA TIMUR TAHUN 2021

Authors

  • Risma Hamim UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Sonia Nandana Citra UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Harvinna Ayu Igama UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Bibin Imam Kalyubi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i12.1941

Keywords:

Pendidikan, Angkatan Kerja, Pengangguran

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi dampak tingkat pendidikan dan keikutsertaan angkatan kerja terhadap tingkat pengangguran di Jawa Timur pada tahun 2022. Dengan menggunakan pendekatan data panel dan model Fixed Effects Model (FEM), penelitian ini memberikan wawasan mendalam terkait dinamika ekonomi dan sosial di wilayah tersebut. Uji Chow dan Hausman memperkuat kesesuaian model FEM dibandingkan dengan model Cross-Sectional Effects Model (CEM) dan Random Effects Model (REM). Pengecekan normalitas memastikan keabsahan data yang digunakan dalam analisis regresi. Hasil regresi data panel FEM menunjukkan bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap tingkat pengangguran di Jawa Timur. Sebaliknya, Tingkat Pendidikan Akhir Kependudukan (TPAK) tidak memiliki signifikansi pada tingkat kepercayaan
95%. Uji t menunjukkan bahwa secara individu, IPM berpengaruh secara signifikan, sementara TPAK tidak. Namun, secara simultan, keduanya berkontribusi secara positif terhadap tingkat pengangguran. Koefisien determinasi (R-squared) sebesar 0.699451 menandakan bahwa sekitar 69,94% variasi dalam tingkat pengangguran di Jawa Timur dapat dijelaskan oleh variabel IPM dan TPAK. Meskipun demikian, temuan ini perlu diperhatikan dalam konteks faktor-faktor ekonomi dan sosial yang mungkin memengaruhi tingkat pengangguran di wilayah tersebut. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan tingkat pengangguran di Jawa Timur pada tahun 2022, sementara Tingkat Pendidikan Akhir Kependudukan (TPAK) tidak signifikan pada tingkat kepercayaan 95%. Temuan ini memberikan panduan penting bagi pembuat kebijakan dalam merancang strategi pengurangan pengangguran dengan penekanan pada aspek pembangunan manusia. Untuk penelitian berikutnya, disarankan untuk mempertimbangkan variabel tambahan guna mendalami pemahaman tentang tingkat pengangguran di wilayah tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Samsul, & Firmansyah. t.t. Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Kesempatan Kerja Terhadap Pengangguran di Provinsi Banten. Banten: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Aryanti, Elsa Nova. 2023. Analisis Indeks Pembangunan Manusia di Provinsi

Jawa Timur Tahun 2015 – 2021.Jurnal Ilmu Ekonomi (JIE), Vol. 7 No. 02.

Maulidah, Fadlliyah. & Ady Soejoto. 2015. Pengaruh Tingkat Pendidikan, Pendapatan, dan Konsumsi Terhadap Jumlah PendudukPenduduk Miskin di

Provinsi Jawa Timur. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, Vol. 3 No. 1.

Permatasari, Nadya Indra, & Risdiana Himmati. 2022. Pengaruh Bonus Demografi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Jawa Timur. Jurnal Riset Ilmiah, Vol.1 No.2.

Qamariyah, Lailatul, dkk. 2022. Pengaruh IPM, Investasi, dan UMP Terhadap

Tingkat Pengangguran Terbuka di Jawa Timur Tahun 2013 – 2020. Journal of

Economics, Vol. 7 No. 1.

Rosalitta, Dita & Sri Muljaningsih. 2022. Analisis Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Tingkat Pendidikan, Angkatan Kerja, dan Perpajakan Terhadap DisparitasDisparitas Pendapatan di Provinsi Jawa Timur. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 9 No. 2.

Rahman, Abd, dkk. 2022. Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan, dan Unsur –

unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, Vol. 2 No. 1.

Sabrina, Chintya Nuril, & Edy Suhartono. 2023. Jumlah Tenaga Kerja dan Jumlah Pengangguran Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Jawa Timur Tahun 2012-2021, Vol. 15 No. 1.

Yusril, Nabila. 2023. Analisis Pengaruh PDB, Jumlah Penduduk dan

Pengangguran Terhadap Kemiskinan di Indonesia Tahun 1997 – 2020. Jurnal

Riset Ilmiah, Vol. 2 No. 4.

Yuniarti, Qorina, & Niniek Emaningsih. 2022. Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Tingkat Kemiskinan Dan Indeks Pembangunan Manusia terhadap Tingkat Pengangguran Terbuka di Kabupaten Sidoarjo. Journal of Economics and Business, Vol. 6 No. 2.

Downloads

Published

2023-12-15

How to Cite

Hamim, R., Citra, S. N., Igama, H. A., & Kalyubi, B. I. (2023). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN ANGKATAN KERJA TERHADAP PENGANGGURAN JAWA TIMUR TAHUN 2021. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(12), 5402–5410. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i12.1941