TUGAS DAN FUNGSI PERANGKAT DESA DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR DESA TANGKURA KECAMATAN POSO PESISIR SELATAN KABUPATEN POSO

Authors

  • Meldi Amijaya Universitas Tadulako
  • Rachmad Universitas Indonesia Maju
  • Askar Mayusa Universitas Indonesia Maju
  • Ishyah Riskikah Universitas Indonesia Maju

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i10.1682

Keywords:

Perangkat Desa, Tugas dan Fungsi, Desa Tangkura

Abstract

Perangkat Desa adalah unsur staf yang rnernbantu Kepala Desa dalarn penyusunan kebijakan dan koordinasi yang diwadahi dalarn sekretariat Desa dan unsur pendukung tugas Kepala Desa dalam pelaksanaan  kebijakan  yang diwadahi  dalarn  bentuk pelaksana  teknis  dan  unsur  kewilayahan. sedangkanan Pernerintahan Desa rnerupakan  unit terkecil  pada  struktur  Pernerintahan  Daerah, Pernerintahan Desa rnerniliki tugas dan kewenangan tersendiri sebagairnana diatur melalui Undang-undang. Substansi pokok yang tidak berubah ialah bahwa Pernerintahan Desa sebagai penyelenggara pernerintahan pada tingkat Desa. Meskipun demikian, bukan berarti proses Pelayanan Publik yang ada di Kantor Desa Tangkura selalu berjalan dengan baik dan tanpa hambatan. Oleh karena itu peneliti  ingin  mengetahui  lebih  mendalam bagaimanakah  tugas dan fungsi perangkat Desa dalam dalam Pelayanan  Publik  di Kantor  Desa  Tangkura  Kecamatan Poso Pesisir Selatan Kabupaten Poso. Tujuan penelitian ini untuk rnelihat bagairnanakah  tugas dan fungsi perangkat  Desa dalarn Pelayanan Publik di Kantor Desa Tangkura Kecarnatan Poso Pesisir Selatan  Kabupaten  Poso. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi dalam pengembangan teori Administrasi. Desain penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Surnber data  berasal  dari wawancara   dan   studi   dokurnentasi.   Hasil   penelitian   ini   menemukan   bahwa   pelaksanaan tugas pokok dan fungsi dari perangkat Desa dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang• undangan  yang berlaku. Pada sisi pelaksanaan  daripada tugas pokok dan fungsi pada tiap-tiap  perangkat  Desa  perlu  didukung  dengan  surnber  daya  rnanusia  (SDM)  dan  sarana prasarana  yang rnernadai dalarn pelaksanaan tugas dan  demi  tercapainya  pelayanan kepada rnasyarakat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bryson, John M, (Penerjemah Miftahuddin), 1999. Perencanaan Strategi Organisasi Sosial, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ilyas. Y, 2001. Kinerja, Teori, Penilaian dan Penelitian. Pusat Kajian Ekonomi Kesehatan FKM UI, Depok

Mahsun, Mohamad, S. E., M. Si., Ak. 2006. Pengukuran Kinerja Sektor Publik. BPFE, Yogyakarta

Payaman., J, 2005. Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta

Riyadi dan Deddy, 2005, Perencanaan Pembangunan Daerah, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Salusu, J, 2004. Pengambilan Keputusan Strategik, Jakarta: Grasindo

Sedarmayanti, 2004. Pengembangan Kepribadian Pegawai. Mandar Maju, Bandung. Simamora, Henry. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN Sirojuzilam dan Mahalli, K. 2010. Regional. Pembangunan, Perencanaan dan Ekonomi. USU Press. Medan

Soekanto, Soerjono, Pengantar Penelitian Hukum, Cetakan Ketiga, UI Press,Jakarta, 1986

Surjadi,1995, Pembangunan Masyarakat Desa, Mandar Maju, Bandung. Todaro, M.P. 2000 Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga. Edisi Ketujuh. Erlangga, Jakarta.

Zainal, Said, 2004, Kebijakan Publik, Yayasan Pancur Siwah, Jakarta. Universitas.

Downloads

Published

2023-10-15

How to Cite

Amijaya, M., Rachmad, R., Mayusa, A., & Riskikah, I. (2023). TUGAS DAN FUNGSI PERANGKAT DESA DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR DESA TANGKURA KECAMATAN POSO PESISIR SELATAN KABUPATEN POSO. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(10), 4440–4449. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i10.1682