KESANTUNAN BERBAHASA MAHASISWA DALAM BERINTERAKSI DENGAN DOSEN PADA MEDIA SOSIAL TELEGRAM

Authors

  • Afri Risyofa Rahim STAI Darul Ulum Kandangan

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i10.1661

Keywords:

Kesantunan Berbahasa, Media Sosial Telegram

Abstract

Masalah kesantunan berbahasa tidak jarang ditemukan dalam percakapan antara mahasiswa dengan dosen pada media sosial telegram. Artikel ini mendeskripsikan bentuk kesantunan berbahasa mahasiswa, pematuhan dan penyimpangan prinsip kesopanan, dan fungsi kesantunan berbahasa pada mahasiswa dalam berinteraksi dengan dosen. Kesantunanberbahasa danetika bermedia sosial tetap perlu diperhatikan oleh pengguna media sosial. Perkembangan media sosial yang sangat pesat turut menimbulkan beberapa dampak pada setiap segi kehidupan. Oleh karena itu, perlu diperhatikan aspek kesantunan dalam berbahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tuturan mahasiswa yang berpatokan pada tiga maksim (Leech), di antaranya maksim pujian/penghargaan, maksim kerendahan hati, dan maksim penerimaan/persetujuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik teknik simak, sadap, catat. Hasil penelitian pada Kesantunan Berbahasa Mahasiswa Terhadap Dosen di STAI Darul Ulum Kandangan menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa menggunakan bahasa yang santun ketika berkomunikasi dengan dosen di media sosial telegram.Prinsip-prinsip tersebut tidak selalu diterapkan dalam percakapan antara mahasiswa terhadap dosen dalam media sosial telegram

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abid, S. (2019). Kesantunan Berbahasa Mahasiswa terhadap Dosen di Media Sosial WhatsApp. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 230-244.

Alfia, Aida Messayu, dkk. 2014. Pelanggaran Prinsip Kesantunan Dan Implikatur Percakapan Dalam Acara Pas Mantap Di Trans 7. Volume 2. Nomor 3. Halaman 1-18. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya.

Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Endahati, M. T. (2019). KESANTUNAN BERBAHASA DI MEDIA SOSIAL ONLINE: TINJAUAN DESKRIPTIF. Jurnal Skripta, 5(1), 5-31.

Enggar Dhian Pratamanti, R. R. (2017). KESANTUNAN BERBAHASA DALAM PESAN WHATSAPP. Dinamika Sosial Budaya, 19(2), 230-239

Eudes Rolandus Eksan, A. h. (2021). KESANTUNAN BERBAHASA MAHASISWA TERHADAP DOSEN di UNIMUDA SORONG ( TINJAUAN PRAGMATIK). Jurnal Frasa: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2.

Liza Lailatul Husna, E. A. (2020). Strategi Kesantunan Bertutur Mahasiswa Kepada Dosen Melalui Komunikasi WhatsApp. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(4), 9.

Marini, W. O. (2019). Analisis Kesantunan Berbahasa Di Media Sosial:Komunikasi Antar Mahasiswa denagn Dosen pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. prosiding Sembadra Universitas Sriwijaya, 2.

Markhamah, dkk. Analisis Kesalahan dan Kesantunan Berbahasa. Surakarta: Muhammadiyah University Press, 2011

Maulidi, A. (2015). KESANTUNAN BERBAHASA PADA MEDIA JEJARING FACEBOOK. eJurnal Bahasantodea, 3(4), 3-49

Normalita, A. (2020). Parameter Tindak Tutur santri dan Ustadzah pada Pembelajaran Kitab Amsilati di Prsantren Darussalam. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 1.

Oktifiana, Kurniawati. Analisis Pemanfaatan Prinsip Kesantunan Berbahasa pada Kegiatan Diskusi Kelas Siswa Kelas XI SMA N 1 Sleman, 2012. http://eprints.uny.ac.id/9437/.

Riqza, M. S. (2020). Media Sosial Pembelajaran Bahasa Arab pada Masa Pandemi :Kajian Kualitatif Penggunaan WhatApp pada Sekolah Dasar di Indonesia. Jurnal Of Arabic Studies, 2.

Santoso, Dwi. Kesantunan Berbahasa Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Angkatan 2008 – 2011 dengan Karyawan Unesa. http://www.scribd.com/doc/126034209 /KESANTUNAN-BERBAHASA-MAHASISWA-JURUSANPENDIDIKAN-BAHASA-DAN- SASTRAINDONESIA-ANGKATAN- 2008-2011-DENGANKARYAWAN- UNESA#scribd.

Yono, D. (2021). Kesantunan Berbahasa Siswa SMP Melalui Media Sosial. jurnal inovasi dan riset akademik, 2, 849-856.

Downloads

Published

2023-10-11

How to Cite

Rahim, A. R. (2023). KESANTUNAN BERBAHASA MAHASISWA DALAM BERINTERAKSI DENGAN DOSEN PADA MEDIA SOSIAL TELEGRAM. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(10), 4206–4215. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i10.1661