PENTINGNYA BIMBINGAN KONSELING PADA ANAK

Authors

  • Utami Budiyati UNUGHA (Universitas Nahdhatul Ulama Al Ghazali) Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i7.1300

Keywords:

Bimbingan Konseling AUD, Pentingnya Bimbingan

Abstract

Jika anak-anak didik yang mengalami permasalahan baik dari dalam pribadi anak ataupun karena factor dari luar diri anak-anak didik kita memerlukan adanya sebuah bimbingan konseling Penelitian ini menggunakan metode studi Pustaka (library research). Hasilnya salah satunya; Bimbingan dan Konseling AUD merupakan upaya memfasilitasi dan membantu guru dan orangtua AUD dalam mengembangkan potensi/tugas-tugas perkembangan secara optimal dan mengatasi permasalahan yang dihadapi AUD, meliputi aspek kultural, sosial emosional, pembelajaran, psikologis, dan lingkungan. Dan dapat dilaksanakan di ruang khusus atau di ruang belajar PAUD yang memenuhi persyaratan yaitu menjamin kerahasiaan, aman dan nyaman bagi AUD. Tujuan bimbingan konseling secara khusus bertujuan untuk membantu peserta didik agar dapat mencapai tugas-tugas perkembangannya melalui aspek pribadi-sosial (afektif), aspek belajar (akademik/kognitif), dan karier (psikomotor). Lalu Asas-asas Bimbingan dan Konseling meliputi: asas kerahasiaan, kesukarelaan dan kekinian. Selanjutnya manfaat adalah untuk membantu guru dan orangtua agar anak mampu: 1. Mengenal kemampuan diri, sifat, kebiasaan, dan kesenangannya. 2. Mengembangkan potensi yang dimiliki.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Echols dan Saddily, Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Jakarta: Gramedia, 1993)

Sukardi Dewa Ketut, Proses Bimbingan dan Penyuluhan. (Jakarta: Rineka Cipta, 1998).

Prayitno dan Amti,Erman Dasar-dasar Bimbingan Konseling (Jakarta: Rineka Cipta, 1994).

Walgito Bimo, Bimbingan dan Konseling (Studi dan Karir), (Yogyakarta: Andi Offset, 2011).

Faqih Aunur Rahim, Bimbingan dan Konseling dalam Islam, (Yogyakarta: UII Press, 2001).

Fikriyah Adela Tsamrotul, Syafi’I Imam, Peran Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Anak Temper Tantrum, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 02 No. 02 Juli - Desember 2021 file:///C:/Users/asus/Downloads/3077-11717-3-PB-1.pdf

Hasnida, (2016), panduan Pendidikan dalam mengimplementasikan kurikulum PAUD 2013. Jakarta; PT. Luxima Metro Media.

Mab'utsah, Nurul, Kompasiana.com, Perlukah Bimbingan Konseling Pada Anak Usia Dini?, 2018. https://www.kompasiana.com/nurulmab/5a82096fcaf7db6f310eead2/perlukah-bimbingan-konseling-pada-anak-usia-dini

Kemdikbud. Prosedur Operasi Standar Pendidikan Anak Usia Dini Inklusi, Bimbingan Dan Konseling, 2021, https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/pdfs/TINY_20211011_094953.pdf

Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini, 2021, https://www.materikonseling.com/2021/08/pelaksanaan-layanan-bimbingan-dan.html

Ramayulis; Mulyadi. 2016. Bimbingan & Konseling Islam di Madrasah dan Sekolah. Jakarta: Kalam Mulia

Khairani, Makmun, 2014. Psikologi Konseling. Yogyakarta; Aswaja Pressindo.

Downloads

Published

2023-07-26

How to Cite

Budiyati, U. (2023). PENTINGNYA BIMBINGAN KONSELING PADA ANAK. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(7), 2875–2884. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i7.1300