ANALISIS SWOT PENGEMBANGAN UMKM TELUR GULUNG

Authors

  • Nanda Meilina Putri Jakarta Raya Bhayangkara University
  • Alif Syaridwan Jakarta Raya Bhayangkara University
  • Dila Agista Ningrum Jakarta Raya Bhayangkara University
  • Imelda Ade Putri Jakarta Raya Bhayangkara University
  • Shinta Amelia Putri Jakarta Raya Bhayangkara University
  • Jumawan Jakarta Raya Bhayangkara University

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i7.1147

Keywords:

Analisis Swot, UMKM

Abstract

Dunia wirausaha dianggap lebih signifikan di negara-negara yang lebih terindustrialisasi, memiliki populasi yang lebih berpendidikan, dan memiliki tingkat pengangguran yang tinggi. Karena kemampuan pemerintah untuk mendorong pembangunan sangat terbatas, maka akan lebih stabil jika dunia usaha melakukannya. Usaha kecil dan menengah (UKM) merupakan salah satu industri yang memberikan kontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Ini adalah hasil dari UKM yang diserap ke dalam tenaga kerja yang sangat besar dan dekat dengan populasi kecil. Menurut statistik tenaga kerja Indonesia, 99,5% tenaga kerja negara ini dipekerjakan oleh UKM. Metode analitis yang berguna untuk mengidentifikasi kekuatan dan prospek perusahaan adalah analisis SWOT. Potensi pasar dimana telur gulung ini perlahan mulai memudar sebagai salah satu makanan ringan khas Indonesia, dapat dipahami dengan memahami unsur internal dan eksternal perusahaan telur gulung yang dekat dengan kawasan Universitas Bhayangkara. Perusahaan egg roll ini perlu dilanjutkan dengan melakukan upaya pengamanan. Untuk memproduksi telur gulung dalam skala besar yang dapat menyerap tenaga kerja dan menyerap tenaga kerja, pelaku UMKM telur gulung harus mampu membuat ide semenarik mungkin dengan memodifikasi rasa yang enak sesuai dengan tren kekinian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Fahlis. Coat of Joyce. and Soegoto, Agus Supandi(2016). Analysis Green Product And Marketing Strategy Decision Against GreenProduct Purchase The BodyShop In Manado TownSquare, Vol. 4, No.1.

Bilqis, Nabila Zain (2017). As SWOT Analysis Strategy Formulation Competitive Advantage (Studies in Bloom Yamaha Motor Dealer). Faculty of economics and business. Telkom University. Bandung.

Buchari Alma, Donni Juni Priansa ; editor: Rismi Somad. Manajemen Bisnis Syariah. Revisi. Bandung: Alfabeta, 2014

Chou, S.-F., Horng, J.-S., Sam Liu, C.-H., & Lin, J.-Y. (2020). Identifying the critical factors of customer behavior: An integration perspective of marketing strategy and components of attitudes. Journal of Retailing and Consumer Services, 55, 102113. doi:10.1016/j.jretconser.2020.102113

CHERMACK, T. J. & KASSHANNA, B. K. (2007). “The use and misuse of SWOT Analysis and implications for HRD professionals”, Human ResourceDevelopment, 10 (4), pp. 383-399.

Gunawan, Ade (2013). PT.PASSION Marketing Strategy For Handicraft With SWOT Analysis Approach. Faculty of Economics, University of Diponegoro, Semarang. [6] Prawita, Sri Yati (2011), a SWOT analysis as the Basis Competitive Marketing Strategy Formulation. Faculty of Economics, University of Diponegoro, Semarang

Hayatie, M. N., Gautama, M. S., & Alam Sur, W. A. (2021). Sosialisasi Strategi Pemasaran Berbasis Online Pada Produk Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 58–62. https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i1.2366

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran . Jakarta: Erlangga, 2010.

Purwadi, Budi. Riset Pemasaran : Implementasi Dalam Bauran Pemasaran. Jakarta: PT Grasindo, 2000

Turnover, S. (2013). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Omzet

Downloads

Published

2023-07-05

How to Cite

Putri, N. M., Syaridwan, A., Ningrum, D. A., Putri, I. A., Putri, S. A., & Jumawan, J. (2023). ANALISIS SWOT PENGEMBANGAN UMKM TELUR GULUNG. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(7), 2472–2479. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i7.1147