KINERJA PEGAWAI PADA UNIT PELAYANAN PENDAPATAN DAERAH (UPPD) SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP (SAMSAT) KECAMATAN DAHA SELATAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN

Authors

  • Ni Made Musiyani Anjasmari Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai
  • Nor’aini Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i6.1030

Keywords:

Kinerja Pegawai, UPPD Samsat

Abstract

Kinerja Pegawai Pada UPPD SAMSAT Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan terdapat permasalahan seperti adanya perbedaan pelayanan yang dilakukan pegawai kepada masyarakat, terdapat pegawai yang datang terlambat dari jam masuk kerja sehingga membuat pelayanan tertunda, dan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui Kinerja Pegawai pada UPPD SAMSAT Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan apa saja faktor yang mempengaruhi kinerjanya. Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data diambil dari penarikan informan secara purposive sampling berjumlah 10 orang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Reduksi data, penyajian data dan Penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kinerja Pegawai Pada UPPD SAMSAT Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan kurang baik. Kinerja pegawai yang kurang baik dilihat dari segi kepuasaan hasil kerja, proses dan hasil pelaksanaan tugas, ketepatan waktu melaksanakan pekerjaan, waktu dalam bekerja, kedisiplinan dan juga kecermatan pegawai. Sedangkan kinerja pegawai yang sudah baik dilihat dari segi kecepatan hasil kerja, hasil sudah mencapai target dan kemampuan. Adapun faktor pendorong kinerja pegawai yaitu hubungan emosional antar pegawai dan sarana prasarana yang memadai. Faktor penghambat kinerja pegawai yaitu kendala jaringan saat bekerja, tidak adanya sanksi atau teguran kepada pegawai yang terlambat, kurang profesionalnya pegawai dalam bekerja dan jarak tempuh pegawai ketempat kerja. Berdasarkan kesimpulan di atas maka disarankan kepada Koordinator/Kepala Cabang UPPD SAMSAT Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan hendaknya mengevaluasi kinerja pegawai dan memberikan sanksi atau teguran kepada pegawai yang sering datang terlambat dan tidak memakai sepatu saat bekerja dan kepada pegawai agar memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sikap yang ramah dan menyamaratakan pelayanan yang diberikan kepada semua masyarakat tanpa ada membeda-bedakannya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim, Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Penilaian Kinerja

Anonim, Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 Tentang Pokok-pokok Kepegawaiaan

Bungin, Burhan. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Darda, Ahmad. Et al. 2022. Anteseden Kinerja Pegawai, Jawa Tengah: CV.Eureka Media Aksara.

Marwansyah,2015. Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: BPFE Alpabeta.

Moeheriono. 2020. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Moleong, Lexy J. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nawawi, Hadari. 2017. Evaluasi dan Manajemen Kinerja di Lingkungan Perusahaan dan Industri, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Prawirosentono, Suyadi dan Dewi Primasari. 2015. Kinerja & Motivasi Karyawan, Yogyakarta: BPFE

Sedarmayanti. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: Refika Aditama.

Susanti. 2021. Pengukuran Kinerja Organisasi. Ekasakti Edocational Journal Vol. 1, Issue 2, halaman 314

Kurniawan, MD. 2017. Tersedia: http://repository.unpas.ac.id/ 26575/2/6%20BAB%20I.pdf. (16 Oktober 2022)

Downloads

Published

2023-06-09

How to Cite

Anjasmari, N. M. M., & Nor’aini, N. (2023). KINERJA PEGAWAI PADA UNIT PELAYANAN PENDAPATAN DAERAH (UPPD) SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP (SAMSAT) KECAMATAN DAHA SELATAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(6), 2163–2171. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i6.1030