STRATEGI HUMAS DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MASYARAKAT TENTANG JAMINAN SANTUNAN KECELAKAAN PADA PT JASA RAHARJA PERWAKILAN SURABAYA

Authors

  • Novita Nur Halisa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika
  • Mochamad Fatchurrohman Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mahardhika

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i6.974

Keywords:

Strategi Humas, Jaminan Santunan Kecelakaan, PT. Jasa Raharja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman mendalam serta mendeskripsikan strategi humas dalam meningkatkan pemahaman masyarakat tentang jaminan santunan kecelakaan pada PT. Jasa Raharja Perwakilan Surabaya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 3 orang staff yang berasal dari divisi humas. Objek penelitian ini adalah jaminan santunan kecelakaan dari PT. Jasa Raharja Perwakilan Surabaya. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa humas telah melakukan seluruh pendekatan strategi dengan baik dan benar. Baik dari sisi pendekatan strategi operasional, pendekatan kerjasama, pendekatan persuasif dan edukatif, hingga pendekatan tanggung jawab sosial. Namun, analisa lebih lanjut menunjukkan bahwa faktor utama yang menjadi penghambat humas dalam hal ini terletak pada lingkup pemahaman masyarakat itu sendiri

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. R. Fadli, “Memahami desain metode penelitian kualitatif,” Humanika, vol. 21, no. 1, pp. 33–54, 2021, doi: 10.21831/hum.v21i1.38075.

C. A. Putri and D. S. Nugrahini, “Pemberdayaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Melalui Penyuluhan Inovasi Produk Dan Pemasaran Online Kerupuk Lontong Di Dusun Blandongan Desa Ngawi Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi,” Loyal. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 2, p. 204, 2021, doi: 10.30739/loyalitas.v4i2.1132.

D. A. Pangestu, P. Suharso, and W. Hartanto, “Implementasi Program Kemitraan Dan Bina Lingkungan (Pkbl) Sebagai Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Pt. Telekomunikasi …,” … Ekon. J. Ilm. …, vol. 16, pp. 323–333, 2022, doi: 10.19184/jpe.v16i2.25741.

H. Y. Wono, M. Angela, and M. I. Reinald, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen CV Saga Selaras Pratama,” CHANNEL J. Komun., vol. 8, no. 1, p. 51, 2020, doi: 10.12928/channel.v8i1.15119.

U. N. Raya, “CIVIC SOCIETY RESEARCH and EDUCATION :,” vol. 3, no. 1, 2022.

R. H. Ifroh et al., “the Production of Community Service Advertising As a Health Promotion Program in Prevention of Covid-19,” J. Ilm. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 2, 2020, [Online]. Available: http://logista.fateta.unand.ac.id

B. Fitrianingsih and A. Kholik, “Proses Humas Diskominfo Tangerang Selatan dalam Membangun Citra Positif melalui Instagram,” AGUNA J. Ilmu Komun., vol. 2, no. 2, pp. 43–53, 2021.

S. Eko, Septian and Nurdin, “Strategi Humas dalam Meningkatkan Pemahaman Masyarakat terhadap Asurasni Kecelakaan Lalu-lintas Jalan dan Penumpang Umum pada PT. Jasa Raharja Cabang Riau,” J. Ris. Mhs. Dakwah dan Komun., vol. 1, no. 2656–8330, pp. 264–265, 2019.

D. L. Alfiani, “Peran Humas Kepolisian Resort Kota Besar Medan Dalam Meningkatkan Keamanan Dan Ketertiban Masyarakat,” Jimsipol, vol. 2, pp. 1–13, 2022.

D. Adrian and M. R. Mulyandi, “Manfaat Pemasaran Media Sosial Instagram Pada Pembentukan Brand Awareness Toko Online,” J. Indones. Sos. Sains, vol. 2, no. 2, pp.

Downloads

Published

2023-06-14

How to Cite

Halisa, N. N., & Fatchurrohman, M. (2023). STRATEGI HUMAS DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MASYARAKAT TENTANG JAMINAN SANTUNAN KECELAKAAN PADA PT JASA RAHARJA PERWAKILAN SURABAYA. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(6), 2249–2258. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i6.974