PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN MENGGUNAKAN METODE DIRECT LEARNING

Authors

  • Siti Istivarina SMPN 1 JATIROTO

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i5.938

Keywords:

Hasil Belajar, Kesebangunan Dan Kekongruenan, Direct Learning

Abstract

Pembelajaran kooperatif dengan metode direct learning merupakan sistem pembelajaran kelompok dengan tujuan agar peserta didik dapat saling bekerja sama, bertanggung jawab, saling membantu memecahkan masalah, dan saling mendorong satu sama lain untuk berprestasi.. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan metode Direct Learning pada materi kesebangunan dan kekongruenan  dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik di  SMP Negeri 1 Jatioroto kelas IX B Tahun Pelajaran 2021-2022. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak 2 sikulus. Setiap sikulus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Dari hasil analis tes akhir siklus didapatkan bahwa prosentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II masing-masing sebesar 56,25% dan 81,25%. Sedangkan kegiatan keaktifan siswa juga mengalami peningkatan dari 56,24% menjadi 72,76%. Hal ini menunjukkan bahwa metode direct learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kesebangunan dan kekongruenan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

A. Jacobsen, Paul Eggen, dan Donald Kauchak. (2009). Methods for Theaching Metode-metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK-SMA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ahmad Rohani dan Abu Ahmadi. 1997. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Ahli Defenisi. Defenisi Pemahaman Konsep. http://ahli-definisi.blogspot.co.id/ 2011/03/definisi-pemahaman-konsep.html: diakses 12 Maret 2021

Arikunto, Suharsini, dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Doctor Pintar. Defenisi Kesebangunan dan kekongruenan. http://doctorpintar. blogspot.co.id/2013/12/definisi-kesebangunan-dan-kekongruenan.html: diakses 12 Maret 2021

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Pendekatan Kontektual (Contextual Teaching and Learning). Dirjen Dikdasmen

Djamarah. 1995. Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Erman Suherman, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI

Fisher, Muh. Amin. 2005. Azas-azas Praktik Mengajar Sain. Jakarta: Bharata

Harjanto. 1997. Media Pembelajaran, Jakarta: PT Gramedia

Nasution S. 2005. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Oemar Hamalik. 2003. Metode Mengajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito

Pasandaran dan Fakihudin. 2007. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Terpadu. Makalah

Purnamawati dan Eldarni. 2001. Media Pembelajaran. Jakarta: Media

Grafika Raharjo R, dkk. 2004. Media Pendidikan. Jakarta: Raja

Grafindo Persada. Sudjana. 2005. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.

Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamzah B. Uno. 2008. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara

Sadiman, Arief dkk. 2006. Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya). Jakarta: Raja Grafindo Persada. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta. PT Rineka Cipta

Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor Yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Slavin, R.E., (1994), Educational Psychology:Theor Yand Practice, Foutrh Edition, Massachusets: Allyn and Bacon Publisher

Smith, P.L., & Ragan, T.J. (1993). Instructional Design. New York: Merill

Sudjana. (1996). Metode Statistika. Bandung: Tarsiti

Syah, Muhibbin. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Yulia, Afriani. (2015). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Lubuk Linggau; Skripsi

Downloads

Published

2023-05-26

How to Cite

Istivarina, S. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN MENGGUNAKAN METODE DIRECT LEARNING. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(5), 1858–1872. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i5.938