PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN MENGGUNAKAN METODE DIRECT LEARNING
Keywords:
Hasil Belajar, Kesebangunan Dan Kekongruenan, Direct LearningAbstract
Pembelajaran kooperatif dengan metode direct learning merupakan sistem pembelajaran kelompok dengan tujuan agar peserta didik dapat saling bekerja sama, bertanggung jawab, saling membantu memecahkan masalah, dan saling mendorong satu sama lain untuk berprestasi.. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan metode Direct Learning pada materi kesebangunan dan kekongruenan dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Jatioroto kelas IX B Tahun Pelajaran 2021-2022. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak 2 sikulus. Setiap sikulus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Dari hasil analis tes akhir siklus didapatkan bahwa prosentase ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II masing-masing sebesar 56,25% dan 81,25%. Sedangkan kegiatan keaktifan siswa juga mengalami peningkatan dari 56,24% menjadi 72,76%. Hal ini menunjukkan bahwa metode direct learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kesebangunan dan kekongruenan.
Downloads
References
Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
A. Jacobsen, Paul Eggen, dan Donald Kauchak. (2009). Methods for Theaching Metode-metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK-SMA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ahmad Rohani dan Abu Ahmadi. 1997. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Ahli Defenisi. Defenisi Pemahaman Konsep. http://ahli-definisi.blogspot.co.id/ 2011/03/definisi-pemahaman-konsep.html: diakses 12 Maret 2021
Arikunto, Suharsini, dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Doctor Pintar. Defenisi Kesebangunan dan kekongruenan. http://doctorpintar. blogspot.co.id/2013/12/definisi-kesebangunan-dan-kekongruenan.html: diakses 12 Maret 2021
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Pendekatan Kontektual (Contextual Teaching and Learning). Dirjen Dikdasmen
Djamarah. 1995. Media Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Erman Suherman, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI
Fisher, Muh. Amin. 2005. Azas-azas Praktik Mengajar Sain. Jakarta: Bharata
Harjanto. 1997. Media Pembelajaran, Jakarta: PT Gramedia
Nasution S. 2005. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Oemar Hamalik. 2003. Metode Mengajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito
Pasandaran dan Fakihudin. 2007. Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Terpadu. Makalah
Purnamawati dan Eldarni. 2001. Media Pembelajaran. Jakarta: Media
Grafika Raharjo R, dkk. 2004. Media Pendidikan. Jakarta: Raja
Grafindo Persada. Sudjana. 2005. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Production.
Roestiyah. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamzah B. Uno. 2008. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara
Sadiman, Arief dkk. 2006. Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya). Jakarta: Raja Grafindo Persada. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta. PT Rineka Cipta
Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor Yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Slavin, R.E., (1994), Educational Psychology:Theor Yand Practice, Foutrh Edition, Massachusets: Allyn and Bacon Publisher
Smith, P.L., & Ragan, T.J. (1993). Instructional Design. New York: Merill
Sudjana. (1996). Metode Statistika. Bandung: Tarsiti
Syah, Muhibbin. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Yulia, Afriani. (2015). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Lubuk Linggau; Skripsi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.