INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN KITAB AL-QIRA’AH AL-RASYIDAH DI PONDOK PESANTREN MODERN AL-ISLAM KABUPATEN TABALONG

Authors

  • Aulia Rahman Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i5.926

Keywords:

Internalisasi, Nilai Karakter

Abstract

Internalisasi nilai-nilai karakter adalah suatu proses guna menanamkan dan menumbuh-kembangkan nilai-nilai karakter ke dalam diri seseorang sehingga nilai-nilai karakter tersebut menjadi bagian dalam dirinya, menjadi pola pikir, pola sikap, dan perilakunya serta membangun kesadaran diri untuk mengaplikasikan nilai-nilai tersebut. Fokus penelitian adalah membahas nilai-nilai karakter apa saja yang terdapat dalam kitab Al-Qira’ah Al-Rasyidah, proses internalisasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran kitab Al-Qira’ah Al-Rasyidah pada Pondok Pesantren Modern al-Islam. Dan pembinaan nilai-nilai karakter yang terdapat dalam kitab Al-Qira’ah Al-Rasyidah di Pondok Pesantren Modern Al-Islam. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai karakter apa saja yang terdapat dalam kitab Al-Qira’ah Al-Rasyidah, mendeskripsikan bagaimana proses internalisasi nilai-nilai karakter dalam pembelajaran kitab Al-Qira’ah Al-Rasyidah pada Pondok Pesantren Modern al- Islam. Dan mendeskripsikan bagaimana pembinaan nilai-nilai karakter yang terdapat dalam kitab Al-Qira’ah Al-Rasyidah di Pondok Pesantren Modern Al- Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekata deskriptif n kualitatif. Pengumpulan data penulis menggunakan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil dari penelitian ini yaitu . Pertama, nilai-nilai karakter yang terdapat dalam kitab Al-Qira’ah Al-Rasyidan adalah jujur, peduli sosial, cinta damai, rasa ingin tahu, disiplin, toleransi, kerja keras serta hormat dan santun. Kedua, proses internalisasi nilai-nilai karakter pembelajaran kitab tersebut dilaksanakan secara terintegrasi di dalam proses pembelajaran dengan tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai, dan tahap transinternalisasi nilai. Ketiga, Pembinaan nilai-nilai karakter yang terdapat dalam kitab Al-Qir’ah Al-Rasyidah pada pondok pesantren modern Al-Islam dilaksanakan dalam kegiatan pembinaan melalui kegiatan ekstrakurikuler yang terdiri dari kegiatan kepramukaan, kesenian dan olahraga. Kemudian melalui pembinaan melalui aktivitas-aktivitas santri yang terdiri dari aktivitas harian, mingguan, bulanan dan tahunan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adisusilo, Sutarjo, Pembelajaran Nilai Karakter, (Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada, 2013)

Agus Wibowo dan Gunawan, Pendidikan Karakter Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015)

An-Nahlawi, Abdur Rahman, Prinsip-prinsip dan Metoda Pendidikan Islam; dalam Keluarga di Sekolah dan Masyarakat, (Bandung: Diponegoro, 1996)

Aqib, Zainal dan Ahmad Amrullah, Pedoman Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Yogyakarta: Gava Media, Cetakan I, 2017

Arifin, HM, Kapita Selekta Pendidikan Islam dan Umum, (Jakarta: Bumi Aksara, 1991)

Asmani, Jamal Ma’mur, Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah, (Jogjakarta: DIVA Press, Cet. VI, 2013)

Balitbang Kemendiknas, Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter, Pusat Kurikulum dan Pembukuan, (Jakarta: Kemendiknas, 2011)

Bungin, Burhan, Penelitian Kualitatif, (Jakarta: Kencana, 2008)

Dhofier,Zamakhsyari, Tradisi Pesantren, (Jakarta: LP3ES, 2011)

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI, Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan, (Jakarta: 2006)

Doni, Koesoema A., Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Modern, (Jakarta: PT. Grasindo, 2007)

Drajat, Zakiyah, Metodologi Pengajaran Agama Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1996)

Mulyasa, E, Manajemen Pendidikan Karakter, (Jakarta: Bumi Aksara, 2011)

Em. Zul Fajri dan Ratu Aprilia Senja, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, (Jakarta: Dhifa Publisher, 2003)

Gagne , R.M., & Briggs, L.J., Principle of Instructional Design, (New Yorks: Holt Rinehart and Winston, 1979)

Hasan, Said Hamid, dkk, Pandual Pelaksanaan Pendidikan Karakter, (Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kemendiknas, 2011)

Heri, Gunawan, Pendidikan Karakter (Konsep dan Implementasi), (Bandung: Alfabeta, 2012)

Irfan, Hielmy, Pesan Moral dari Pesantren: Menigkatkan Kualitas Umat, Menjaga Ukhuwah, (Bandung: Nuansa, 1999)

Kemendiknas, Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama, (Jakarta: 2010)

Kesuma, Dharma, Pendidikan Karakter, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011)

Komalasari, Kokom, Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. (Bandung: Refika Aditama, 2010)

Kurniawan, Syamsul, Pendidikan Karakter Konsepsi dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014)

Lanny Octavia, Pendidikan Karakter Berbasis Tradisi Pesantren, (Jakarta: Rumah Kitab, 2014)

Lestari, Ika, Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi, (Padang: Akademia Permata, 2013)

Mahmud, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Pustaka Setia, 2011)

Mahbubi, M, Pendidikan Karakter: Implementasi Aswaja Sebagai Nilai Pendidikan Karakter, (Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2012)

Marzuki, Pendidikan Karakter Islam, (Jakarta: Amzah, Cetakan kedua, 2017)

Masjkur, Anhari, Integrasi Sekolah Ke dalam Sistem Pendidikan Pesantren, (Surabaya: Diantama, 2007)

Megawangi, Ratna, Pendidikan Karakter Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa, (Bogor: Indonesia Heritage Foundation, 2007).

Muchlas, Samani dan Hariyanto, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011)

Downloads

Published

2023-05-25

How to Cite

Rahman, A. (2023). INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN KITAB AL-QIRA’AH AL-RASYIDAH DI PONDOK PESANTREN MODERN AL-ISLAM KABUPATEN TABALONG. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(5), 1847–1857. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i5.926