PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN “VAKT “UNTUK MENGATASI KESULITAN MEMBACA PESERTA DIDIK DI SOS CHILDREN’S VILLAGES FLORES KABUPATEN SIKKA

Authors

  • Hari Susilowati SMA Negeri 1 Maumere, Indonesia
  • Maria Ermilinda Dua Lering SMA Negeri 1 Maumere
  • Maria Muda Laru SMA Negeri 1 Talibura, Maumere, Sikka, Indonesia
  • Maria Yuvita Bela SMA Negeri 1 Maumere, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v2i5.885

Keywords:

Metode VAKT, Membaca

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi  peserta didik  yang tinggal di SOS Children Village yang mengalami kesulitan dalam membaca. Tujuan dalam penelitian untuk mengetahui Penerapan Metode Visual, Auditori, Kinestetik dan Taktil (VAKT) terhadap peserta didik yang mengalami disleksia atau kesulitan dalam membaca. Metode yang digunakan adalah metode kualitatf dengan teknik pengumpulan datanya adalah dengan tes dan dokumentasi.Untuk analisis data, penelitian ini menggunakan teknik deskripsi kualitatif. Hasil setelah menggunakan metode VAKT menunjukan bahwa metode VAKT memiliki manfaat bagi peserta didik yaitu kemampuan membaca anak mengalami peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Harras, K. A. (2011). Hakekat Membaca. Jakarta: Depdikbud PPGLTP.

Suryani, Y. E. (2010). Kesulitan belajar. Magistra, 22(73), 33.

Pratiwi, I. M., & Ariawan, V. A. N. (2017). Analisis kesulitan siswa dalam membaca permulaan di kelas satu sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 69-76.

Satriawan, R., Basri, I., & Abdurrahman, A. (2020). Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Cerpen dengan Keterampilan Menulis Teks Ulasan Cerpen Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 160-168

Aryani, R., & Fauziah, P. Y. (2020). Analisis Pola Asuh Orangtua dalam Upaya Menangani Kesulitan Membaca pada Anak Disleksia. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1128-1137.

Anggriani, R. (2022). Analisis rendahnya prestasi belajar siswa pada muatan pokok mata pelajaran Matematika Kelas III di SDN 07 Sila Bima Tahun Pembelajaran 2021/2022 (Doctoral dissertation, UIN Mataram).

INDRAWATI, N. (2018). STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QURAN PADA SISWA MTS NEGERI 1 KONAWE SELATAN (Doctoral dissertation, IAIN KENDARI).

Harahap, F. S., Habibi, A., Hamidah, E., Lubis, I. S. A. B., & Rahmi, R. (2021). Kemampuan Anak Berkebutuhan Khusus Melakukan Kebersihan Diri. Al-Mursyid: Jurnal Ikatan Alumni Bimbingan dan Konseling Islam (IKABKI), 3(1).

ANA, M. V. P. (2022). KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJA’IYAH MELALUI METODE VAKT PADA ANAK TUNARUNGU.

Imron, I. (2019). Analisa pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen menggunakan metode kuantitatif pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19-28.

Downloads

Published

2023-05-17

How to Cite

Susilowati, H., Lering, M. E. D., Laru, M. M., & Bela, M. Y. (2023). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN “VAKT “UNTUK MENGATASI KESULITAN MEMBACA PESERTA DIDIK DI SOS CHILDREN’S VILLAGES FLORES KABUPATEN SIKKA. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(5), 1747–1750. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i5.885