INTERAKSI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN KOOFERATIF MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS IX

Authors

  • Vina Gustina Ardiani STITNU AL FARABI Pangandaran
  • Irma Royani STITNU AL FARABI Pangandaran

Keywords:

Interaksi Sosial, Pembelajaran Kooperatif

Abstract

Interaksi sosial merupakan syarat utama terjadinya aktivitas-aktivitas sosial begitupun dalam diri individu seorang siswa, komunikasi dengan baik merupakan proses interaksi yang dpat dilakukan. Melalui pembelajaran kooferatif pada pelajaran bahasa inggris diharapkan setiap individu dapat melakukan interaksi secara baik dan bekerja sama tanpa adanya pengelompokan secara individu yang dilakukan siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dinamika interaksi yang terjadi pada siswa dalam melakukan pembelajaran kooferatif. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu masih kurangnya interaksi berupa komunikasi dan diskusi yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan tugas, selain itu kurangnya rasa tanggung jawab dari beberapa siswa sehingga kurangnya kontribusi dalam pengerjaan tugas bersama, peran guru dalam proses pmbelajaran ini melakukan peneguran, pengertian, serta meberikan motivasi untuk mendorong para siswa menyelesaikan tugas pembelajaran dan dapat berinteraksi secara baik antar agggotanya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulsyani. Sosiologi Skematika, Teori dan Terapan. (Jakarta: Bumi Aksara, 2012)

Abu AHmadi, Sosiologi Pendidikan (Jakarta: PT. Rhineka Cipta, 2004), hal.100

Basrowi.Pengantar Sosiologi.(Bogor: Ghia Indonesia,2005)

Bimo Walgito. Psikologi Sosial. (Yogyakarta: Andi. 2003)

Bogdan, Metode Penelitian Manajemen,

Burhan Bungin. Sosiologi Komunikasi. (Jakarta: Kencana, 2006).Cipta, 1998), Hal. 245

Hurlock, Elizabeth B. Perkembangan Anak. (Jakarta: Erlangga, 1988)

Kencana, 2006), hal. 106 Isjoni, Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan kecerdasan dan Komunikasi antaraPeserta Didik, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009)

Metode Penelitian Manajemen

Miftahul Huda, Model-model Pengajaran dan Pembelajaran , (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014)

Monk, dkk. Psikologi Perkembangan, (Yogyakarta: University Press, 1994)

Muhammad Thobroni, Belajar dan Pembelajaran, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013)

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010), hal. 97

Soerjono Soekanto. Sosiologi Suatu Pengantar.(Jakarta : CV Rajawali,1987)

Soerjono soekarno, Sosiologi Suatu Pengantar. (Jakarta: PPT. Raja Grafindo Persada 2005)

Sofan Amri dan Khoirudin Ahmadi, Proses Pembelajaran Kreatif dan Inofatif dalm Kelas, (Jakarta:Prestasi Pustaka, 2010).

Suharsini Arikunto, presedur Penelitan Suatu Pendekatan Praktis, (Jakarta: Rineka

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Prakteknya, (Yogyakarta: Bumi

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Konsep landasan dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), (Jakarta: Kencana, 2010).

Downloads

Published

2023-03-06

How to Cite

Ardiani, V. G., & Royani, I. (2023). INTERAKSI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN KOOFERATIF MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS IX. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(3), 633–636. Retrieved from https://ejournal.nusantaraglobal.or.id/index.php/sentri/article/view/601