MANAJEMEN TATA USAHA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 PANGANDARAN
Keywords:
Manajemen, Pelayanan, Tata Usaha, Administrasi SekolahAbstract
Manajemen pelayanan tata usaha di lingkungan lembaga pendidikan, mempunyai tugas khusus dalam pengelolaan administrasi sekolah. Administrasi sekolah di antaranya administrasi kesiswaan, sarana dan prasarana, administrasi pembiayaan, administrasi guru, administrasi kurikulum, dan administrasi kepegawaian. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriftif objektif, metode pengumpulan data dalam penelitian menggunakan sistem wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kegiatan pelayanaan tata usaha dalam bidang administrasi kesiswaan, melakukan pengelolaan data siswa dengan pengelompokan data dan input data siswa ke apliaksi EMIS (Education Management Information System). Administrasi sarana dan prasarana dalam pengelolaan data nya, dengan membuat buku kusus dari sarana yang ada di sekolah. Administrasi kepegawaian dalam lembaga pendidikan di jadikan sebagai sector pengumpulan file dari data pribadi tenaga pendidik dan kependidikan, untuk kelengkapan administrasi sekolah. Penelitian dalam administrasi tata usaha dalam berfokus pada pelayanan tata usaha terhadap administrasi yang ada di sekolah MAN I Pangandaran.
Downloads
References
Aziz, Rosmiaty. 2016. “Komponen-Komponen Administrasi Pendidikan.Pdf,” 459–63.
Fadilah. 2014. “Tsanawiyah Negeri Cot Gue Kabupaten Aceh.” Administrasi Pendidikan 2 (1): 89–96.
Hidayat A. 2020. “Metode Pembelajaran Aktif Dan Kreatif Pada Madrasah Diniyah Takmiliyah Di Kota Bogor.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 9 (01): 73–74.
Salabi, Ahmad. 2014. “Manajemen Ketatausahaan Pada Madrasah Aliyah.” Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI 16 (1): 1–11.
Sennen, Eliterius. 2018. “Mengenal Administrasi Guru Di Sekolah.” Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar 2 (1): 72–76.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.