EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI DAUR HIDUP HEWAN KELAS IV UPTD SD INPRES RSS OESAPA
Keywords:
Project Based Learning, Peningkatan Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Project Based Learning (PjBL) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi daur hidup hewan di kelas IV sekolah dasar. Melalui pendekatan ini, peserta diharapkan dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, berkolaborasi, serta menjadi lebih kreatif. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen menggunakan desain pretest-posttest pada dua kelompok, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model PjBL dan kelas kontrol dengan metode pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata post-test mencapai 83.75% dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 60.00%. Model PjBL terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan partisipasi aktif peserta didik dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, model ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi daur hidup hewan di kelas IV
Downloads
References
Billy, G., Sutrisna, B., Wayansujana, I., & Ganing, N. N. (2019). Model Project Based Learning Berlandaskan Tri Hita Karana Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Adat dan Budaya, 1(2), 86-87.
Devi, S. K., Ismanto, B., dan Kristin, F. 2019. Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Tematik melalui Project Based Learning. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan. 2(1), 55–65.
Hamidah, I., dan Citra, S.Y. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains. 4(2), 307-314.
Irfana, S., Attalina, S. N. C., & Widiyono, A. (2022). Efektifitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Journal of Professional Elementary Education, 1(1), 56-64.
Mone, F., Lehan, A. A. D., & Nawa, N. E. (2023). Efektivitas Model Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Oebafok. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 586-592.
Nggili, D. S., Koroh, T. R., & Lehan, A. A. D. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Materi Panas dan Perpindahannya di Kelas V SD Inpres Landeoe Kabupaten Rote Ndao. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 501-506.
Rineksiane, N. P. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning untuk Membantu Siswa Dalam Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 7(1), 84.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Agatha C. F. W. Wollo, Hiwa Wonda, Andriyani A. D. Lehan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.