PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA MATERI ORGAN TUBUH MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD INPRES OETETE 3 KOTA KUPANG

Authors

  • Fienelda Friska Doky Universitas Nusa Cendana
  • Taty R. Koroh Universitas Nusa Cendana
  • Treesly Y. N. Adoe Universitas Nusa Cendana

Keywords:

hasil belajar, model pembelajaran Picture and Picture, PTK

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Materi Organ Tubuh Manusia Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Siswa Kelas V SD Inpres Oetete 3 Kota Kupang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPAS materi organ tubuh manusia siswa dengan penerapan model pembelajaran Picture and Picture di kelas V SD Inpres Oetete 3 Kota Kupang. Subjek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah siswa kelas V SD Inpres Oetete 3 Kota Kupang yang berjumlah 31 siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Hasil belajar IPAS pada siklus 1 ketuntasan belajar klasikal mencapai 4 orang peserta didik, dan pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 25 orang peserta didik. Hasil observasi aktivitas belajar peserta didik mengalami peningkatan dari rata-rata 84 pada siklus I menjadi 90,37 pada siklus II. Pada aktivitas guru dalam KBM juga mengalami peningkatan dari 72,5 dalam kategori baik pada siklus I menjadi 90 dalam kategori baik sekali pada siklus II. Kesimpulan PTK ini adalah penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar IPAS materi organ tubuh manusia siswa kelas IV SD Inpres Oetete 3 Kota Kupang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Delpika, D. dkk. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make and match untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IIIA SD Negeri 191 Pekanbaru. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 2(2), 123-133.

Handayani, Sri,dkk, 2013, Model-Model Pembelajaran Inovatif, Malang : Edulitera.

Istarani, 2011. Model Pembelajaran Inovatif (Reverensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran) . Medan : Media Persada

Jadidah, Ines Tasya, et al. "Analisis Kemampuan Calon Guru Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran." Significant: Journal Of Research And Multidisciplinary 1.02 Juni (2023): 62-67.

Kusnandar (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta didik Berdasarkan Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Kusumawati Nanik & Endang Sri Maruti. 2019. Stategi Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Jawa Timur. CV.AE Media Grafika.

Lestari, Endang Titik. Cara praktis meningkatkan motivasi siswa sekolah dasar. Deepublish, 2020.

Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Nurrahmah, C. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar matematik Siswa Kelas VA MIN 16 Aceh Besar Tahun Ajaran 2017/2018. Lincolin Arsyad, 3(2), 1–46.

https://doi.org/http://dx.doi.org/110.21043/equilibrium.v3i2.1268

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Putu Ari Susanti dan Ni Nyoman Kusmariyani. (2017). Penerapan Model Picture And Picture Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Pengetahuan IPA.‖ Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 1, no. 2 (2017): 99–106.

https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10144.

Qariza, Sara, Siti Halidjah, and Suhardi Marli. "Pengaruh Penerapan Model Picture and Picture Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas III SD." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 8.8.

Rahmadi. (2017). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Cacat Mata.‖ Prosiding Seminar Nasional MIPA III 1 (2017): 213–18.

Rambe, Chairun Nisya. "Peran media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa sekolah dasar." Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar. Vol. 5. No. 1. 2020.

Sudjana, Anas. 2001. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Suparlan. 2022. Peran Komunikasi Guru Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Peserta didik di Tingkat Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Auladuna. Vol. 9. No. 2. 72-88

Supriono, 2009, Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Susilawati, L. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Kelompok B. e-jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 87.

Wilantara, A. P. N, dkk. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Flip Chart untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak. e-jurnal pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1).

Widiana, Wayan., dkk. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik dan Kepercayaan Diri Terhadap hasil Belajar IPA. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha.Volume 3 No.1 Tahun 2015.

Downloads

Published

2024-11-19

How to Cite

Doky, F. F., Koroh, T. R., & Adoe, T. Y. N. (2024). PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA MATERI ORGAN TUBUH MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD INPRES OETETE 3 KOTA KUPANG . SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(11), 5031–5039. Retrieved from https://ejournal.nusantaraglobal.or.id/index.php/sentri/article/view/3563