RANCANG BANGUN ALAT OTOMATIS UNTUK SIRAM TANAMAN HIAS MENGGUNAKAN SENSOR KELEMBAPAN DAN JADWAL BERBASIS IOT

Authors

  • Sukarno Bahat Nauli Universitas Satya Negara Indonesia
  • Faizal Zuli Universitas Satya Negara Indonesia
  • Teguh Budi Santoso Universitas Satya Negara Indonesia
  • Bosar Panjaitan Universitas Satya Negara Indonesia
  • Agung Priambodo Universitas Satya Negara Indonesia
  • Abdul Aziz Universitas Satya Negara Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i9.3428

Keywords:

IOT, Kelembapan Tanah, Penyiraman, Tanaman Hias

Abstract

Penggunaan teknologi telah merambah ke berbagai aspek kehidupan sehari-hari, bahkan aktivitas yang biasanya dilakukan secara manual sekarang dapat dilakukan secara otomatis. Pada Toko Flora Betawi di jalan Brit 1, Meruya Utara, kec.Kembangan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Yang mana pada toko tanaman ini menyiram dengan cara manual tanpa mengetahui tingkat kelembapan yang dibutuhkan pada tanaman, karena pemilik untuk mengcek tanah menggunakan jari yang mana mengira-ngira tanah basah atau kering. Tingkat kelembapan pada tanah tanaman hias sangat berpengaruh pada pertumbuhan tanaman hias. Jika tanah terlalu basah atau kering maka tanaman pun akan layu dan mati, jika itu terjadi maka pemilik tanaman hias akan mengalami kerugian. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk membuat alat untuk siram tanaman hias menggunakan sensor kelembapan tanah dan jadwal berbasis internet of things. Metode perancangan yang digunakan oleh peneliti ialah prototype dan perancangan alatnya menggunakan Node MCU sebagai mikrokontroler, Soil Moisture Sensor sebagai sensor kelembapan tanah dan telegram sebagai media untuk memberikan perintah dan menerima notifikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Syaref, T., Handayani, H., & Juwita, A. (2022). Rancang Bangun Penyiram Tanaman Aglaonema Otomatis Menggunakan Sensor Kelembaban Tanah dan Suhu Udara dengan Metode Fuzzy Logic Berbasis IoT. Scientific Student Journal for Information, Technology and Science, 3(2), 182-189.

Jh, A. R., & Prastowo, A. T. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Web Sistem Informasi Repository Laporan PKL Siswa (Studi Kasus: SMKN 1 Terbanggi Besar). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 2(3), 26-31.

Ratnabella, E. K. (2023). EFEKTIVITAS PERBANDINGAN MEDIA TANAM PUKCAPEDIA TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN HIAS AGLAONEMA (Aglaonema butterfly L.) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Mardika, A. G., & Kartadie, R. (2019). Mengatur kelembaban tanah menggunakan sensor kelembaban tanah yl-69 berbasis arduino pada media tanam pohon gaharu. JoEICT (Journal of Education And ICT), 3(2).

Agusta, A. R., Andjarwirawan, J., & Lim, R. (2019). Implementasi internet of things untuk menjaga kelembapan udara pada budidaya jamur. Jurnal Infra, 7(2), 95-100.

Parihar, Y. S. (2019). Internet of things and nodemcu. journal of emerging technologies and innovative research, 6(6), 1085.

Riskiono, S. D., Pamungkas, R. H. S., & Arya, Y. (2020). Rancang Bangun Sistem Penyiraman Tanaman Sayur Berbasis Arduino Dengan Sensor Kelembapan Tanah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kendali dan Listrik, 1(1), 23-32.

Bosar Panjaitan and Sukarno Bahat Nauli (2024); WEB BASED E-COMMERCE SYSTEM DEVELOPMENT ON XYZ STORE Int. J. of Adv. Res. (Aug). 346-354] (ISSN 2320-5407) http://dx.doi.org/10.21474/IJAR01/19262

Downloads

Published

2024-09-25

How to Cite

Nauli, S. B., Zuli, F., Santoso, T. B., Panjaitan, B., Priambodo, A., & Aziz, A. (2024). RANCANG BANGUN ALAT OTOMATIS UNTUK SIRAM TANAMAN HIAS MENGGUNAKAN SENSOR KELEMBAPAN DAN JADWAL BERBASIS IOT. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(9), 4526–4540. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i9.3428