NILAI-NILAI DALAM TARIAN NDUNDU NDAKE SEBAGAI BAHAN BIMBINGAN BELAJAR SISWA SDK TO’E LOHA DESA LOHA KECAMATAN PACAR KABUPATEN MANGGARAI BARAT

Authors

  • Stella Kristi Pre. Suryadin Universits Nusa Cendana
  • Silvester P. Taneo Universits Nusa Cendana
  • Margaret P. E. Djokaho Universits Nusa Cendana
  • Maarkus Sampe Universitas Nusa Cendana

Keywords:

Nilai, Ndundu Ndake, Bimbingan Belajar

Abstract

Hasil penelitian ini bertujuan untuk menganalsisis nilai-nilai dalam tarian Ndundu Ndake yang dapat dimplementasikan sebagai bahan bimbingan belajar untuk siswa SDK To’e Loha. Metode penelitian yang digunakan adalah Kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDK To’e Loha yang berjumlah 4 orang, guru mata pelajaran Muatan Lokal, dan 2 orang tokoh masyarakat. Teknik analsisis data dalam penelitian ini menggunakan cara mereduksi data, penyajian data, dan simpulan data. Penelitian ini di adakan di SDK To’e Loha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tarian Ndundu Ndake terdapat berbagai nilai-nilai seperti nilai keindahan, nilai persaudaran,  nilai budaya,  nilai etika, dan nilai religius.Dari hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa dalam tarian Ndundu Ndake terdapat nilai-nilai seperti nilai keindahan, nilai persaudaran, nilai budaya, nilai etika, dan nilai religius. Dari  nilai-nilai tersebut terdapat beberapa nilai memiliki kesamaan dengan perilaku yang sering dilakukan oleh siswa siswa sekolah dasar dan nilai-nilai tersebut dapat digunakan sebagai bahan bimbingan belajar untuk siswa itu sendiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aan Komariah, Djam’an Satori. 2014 Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta

Anwar N. 2021. Efektifitas Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Pemahaman Belajar Anak pada Masa Pandemi di Desa Babelan Kota. Proceedings UIN Sunan Gunung Jati Bandung. 1(87):

Irianani Z. 2008. Peningkatan Mutu Pembelajaran Seni Tari di Sekolah Dasar. JURNAL BAHASA DAN SENI. 9(2)

Mulyadi, 2010. Evaluasi pendidikan pengembangan model evaluasi pendidikan agama di sekolah.UIN-Maliki Press

Notowidagdo, Drs. H , Rohiman. 1996. Ilmu Budaya dasar berdasarkan Al-Quran dan Hadist. Jakarta: PT raja Grafindo Persada, Jakarta

Oemar Hamalik. 2004. Proses Belajar Mengajar.Bumi Aksara

Pamadhi, Hadjar, dkk.2011. Pendidikan Seni di SD. Jakarta: Unversitas Terbuka

Rijali A. 2018. Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah. 7(33)

Rukajat A. 2018. PENDEKATAN PENELITIAN KUALITATIF (QUALITATIVE RESEARCH APPROACH). Penerbit Deepublish

Siswoyo, Dwi dkk. 2008. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Soleman , B. Taneko. 1984. Struktur dan Proses Sosial. Jakarta: Rajawali

Taneo, S.P , 2008. Pendidikan Seni di Sekolah Dasar (Bahan Ajar Khusus Mahasiswa PGSD) FKIP. Undana Kupang

Tilaar, H.A.R. 2002. Pendidikan kebudayaan dan masyarakat madani Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offsel.

Downloads

Published

2024-09-19

How to Cite

Suryadin, S. K. P., Taneo, S. P., Djokaho, M. P. E., & Sampe, M. (2024). NILAI-NILAI DALAM TARIAN NDUNDU NDAKE SEBAGAI BAHAN BIMBINGAN BELAJAR SISWA SDK TO’E LOHA DESA LOHA KECAMATAN PACAR KABUPATEN MANGGARAI BARAT. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(9), 4458–4468. Retrieved from https://ejournal.nusantaraglobal.or.id/index.php/sentri/article/view/3407