NILAI-NILAI DALAM TARIAN NDUNDU NDAKE SEBAGAI BAHAN BIMBINGAN BELAJAR SISWA SDK TO’E LOHA DESA LOHA KECAMATAN PACAR KABUPATEN MANGGARAI BARAT
Keywords:
Nilai, Ndundu Ndake, Bimbingan BelajarAbstract
Hasil penelitian ini bertujuan untuk menganalsisis nilai-nilai dalam tarian Ndundu Ndake yang dapat dimplementasikan sebagai bahan bimbingan belajar untuk siswa SDK To’e Loha. Metode penelitian yang digunakan adalah Kualitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDK To’e Loha yang berjumlah 4 orang, guru mata pelajaran Muatan Lokal, dan 2 orang tokoh masyarakat. Teknik analsisis data dalam penelitian ini menggunakan cara mereduksi data, penyajian data, dan simpulan data. Penelitian ini di adakan di SDK To’e Loha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tarian Ndundu Ndake terdapat berbagai nilai-nilai seperti nilai keindahan, nilai persaudaran, nilai budaya, nilai etika, dan nilai religius.Dari hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa dalam tarian Ndundu Ndake terdapat nilai-nilai seperti nilai keindahan, nilai persaudaran, nilai budaya, nilai etika, dan nilai religius. Dari nilai-nilai tersebut terdapat beberapa nilai memiliki kesamaan dengan perilaku yang sering dilakukan oleh siswa siswa sekolah dasar dan nilai-nilai tersebut dapat digunakan sebagai bahan bimbingan belajar untuk siswa itu sendiri.
Downloads
References
Aan Komariah, Djam’an Satori. 2014 Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta
Anwar N. 2021. Efektifitas Penerapan Bimbingan Belajar dalam Meningkatkan Pemahaman Belajar Anak pada Masa Pandemi di Desa Babelan Kota. Proceedings UIN Sunan Gunung Jati Bandung. 1(87):
Irianani Z. 2008. Peningkatan Mutu Pembelajaran Seni Tari di Sekolah Dasar. JURNAL BAHASA DAN SENI. 9(2)
Mulyadi, 2010. Evaluasi pendidikan pengembangan model evaluasi pendidikan agama di sekolah.UIN-Maliki Press
Notowidagdo, Drs. H , Rohiman. 1996. Ilmu Budaya dasar berdasarkan Al-Quran dan Hadist. Jakarta: PT raja Grafindo Persada, Jakarta
Oemar Hamalik. 2004. Proses Belajar Mengajar.Bumi Aksara
Pamadhi, Hadjar, dkk.2011. Pendidikan Seni di SD. Jakarta: Unversitas Terbuka
Rijali A. 2018. Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah. 7(33)
Rukajat A. 2018. PENDEKATAN PENELITIAN KUALITATIF (QUALITATIVE RESEARCH APPROACH). Penerbit Deepublish
Siswoyo, Dwi dkk. 2008. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press
Soleman , B. Taneko. 1984. Struktur dan Proses Sosial. Jakarta: Rajawali
Taneo, S.P , 2008. Pendidikan Seni di Sekolah Dasar (Bahan Ajar Khusus Mahasiswa PGSD) FKIP. Undana Kupang
Tilaar, H.A.R. 2002. Pendidikan kebudayaan dan masyarakat madani Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offsel.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Stella Kristi Pre. Suryadin, Silvester P. Taneo, Margaret P. E. Djokaho, Maarkus Sampe
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.