PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT PADA SISWA KELAS V SD INPRES BERTINGKAT KELAPA LIMA 2 TAHUN 2024 MELALUI TEKNIK SCANNING
Keywords:
Membaca Cepat, ScanningAbstract
Hasil Penelitian ini membahas tentang kemampan membaca cepat dengan mengguanakan teknik scanning pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas V di SD Inpres Bertingkat Kelapa Lima 2. penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kemampuan membaca cepat dengan menggunakan teknik scanning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang merupakan kelompok penelitian tindakan kelas yang memiliki tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh gurunya sendiri. Sesuai dengan tujuannya, peneliti ingin menganalisis kemampuan membaca cepat dengan menggunakan teknik scanning pada mata pelajaran bahasa indonesia . penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Bertingkat kelapa lima , dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas V yang berjumlah 23 siswa. durasi penelitian ini adalah 2 minggu dengan pengamplikasian beberapa kegiatan meliputi persiapan, perencanaan, siklus I, siklus II, pengelolaan data , penyusunan hasil dan pengajuan hasil. Hasil penelitian ini adalah aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan teknik Scanning pada pembelajaran membaca cepat siklus I mencapai kategori cukup baik yaitu 41% dan pada tindakan siklus II mengalami peningkatan menjadi 96% dengan kategori sangat baik. Adanya skor membaca cepat siswa yang memperoleh 141,6 kpm pada siklus I dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 161 kpm, dan pemahaman isi bacaan juga mengalami peningkatan
Downloads
References
Abdullah, Suhardi, dan Kodrat Hi Karim, “Penerapan Teknik Scanning Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 35 Kota Ternate”, Edukasi, 20.1 (2022), 83
Adi.S, “Pengertian Peningkatan”, Universitas Maritim Amni, 2001, 2018, 6–12 Datu, Zheilla Daeng, Fajar Setiawan, dan Lilik Binti Mirnawati, Upaya Melatih
Keterampilan Membaca SiswaKelas V SD Muhammadiyah 11 Melalui Metode “Jamu Sigap”, Jurnal Satya Widya FKIP, Universitas Muhammadiyah Surabaya, 38.2 (2023), 144–52
Firdaus, Iqlima, Rahmadisha Hidayati, Rida Siti Hamidah, Rina Rianti, Ritha Cahyuni, dan Khusnul Khotimah, “Model-Model Pengumpulan Data dalam Penelitian Tindakan Kelas”, Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1.2(2023), 105-13
Hosen, Mohammad, “Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat Dengan Metode Sq3R Pada Siswa Kelas V SDN Gili Anyar Kamal Bangkalan”, Widyagogik,
4.1(2016),17–34
Mailani, Okarisma, Irna Nuraeni, Sarah Agnia Syakila, dan Jundi Lazuardi, “Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia”, Kampret Journal, 1.1 (2022), 1–10 <https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8>
Nanda, Indra, Hasan Sayfullah, Rahmadanni Pohan, Devi Suci Windariyah, Fakhrurrazi dan Khermarinah, Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif, CVA dan Abimata,2021
Oktaviani.J perkembangan kemampuan membaca SD, “Perkembangan Kemampuan Membaca ”Perkembangan Kemampuan Membaca, 51.1(2018), 51
Pahleviannur, Rizal Saringatun Mudrikah, Penelitian Tindakan Kelas, Pradina Pustaka, 2022
Paulina, Yanti, Dinda Rike Handayani, dan Jelita, “Kemampuan Membaca Cepat Dengan Teknik Scanning Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Bengkulu”, Lateralsasi,9.1(2021),1929<https://doi.org/10.36085/lateralisasi.v9i1.1714>
Safitri, Vira, dan Febrina Dafit, “Peran Guru Dalam Pembelajaran Membacadan Menulis Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar”, Jurnal Basicedu, 5.3 (2021), 1356–64 <https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/938>
Sari, Anugrah Permata, dan Veronica Anastasia Melany Kaihatu, “Pengaruh Pelatihan Speed Reading Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman MembacaMahasiswa”Sebatik,27.1(2023),30310
SDN, DI, dan Patala bunga Kabupaten, “Menggunakan Teknik scanning pada mata pelajaran bahasa indonesia siswa kelas V program studi Guru Madrasah Ibtidaiyah”, 2023
Setiawan, Arif, dan Musaffak, “Profil Penelitian Keterampilan MembacaCepat Pada Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Dalam PPJB-SIP”, KEMBARA Journal of Scientific Language Literature and Teaching, 7.2 (2021), 463–75<https://doi.org/10.22219/kembara.v7i2.178
Sitepu, Elsa cristy, “Kontribusi Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Oleh Siswa 10 SMAN2 Kaban Jahe2016”, Gorys Keraf (2006), 2016, 10–27
Susandari, Yessy Feriana, “Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui theIm provement of Reading Comprehension Skill Through the Use Of’, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2.2.890 (2016), 217–28
Tantri, Ade Asih Susiari, “Cara Memaksimalkan Kemampuan Membaca Cepat”, Acarya Pustaka : Jurnal Ilmiah Perpustakaan dan Informasi,1.2(2021),10– 27 <https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/AP/article/view/10051>
Widiyarto,Sigit,“Pengaruh Metode Think, Pair, Share dan Struktur Kalimat Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia”, 9.01(2012), 79
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Archangela Giriani Loy Co’o, Labu Djuli, Vera Rosalina Bulu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.