FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN : GAYA KEPEMIMPINAN, KEPRIBADIAN DAN KOMUNIKASI

Authors

  • Jumawan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Edy Susanto Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Puji Lestari Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Dian Kusuma Wardhani Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Nurul Fauzia Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Shandra Dewi Nurhasanah Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Theresia Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Enjelya Peronika Lumban Toruan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i6.2970

Keywords:

Proses Pengambilan Keputusan, Gaya Kepemimpinan, Kepribadian, Komunikasi

Abstract

Pengambilan keputusan adalah serangkaian langkah untuk menciptakan berbagai pilihan alternatif yang bertujuan untuk mencapai tujuan yang diinginkan, sementara kepemimpinan adalah karakteristik dari hubungan interaksi antara seorang pemimpin dan pengikut dalam konteks tertentu. Peran seorang pemimpin dalam proses pengambilan keputusan memiliki posisi yang sangat penting dan strategis. Dalam berbagai fungsi manajemen, terdapat satu fungsi di mana para pengambil keputusan memiliki gaya tersendiri. Banyak pemimpin yang menggunakan beberapa gaya kepemimpinan dalam proses pengambilan keputusan, yang sering kali mencerminkan kekuatan dan kelemahan dalam pengambilan keputusan. Informasi yang identik dapat dinilai dan keputusan dapat diambil dengan gaya kepemimpinan yang bervariasi. Sebuah artikel telah mengkaji unsur-unsur yang berdampak pada proses pengambilan keputusan, termasuk gaya kepemimpinan dan kepribadian, dalam sebuah studi literatur di bidang manajemen sumber daya manusia. Dari ulasan literature artikel tersebut, ditemukan bahwa gaya kepemimpinan, kepribadian, dan komunikasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap proses pengambilan keputusan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bhudianto, W. (2015). Kepemimpinan dalam pengambilan keputusan. Transformasi, 1(27).

Ferliandre, A., & Anggraini, M. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan: Gaya Kepemimpinan, Kepribadian Dan Strategi (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumberdaya Manusia). Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora Dan Politik, 2(1), 13-22.

Julianto, B., & Carnarez, T. Y. A. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Organisasi Professional: Kepemimpinan, Komunikasi Efektif, Kinerja, Dan Efektivitas Organisasi (Suatu Kajian Studi Literature Review Ilmu Manajemen Terapan). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 676-691.

Kuntadi, H. (2004). Gaya pengambilan keputusan ditinjau dari tipe kepribadian (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Kurniasari, E. (2012). Pengambilan Gaya Keputusan Ditinjau Dari Tipe Kepribadian. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 1(1), 60-80.

Putri, D. A. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Manajemen Keuangan Pelaku UMKM. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 1(4), 62-73.

Sari, F. (2018). Metode dalam pengambilan keputusan. Deepublish.

Wahyuni, A. D., Bagaskoro, D. S., Ramadhani, N., Pangestu, R. N., Ramadhan, S., & Zen, A. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi Kinerja, Pengambilan Keputusan: Kepemimpinan, Komunikasi dan Motivasi (Literature Review Pengambilan Keputusan Manajerial). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 4(6), 975-989.

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Jumawan, J., Susanto, E., Lestari, P., Wardhani, D. K., Fauzia, N., Nurhasanah, S. D., Theresia, T., & Toruan, E. P. L. (2024). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN : GAYA KEPEMIMPINAN, KEPRIBADIAN DAN KOMUNIKASI. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(6), 2896–2908. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i6.2970