PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAN SISWA KELAS III SDN OESAPA KECIL 2 KOTA KUPANG

Authors

  • Fransiska Novena Lasboy Universitas Nusa Cendana
  • Taty Rosiana Koroh Universitas Nusa Cendana
  • Vera Rosalina Bulu Universitas Nusa Cendana

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i6.2962

Keywords:

Peran guru, Karakter Disiplin, Karakter Tanggung Jawab

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam meningkatkan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas III SDN Oesapa Kecil 2 Kota Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas III dan 21 siswa kelas III. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil Penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa peran guru sangat penting dalam meningkatkan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa kelas III SDN Oesapa Kecil 2 Kota Kupang. Dalam penelitian ini guru sebagai pendidik, pengajar, teladan, dan evaluator berkontribusi secara signifikan. Sebagai pendidik, guru menciptakan lingkungan belajar yang mendukung pengembangan karakter siswa melalui kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Sebagai pengajar, guru memfasilitasi pembelajaran yang jelas dan efektif. Sebagai teladan, guru mempengaruhi siswa dengan perilaku positif. Sebagai evaluator, guru memberikan umpan balik yang konstruktif untuk pengembangan siswa. Mayoritas siswa menunjukkan tingkat disiplin dan tanggung jawab yang baik, beberapa masih memerlukan pembinaan lebih lanjut dalam hal ketepatan waktu, ketertiban, pengumpulan tugas, serta pelaksanaan tugas secara mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardila, R. M., Nurhasanah, & Salimi, M. (2017). Pendidikan Karakter Tanggung Jawab Dan Pembelajarannya di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 79–85.

Apriani, A.-N., & Wangid, M. N. (2015). Pengaruh Ssp Tematik-Integratif Terhadap Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas Iii Sd. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 12–25. https://doi.org/10.21831/jpe.v3i1.4061.

Arifudin, I. S. (2015). Peranan guru terhadap pendidikan parakter Siswa Di kelas V Sdn 1 Siluman. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 2(2), hal 175-186.

Kadek, P. N. (2018). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 83–91.

Khaidir. (2020). Membentuk Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Melalui Keteladanan Guru Terhadap Siswa Sd Negeri Bambong. PROCEDING (Literasi Dalam Pendidikan di Era Digital Untuk Generasi Milenial), 247–254.

Munawir, M., Salsabila, Z. P., & Nisa’, N. R. (2022). Tugas, Fungsi dan Peran Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 8–12. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.327.

Nisa, A. K. (2019). Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik Di Sdit Ulul Albab 01 Purworejo. Hanata Widya, 8(2), 13-19.

Patmawati, S. (2018). Penerapan Pendidikan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Di Sd Negeri No. 131 Muara Bulian. Jurnal Penerapan Pendidikan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Di Sd Negeri No. 131 Muara Buli.

Rosita, D., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. (2022). Pendidikan Karakter Nilai Disiplin Dan Tanggung Jawab Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 449–456.

Sani, B., & Kurinasih, I. (2014). Implementasi kurikulum 2013 konsep dan penerapan. Kata Pena, Surabaya.

Setyaningrum, Y., Rais, R., & Setianingsih, E. S. (2020). Peran Guru Kelas dalam Pembentukan Karakter Disiplin pada Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 520-526.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tulak, T. (2021). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Pada Pembelajaran Kurikulum 2013. Jurnal KIP, IX(3).

Yaumi, M., Nuraeni, B., & Sirate, S. F. S. (2014). Pendidikan karakter: Landasan, pilar dan implementasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Lasboy, F. N., Koroh, T. R., & Bulu, V. R. (2024). PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAN SISWA KELAS III SDN OESAPA KECIL 2 KOTA KUPANG. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(6), 3013–3020. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i6.2962