ANALITIKA BIG DATA DALAM INTELIJEN BISNIS: MEMANFAATKAN DATA UNTUK KEUNGGULAN KOMPETITIF

Authors

  • Bulan Fitri Ananda Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Achmad Fauzi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Idel Eprianto Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Mita Amelia Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Putri Ainurohimah Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Adam Maulana Sidiq Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Firmansyah Agung Pradana Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Keywords:

Big Data, Intelijen Bisnis, Keunggulan Kompetitif

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah memudahkan perusahaan untuk mengakses informasi  secara cepat dan real time, sehingga dapat memberikan umpan balik dan bereaksi lebih cepat untuk mencari solusi atas keluhan pelanggan. Hal ini dapat dilakukan dengan bantuan Big Data Analytics (BDA). Big data adalah kombinasi teknologi untuk menangani volume besar data yang berbeda dengan kecepatan dan waktu yang tepat untuk mendukung analisis dan respons. Tujuan dari penelitian ini adalah menggali lebih jauh potensi manfaat dan nilai bisnis dari big data analytics (BDA) yang dapat meningkatkan keunggulan kompetitif dalam organisasi bisnis dengan berbasis pada kajian literatur. Hasil kajian literatur dari studi ini merupakan kerangka konseptual (kontribusi teoritis) yang akan dikembangkan untuk penelitian lebih lanjut

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbasi, A., Sarker, S., & Chiang, R. H. . (2016). Big data research in information systems: Toward an incusive research agenda. Journa of the Association for Information Systems, 17(2), 1–32. https://doi.org/10.17705/1jais.00423

Adiputra, I. P. P., & Mandaa, K. (2017). Pengaruh Kompetensi dan Kapabiitas terhaldap Keunggulan Kompetitif dan Kinerja perusahaan. E-Journa Manajemen Unud, 6(11), 6090–6119.

Borseková, K., Petríková, K., & Vaňová, A. (2012). The methodoogy of use and buiding competitive advantage on the regiona eve. Journa of Security and Sustainabiity Issues, 2(1), 41–50. https://doi.org/10.9770/jssi/2012.2.1(4)

Cegiński, P. (2017). the Concept of Competitive Advantages. ogic, Sources and Durabiity.

Journal of Positive Management, 7(3), 57. https://doi.org/10.12775/jpm.2016.016

Citra Beriani Utami, .Lukman Faruk, .Ofah Musyarrofah. (2015). Pengaruh Busniness Inteligence. 1(1).

Dita Kusmara Sari, O. R. (2017). Studi Impementasi Sistem Big Data Untuk Mendukung Kebijakan Komunikasi dan Informatika.

Dzakiyyah, B. H., Putri, K. D., Sasabia, N. Y., & ... (2023). Pemanfalatan Big Data untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Shopee. Innovative: Journa Of …, 3, 10441–10455. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/artice/view/5534%0Ahttp://j-

innovative.org/index.php/Innovative/artice/downoad/5534/4299

Eko Siswo Adi Sahputra, I. N. (2024). NPenerapan Big Data dan Anaytics untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif. 07(February), 4–6.

Fachrurazi, Rukmana, A. Y., Supriyanto, Syamsubahri, & Iskandar. (2023). Revousi Bisnis di Era Digital: Strategi dan Dampak Transformasi Proses Teknologi terhaldap Keunggulan Kompetitif dan Pertumbuhaln Organisasi. Jurna Bisnis Dan Manajemen West Science, 2(03), 297–305. https://doi.org/10.58812/jbmws.v2i03.563

Fanoon Rahem, I. U. (2016). Big data anaytics: Key technoogies and chalenges. Proceedings

- 2016 Internationa Conference on Robots and Inteigent System, ICRIS 2016, Apri, 141–145. https://doi.org/10.1109/ICRIS.2016.30

Gandini, A., & Artike, R. (2024). Jurna Sains Ekonomi dan Edukasi Tinjauan iteratur: Business Inteligence dalam Peningkatan Kinerja Usaha INFO ARTIKE. 1(1), 25–34. https://doi.org/10.62335/dee2936

Halo, M. (2000). Competitive advantage and firm performance. Competitiveness Review, 10(2), 15–32. https://doi.org/10.1108/eb046396

Kumar, D., Singh, R. K., Mishra, R., & Vachos, I. (2024). Big data anaytics in suppy chalin decarbonisation: a systematic iterature review and future research directions. Internationa Journa of Production Research, 62(4), 1489–1509. https://doi.org/10.1080/00207543.2023.2179346

Kusumasari, D., & Rafizan, O. (2018). Studi Impementasi Sistem Big Data Untuk Mendukung Kebijakan Komunikasi Dan Informatika. Masyarakat Teematika Dan Informasi : Jurna Penelitian Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 8(2), 81. https://doi.org/10.17933/mti.v8i2.104

Mafda Khoirotu Fathal, Seftin Fitri Ana Wati, Bhalgas Satrya Dewa, & Krisna Eko Prasetyo. (2023). Peran Big Data Pada Intelijen Bisnis Sebagai Sistem Pendukung Keputusan (Systematic iterature Review). Prosiding Seminar Nasiona Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(1), 318–326. https://doi.org/10.33005/sitasi.v3i1.612

Mahrani, S., Pasi, I. D., Mutmainnah, A. K., Samosir, S. W. P., & Gunawan, I. (2021). Proses Pembangunan Smart City Di Indonesia Menggunakan Metode Big Data Anaytis Dalam Penerapan E-Commerce. Media Jurna Informatika, 13(2), 57.

https://doi.org/10.35194/mji.v13i2.1866

Mardikaningsih, R. (2023). Strategi Inovasi Dan Pemasaran Media Sosial Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Umkm Di Kota Surabaya. Jurna Baruna Horizon, 6(2), 58–67. https://doi.org/10.52310/jbhorizon.v6i2.101

Muchis, M., Agustia, D., & Narsa, I. M. (2021). Pengaruh Teknologi Big Data Terhaldap Nilai Perusahaan Melalui Kinerja Keuangan Perusahaan Di Bursa Efek Indonesia. EKUITAS (Jurna Ekonomi Dan Keuangan), 5(2) 139–158. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2021.v5.i2.4928

Nuryati, T., Maik, A. F., Ernawati, F. A., & (2023a). Increase Bussines Profits by Utiizing

Bussiness Inteligence Functions. Journa Economi …, 4(5), 901–910.

Oaniyi, O. O., Abaaka, A. I., & Oabanji, S. O. (2023). Utiizing Big Data Anaytics and

Business Inteligence for Improved Decision-Making at eading Fortune Company. Journa of Scientific Research and Reports, 29(9), 64–72. https://doi.org/10.9734/jsrr/2023/v29i91785

Prahendratno, A., Mahendra, G. S., Zebua, R. S. Y., Tahir, R., Sepriano, Halndika, I. P. S., Rahalyu, P. W., Sudipa, I. G. I., & Efitra. (2023). Businnes Inteegnt: Pengantar Business Inteligence dalam Bisnis (Issue June).

Pratama, A. S., Satya Pratama, A., Sari, S. M., Hj, M. F., Badwi, M., & Anshori, I. (2023). Pengaruh Artificia Inteligence, Big Data Dan Otomatisasi Terhaldap Kinerja SDM Di Era Digital. Jurna Pubikasi Imu Manajemen (JUPIMAN), 2(4), 108–123. https://doi.org/10.55606/jupiman.v2i4.2739

Putri, K. N., & Hermawan, D. (2021). Digital Marketing Strategy of Creative Consutant during COVID-19 Pandemic: a Quaitative Approach. Internationa Journa of Entrepreneurship, Business and Creative Economy, 1(1), 39–56. https://doi.org/10.31098/ijebce.v1i1.443

Rahman, N. (2017). Big Data Anaytics for a Sustained Competitive Advantage.

Raintung, M. C. (2019). Intelijensi Pemasaran Dalam Upaya Mempertahalnkan Keunggulan Kompetitif Pada Pt. Pegadaian Syariah Ups Mantos. Jurna EMBA: Jurna Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 561–570.

Rudiawan, H. (2021). Pemanfalatan Sistem Bisnis Intelijen (Bi) Dalam Pengambilan Keputusan Manajemen Perusahaan. Jurna Ekonomi, 23(3), 191.

Russom, P. (2011). Big data anaytics - TDWI Best Practices Report. TDWI Best Practices Report, Fourth Quarter, August, 38.

Santoso, J. T. (2021). Pengantar Inteegensi Bisnis.

Saputra, Y., & Khalirunnisa, K. (2022). Pengaruh Marketing Mix Yang Di Mediasi Oleh Kuaitas Pelayanan Terhaldap Keputusan Pembeian Pada Surya Naufa Farm. MABIS: Jurna Manajemen …, X. https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/mabis/artice/view/6901

Sari, A. (2024). 25989-Artice Text-84069-1-10-20240223. 7, 2962–2971.

Sasongko, H., & Surianshal, R. (2022). Strategic management mode with ens of knowedge management and competitive Inteligence. Journa of Economics and Business UBS, 11(1), 37–42. https://doi.org/10.52644/joeb.v11i1.79

Subroto, V. K., & Endaryati, E. (2021). Business Inteligence dan Kesuksesan

Bisnis Di Era Digital. Dinamika: Jurna Manajemen Sosial Ekonomi, 1(2), 41–47. https://doi.org/10.51903/dinamika.v1i2.45

Suryajaya, F. (2020). Penerapan Business Inteligence, Marketing Inteligence dan Suppier Reationship Management sebagai Upaya Mencapai Keunggulan Kompetitif pada Usaha Rite : Studi pada Toko Moina Salatiga. Bisnis, Juy, 1–23.

Syira, S. D., Fauzi, A., Woestho, C., Viani, ., & ... (2023). Pemanfalatan Big Data dalam Peningkatan Efektivitas Strategi Komunikasi Marketing Terpadu pada Perusahaan E- Commerce. Jurna Ekonomi …, August. https://dinastirev.org/JEMSI/artice/view/1511%0Ahttps://dinastirev.org/JEMSI/artice/d ownoad/1511/939

Tong-On, P., Siripipatthalnaku, S., & Phalyaphrom, B. (2021). The impementation of business Inteligence using data anaytics and its effects towards performance in hote industry in Thaliand. Internationa Journa of Behalviora Anaytics, 1(2), 1–17.

Wiiams, S. (2016). Business Inteligence Strategy and Big Data Anaytics: A Genera Management Perspective. In Business Inteligence Strategy and Big Data Anaytics: A Genera Management Perspective. https://doi.org/10.1016/C2015-0-01169-8

Woeandari P.G, D. S. (2018). Potentia Benefits and Business Value of Big Data Anaytics.

Majaah Ilmiah Bijak, 15(2), 106–114. https://doi.org/10.31334/bijak.v15i2.199

Yakin, I. H. (2012). Penelitian Kualitatif : Metode Penelitian Kualitatif. In Jurna EQUIIBRIUM (Vo. 5, Issue January).

Yoshikuni, A. C., Dwivedi, R., Zhou, D., & Wamba, S. F. (2023). Big data and business anaytics enabed innovation and dynamic capabiities in organizations: Deveoping and vaidating scae. Internationa Journa of Information Management Data Insights, 3(2), 100206. https://doi.org/10.1016/j.jjimei.2023.100206

Zakir, J., Symour, T., & Berg, K. (2012). Issues in Information Systems. Issues in Information Systems, 13(2), 112–122.

Ferdiansyah, V., Irwan, M., & Nasution, P. (2023). Penerapan Teknologi Big Data Dalam Pengembangan Database Pendidikan. Jurna Riset Manajemen, 1(3), 22–29.

Hindayani, N., Tri Wahyuni, E., & Kardina Prima Amrania, G. (2022). Peran Big Data Terhaldap Kemampuan Perusahaan Melakukan Analisis Rantai Pasok : Studi Reviu iteratur Terstruktur. JurnaIlmiahMEA(Manajemen,Ekonomi,DanAkuntansi, 6(2), 1513–1530.

Nugroho, G. A. (2017). Analisis Big Data Penggunaan Internet Pada Pengguna layanan Ubiqu. Jurna Teknologi Indonesia.

Nuryati, T., Maik, A. F., Ernawati, F. A., & ... (2023). Increase Bussines Profits by Utiizing Bussiness Inteligence Functions. Journa Economi …, 4(5), 901–910.

Pasaribu, F. H. (2021). STUDI KASUS : PENGGUNAAN TEKNOLOGI BIG DATA DALAM. 1–13.

Riza, S. (2019). Deveopment of Big Data Anaytics Mode. ITEJ (Information Technoogy Engineering Journas), 4(1), 14–25. https://doi.org/10.24235/itej.v4i1.47

Downloads

Published

2024-06-11

How to Cite

Ananda, B. F., Fauzi, A., Eprianto, I., Amelia, M., Ainurohimah, P., Sidiq, A. M., & Pradana, F. A. (2024). ANALITIKA BIG DATA DALAM INTELIJEN BISNIS: MEMANFAATKAN DATA UNTUK KEUNGGULAN KOMPETITIF. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(6), 2757–2770. Retrieved from https://ejournal.nusantaraglobal.or.id/index.php/sentri/article/view/2929