PERAN BRAND AMBASSADOR DI E-COMMERCE

Authors

  • Fachrurrozie Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Achmad Fauzi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Ery Teguh Prasetyo Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Ardhita Indah Cahyani Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Gita Claudia Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Rizqia Naurah Zulfahra Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Aditya Ahmad Maulana Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i6.2890

Keywords:

Bisnis Intelijen, Brand Ambassador, E-Commerce

Abstract

E-commerce telah mengubah perilaku belanja masyarakat indonesia secara signifikan. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh e-commerce tersebut membuat para konsumen merasa nyaman untuk melakukan transaksi didalam nya. Salah satu factor yang mempengaruhi minat pembeli terhadap e-commerce adalah brand ambassador. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Hasil dan pembahasan dalam penelitian adalah brand ambassador memainkan peran penting dalam e-commerce dengan meningkatkan pencerahan merek, kepercayaan, dan loyalitas pelanggan. Namun, brand ambassador yang tidak tepat atau tidak dapat dipercaya dapat menimbulkan risiko dan merusak kepercayaan pelanggan. Brand ambassador dapat meningkatkan kualitas dan kredibilitas produk, meningkatkan kepercayaan pelanggan di pasar lokal, menjangkau khalayak yang lebih luas, dan mempromosikan produk atau layanan melalui metode soft sales yang persuasif. Brand ambassador yang unik dapat membedakan dirinya dari pesaing dan menciptakan basis pelanggan yang lebih setia. Strategi brand ambassasor yang dijalankan dengan baik dapat berdampak positif terhadap kepercayaan konsumen, kepercayaan, kehadiran pasar lokal, penjualan lunak yang persuasif, dan diferensiasi pelanggan dalam e-commerce.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisya, S., & Febriana, P. (2023). Strategi komunikasi pemasaran The Body Shop melalui brand ambassador: Studi kasus Iqbaal Ramadhan. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 7(1), 200–208. https://doi.org/10.22219/satwika.v7i1.25348

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Budiman, V., Loisa, R., & Pandrianto, N. (2019). Peran Brand Ambassador Pada Iklan Dalam Membangun Brand Awareness (Studi Kasus Iklan Youtube LG G7 Thinq BTS). Prologia, 2(2), 546. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3743

Fauzi, A., Setiawan, S. P., Hamidah, N., Musyafa, M. A., Alifah, F. A., Salsabilla, P. J., & Barja, R. (2023). Transformasi Intelijen Bisnis Pasca-Pandemi Covid-19: Pengaruh Influencer Terhadap Minat Pembeli di E-Commerce. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 4(5), 708–720.

Fauziah, M, I. (2020). STRATEGI BRAND AMBASSADOR ONLINE SHOP “SHOPPEE” DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN Fauziah,M,Ikom,1. Journal of BUSINESS STUDIES, 05(2), 1–26.

Fauziah, M. (2020). 4437-10997-1-Pb. Journal of BUSINESS STUDIES, 05(2), 1–26. http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/jbsuta

Fitri, D. A. (2023). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Nacific. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/16246/%0Ahttp://eprints.uniska-bjm.ac.id/16246/4/ARTIKEL DELIA ANISYA FITRI_removed.pdf

Gálvez, A. C., Castañeda, M., Tarazona, G., Calvo, J. M., & Wang, L. S. L. (2018). Model of integration of business intelligence and knowledge management. Communications in Computer and Information Science, 877, 511–522. https://doi.org/10.1007/978-3-319-95204-8_43

Indriningtiyas, D. (2022). Brand Ambassador Artis Korea Pada E-Commerce Di Indonesia. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik Dan Komunikasi Bisnis, 6(2), 219. https://doi.org/10.24853/pk.6.2.219-230

Melliana, A. (2021). Perkembangan Perusahaan E-Commerce di Masa Pandemi. Perkembangan Perusahaan E-Commers.

Negash, S. (2004). Business Intelligence. 13. https://doi.org/10.17705/1CAIS.01315

Noviyanti, K. A. P. (2017). Branding Strategy Through the Using of Brand Ambassador in Pt Kai. 4(3), 3368–3374.

Orinaldi, M. (2020). Peran E-commerce dalam Meningkatkan Resiliensi Bisnis diera Pandemi. In Iltizam Journal of Shariah Economic Research (Vol. 5, Issue 2).

Prayogi, M. F., & Djatmiko, B. (2019). Analisis Brand Ambassador Pada Distro Random Apparel. Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 2, 865–867. https://doi.org/10.55916/frima.v0i2.114

Purwati, A., & Cahyanti, M. M. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 11(1), 32–46. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v11i1.526

Rizky Annisa Putri, & Megahnanda Alidyan Kresnawati. (2023). Brand Ambassador Sebagai Strategi Marketing Tokopedia Melalui Selebriti Korea Selatan Tahun 2021. Journal Publicuho, 6(1), 318–342. https://doi.org/10.35817/publicuho.v6i1.130

Sulindra, A. N., Ningsih, A. W., Wibowo, A., & Permana, E. (2022). Pemanfaatan Influencer Produk Somethinc Dalam Strategi Digital Marketing di Kalangan Masyarakat. Journal Of Business, Finance, and Economics (JBFE), 3(2), 199–212. https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jbfe/article/view/4102

Utami, N., Silalahi, P. R., & Tambunan, K. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Tokopedia (Studi Kasus Remaja Kota Medan). Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen (JIKEM), 1(1), 41–46.

Wijaya, R., & Winduwati, S. (2022). Peran Brand Ambassador Arya Saloka dan Amanda Manopo dalam Membangun Brand Awareness. Kiwari, 1(1), 164. https://doi.org/10.24912/ki.v1i1.15687

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Fachrurrozie, F., Fauzi, A., Prasetyo, E. T., Cahyani, A. I., Claudia, G., Zulfahra, R. N., & Maulana, A. A. (2024). PERAN BRAND AMBASSADOR DI E-COMMERCE. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(6), 2693–2704. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i6.2890