PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI DENGAN TEKNIK 5W+1H DI SD 3 MUHAMMADIYAH LIMBOTO, GORONTALO

Authors

  • Wirna Tangahu Universitas Muhammadiyah Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v1i3.286

Keywords:

Keterampilan Berbicara, Media Gambar, Teknik 5W 1H

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa melalui media gambar seri dengan teknik 5 W + 1 H di SD 3 Muhammadiyah, Limboto Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, terakhir tahap analisi dan refleksi. Dimana tindakan penelitian dihentikan jika telah tercapai kriteria ketuntasan belajar sebesar 80% dari jumlah keseluruhan subyek penelitian dengan rata-rata skor lebih dari 65. Hasil penelitian menunjukan bahwa perolehan data pada siklus 1 tentang keterampilan berbicara siswa melalui media gambar dengan teknik 5 W + 1 dari jumlah siswa sebanyak 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada 4 aspek yaitu aspek kebahasaan yang mampu berjumlah 12 siswa atau 60% dan yang tidak mampu berjumlah 8 siswa atau 40% meningkat menjadi 17 siswa atau 85%, aspek pengungkapan yang mampu berjumlah 10 siswa atau 50% meningkat menjadi 18 siswa atau 90%, aspek penampilan/sikap yang mampu berjumlah 11 orang atau 55% meningkat menjadi 15 atau 75%, dan aspek penguasaan materi yang mampu berjumlah 10 orang atau 50% meningkat menjadi 85% atau 17 siswa dari jumlah siswa sebanyak 20 orang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsjad, M.G & Mukti U.S. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga. 1988.

Ellis, A. Elementary Language Arts Instruction. New Jersey: Prentice Hall. 1993.

Hidayati, Y. Arif W. Awal N. K. Penggunaan Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Siswa Kesulitan Belajar Spesifik di SDN Repok Puyung. Jurnal Pendidikan Inklusi. No. 3 (Mei 2020): 8-19.

Jalongo, M.R. Early Childhood Language Arts. Boston: Allyn and Bacon. 1992.

Juanda, A. Penetilian Tindakan Kelas (Classroom Action Reseach). Yogyakarta: Deepublish. 2016.

Latief, S.A & Sab’ina T. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture pada Murid Kelas IV SD Swasta Muhammadiyah Kabupaten Bantaeng. Jurnal kajian Pendidikan Dasar. No. 1 (Maret 2016): 35-45.

Nurgiyantoro, B. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra: Yogyakarta: PT BPFE. 2001.

Rahmawaty, S. & Suwarjo. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Pada Siswa Sd Negeri 58 Kota Bima. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. No. 1 (Maret 2016): 1-17.

Stewig, J.W. Exploring Language Arts in The Elementary Classroom. New York: Holt. Rinerhart and Winston. 1983.

Suryani, D.I, Naniek S.W, Tego P. Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Melalui PI-MTPS Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. No. 1 (April 2018): 87-96.

Syafi’ie, I. Terampil Berbahasa Indonesia I. Petunjuk Guru Bahasa Indonesia SMU Kelas 1. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1993.

Tarigan, H.G. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung: Angkasa. 1981.

Tarigan, H.G. Pengajaran Kosakata. Jakarta: Rineka Cipta. 1993.

Yunita, D. Wabdaron, Yansen A.R. Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa Sekolah Dasar Manokwari Papua Barat. Jurnal Papeda. No. 1 (Januari 2021): 27-36.

Downloads

Published

2022-11-09

How to Cite

Tangahu, W. (2022). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI DENGAN TEKNIK 5W+1H DI SD 3 MUHAMMADIYAH LIMBOTO, GORONTALO. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(3), 760–767. https://doi.org/10.55681/sentri.v1i3.286