PENGARUH UMUR PERUSAHAAN, LEVERAGE DAN PROFITABILITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN CONSUMER NON-CYCLICALS

Authors

  • Alifia Rizky Zalfa Universitas Bhayangkara Jakarta
  • Pratiwi Nila Sari Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Endah Prawesti Ningrum Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Tri Widyastuti Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Maidani Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i3.2413

Keywords:

Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Umur Perusahaan, Leverage, Profitabilitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh umur perusahaan, leverage, dan profitabilitas terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan sektor consumer non-cyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Jenis dan sumber data dalam penelitian ini adalah laporan keuangan tahunan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 15 perusahaan yang memenuhi kriteria dengan tahun penelitian selama 5 tahun. Sehingga memperoleh 75 sampel data. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan software SPSS versi 27. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility; leverage berpengaruh negatif terhadap pengungkapan corporate social responsibility; dan profitabilitas berpengaruh negatif terhadap pengungkapan corporate social responsibility; secara bersama-sama variabel umur perusahaan, leverage, dan profitabilitas berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah Rodliyatul N, & Immanuela Intan. (2021). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Ukuran Dewan Komisaris, Profitabilitas, Leverage, Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Empiris Pada Perusahaan Consumer GoodsYang Terdaftar Di BEI Periode 2015-2018). Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 0(2), 109–123.

Bangun, N., Fakultas, L. D., & Tarumanagara, E. (n.d.). THE EFFECT OF COMPANY AGE, PROFITABILITY AND LEVERAGE ON DISCLOSURE OF CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY IN MANUFACTURING SECTOR COMPANIES.

Fatwara Medy Desma, Hasibuan Ahmad Nurdin, Nursalam LM, & Rahmadi Zara Tania. (2022). Analisis Faktor Corporate Social Responsibility Dipengaruhi Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Dan Profitabilitas. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 2(1), 48–63.

Gunawan Febri. (2023). Pengaruh Firm Size, Umur Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, dan Growth Perusahaan terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Riset Akuntansi, 8(1).

Indriyani Ai Desy, & Yuliandhari Willy Sri. (2020). Pengaruh Profitabiltas, Ukuran Perusahaan, dan Umur Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Empiris Pada Perusahaan Indeks LQ 45 Non-Keuangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018). Jurnal Akuntansi Bisnis Dan Ekonomi, 6(1), 1559–1568.

Khayati, A., Sari, R. D. P., & Giovanni, A. (2022). Nilai Tambah Modal Manusia dan Keberlangsungan Bisnis Perusahaan Sektor Consumer Non-Cyclicals. Borobudur Management Review, 2(2), 169–189. https://doi.org/10.31603/bmar.v2i2.7377

Downloads

Published

2024-02-03

How to Cite

Zalfa, A. R., Sari, P. N., Ningrum, E. P., Widyastuti, T., & Maidani, M. (2024). PENGARUH UMUR PERUSAHAAN, LEVERAGE DAN PROFITABILITAS TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PADA PERUSAHAAN CONSUMER NON-CYCLICALS. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(3), 1284–1294. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i3.2413