DINAMIKA PEMBELAJARAN DI DAERAH 3T BERBASIS KEPULAUAN BAGIAN TIMUR NUSANTARA DITINJAU DARI ALIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN

Authors

  • Susana Labuem Universitas Pattimura di Kabupaten Kepulauan Aru

DOI:

https://doi.org/10.55681/sentri.v3i2.2296

Keywords:

Pembelajaran, 3T, Kepulauan, Filsafat Pendidikan

Abstract

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dinamika pembelajaran di Kepulauan Aru sebagai daerah 3T yang ditinjau dari aliran filsafat pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara dan alat perekam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinamika pembelajaran di Kepulauan Aru sebagai daerah 3T memiliki kaitan erat dengan aliran filsafat pragmatisme dan progresivisme. Dalam filsafat pragmatisme, pengalaman adalah basis pendidikan. Pendidikan merupakan suatu proses penggalian dan pengolahan pengalaman secara terus menerus. Inti pendidikan adalah usaha untuk terus menerus menyusun kembali (reconstruction) dan menata ulang (reorganization) pengalaman hidup siswa. Aliran progresivisme menghendaki adanya kemerdekaan dan keleluasaan lembaga pendidikan mengeksplorasi kecerdasan dan kemampuan siswa sesuai dengan potensi, minat dan kecenderungannya masing-masing secara demokratis, fleksibel, dan menyenangkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bim-Bad, B., & Egorova L. 2016. Interaction Between Philosophy of Education and Teaching Practice. International Journal Of Environmental & Science Education, 11(10), pp. 3385-3393.

Chinnery, A. 2019. Toward a bold agenda for moral education. Philosophical Inquiry in Education, 26(2), 117-123.

Djumransjah. 2006. Filsafat Pendidikan. Jawa Timur: Bayumedia Publishing

Erlandson, P. 2015. The body disciplined: Rewriting teaching competence and the doctrine of reflection. Journal of Philosophy of Education, 39(4), 661-670.

Ernest, P. 1991. The Philosophy of Mathematics Education. Bristol, PA, USA: The Falmer Press.

Fadlillah, M. 2017. Aliran Progresivisme dalam Pendidikan di Indonesia. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol. 5 No. 1 Januari 2017

Gregory, I. 2019. Education, democracy and living with disagreement. Philosophical Inquiry in Education, 26(2), 156-163.

Gutek. Gerad Lee. 1988. Philosofical Alternatives in Education. Loyala University of Chicago

Heyneman, S. P. 2016. Education design: theory, practice and policy. In Asia Pacific Education Review, 17(8), pp. 377–379

Majoni, C., & Chinyanganya, T. 2014. Integrating Traditional African Education into Current Educational Practices: Suggestions for Primary School Pedagogy. Greener Journal of Education and Training Studies, 2(3), pp. 4-70.

Manery, R. & I. Winchester. 2019. Conceptual analysis in the contemporary educational landscape. Philosophical Inquiry in Education, 26(2), 113-116.

Martin, J. 2019. In defense of Robin Barrow’s concern about empirical research in education. Philosophical Inquiry in Education, 26(2), 137-145.

Maxwell, B, dkk. 2016. A Five country survey on ethics education in preservice teaching programs. Journal of Teacher Education, 67(2), 135-51.

Muhmidayeli. 2011. Filsafat Pendidikan. Bandung: Refika Aditama

Mwinzi, J. 2015. Theoretical Frameworks and Indigenous Knowledge Systems. In International Journal of Education and Research, 3(2), pp. 677-684.

Mwinzi, J. 2016. Towards the Africanization of Teacher Education: A Critical Reflection. International Journal of Education and Research, 4(9), pp. 377-386.

Mwinzi, J. 2017. Knowledge and Relativity towards the Knower, the Known, and the Knowing in Education Theory and Practice. In Elixir International Journal, 113(11), pp. 49092-49099.

Noddings, N. 2016. Philosophy of education (4th Edition). Boulder, CO: Westview Press.

Ruitenberg, C. 2016. On the margins and marginality of Philosophy of Education. Paper presented at the annual conference of the Canadian Philosophy of Education Society, Calgary, Alberta.

Ruitenberg, C. 2019. Plus ça change: The persistence of ‘skill talk’ in competency discourse. Philosophical Inquiry in Education, 26(2), 124-136.

Sadullah, Uyoh. 2003. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2024-02-03

How to Cite

Labuem, S. (2024). DINAMIKA PEMBELAJARAN DI DAERAH 3T BERBASIS KEPULAUAN BAGIAN TIMUR NUSANTARA DITINJAU DARI ALIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(2), 554–567. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i2.2296